Beranda All News Hj Dewi Kumalasari Sehari Bersama Anak Penyandang Ketunaan

Hj Dewi Kumalasari Sehari Bersama Anak Penyandang Ketunaan

0
Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari memberikan bingkisan kepada anak penyandang ketunaan pada peringatan Hari Disabilitas Internasional di Bintan, Sabtu (3/12/2022). F- diskominfo kepri

Bintan, suaraserumpun.com – Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj Dewi Kumalasari menghadiri kegiatan Sehari bersama Anak Penyandang Disabilitas (ketunaan) di lapang Gedung Nasional Tanjung Uban, Sabtu (3/12/2022). Kegiatan Hj Dewi Kumalasari sehari bersama anak ketunaan ini dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2022.

Kegiatan Sehari Bersama Anak Penyandang Disabilitas ini diharapkan dapat kembali meningkatkan kesadaran masyarakat, akan hak penyandang disabilitas yang harus dipenuhi.

Dalam sambutannya, Hj Dewi Kumalasari mengatakan, saat ini, berdasarkan data SUSENAS tahun 2020 populasi penyandang disabilitas kelompok usia 2-18 tahun kategori disabilitas sedang dan berat mencapai 7 persen atau sekitar 2,48 juta anak penyandang disabilitas.

Baca Juga :  Iwan Bule Mengharapkan Liga 1 Digulir Akhir Agustus Ini

“Di Indonesia sendiri anak-anak penyandang disabilitas masih menghadapi persoalan yang pelik, mulai dari sisi tumbuh kembang anak dan juga dari sisi perlindungan khusus,” ujar Dewi istri Gubernur Kepri Ansar Ahmad ini.

Menurut Dewi Kumalasari, dari sisi perlindungan anak, masih banyak keluarga yang merasa harus menyembunyikan anak disabilitasnya dari lingkungan dengan alasan malu.

“Sehingga hal tersebut membuat anak disabilitasnya mendapatkan akses pendidikan dan masa depan yang terbatas,” tegas Dewi.

Untuk itu, lanjut Dewi, sudah saatnya semua pihak menghentikan segala perlakuan tidak adil, perundungan dan berbagai perlakuan salah terhadap anak penyandang disabilitas tersebut.

“Mari kita dengarkan suara mereka agar kita dapat mengembangkan potensinya. Stop ,stigma negatif anak disabilitas ! Saatnya kita bangun kesetaraan bagi anak Disabilitas,” pesan Dewi Kumalasari.

Baca Juga :  Dua Korban Kebakaran di Numbing Dapat Santunan dari Khazalik

Tak hanya itu, Dewi Kumalasari juga mengharapkan agar seluruh pihak dan stakeholder di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri lebih aktif dalam mendorong masyarakat Kepri untuk lebih memahami dan mengerti tentang pemenuhan hak disabilitas.

“Karena anak penyandang disabilitas juga mempunyai hak dalam mendapatkan perawatan dan pengasuhan yang baik dari keluarga atau keluarga penggantinya,” tegas Dewi Kumalasari.

Pada acara ini dilakukan pula penyerahan 300 bingkisan pemenuhan nutrisi kepada lanjut usia (Lansia) se-Kabupaten Bintan, dan penyerahan 101 atensi, 76 kursi roda dan 50 alat bantu dengar dari Sentra Terpadu Pangudi luhur Bekasi kepada Kabupaten Bintan dari Kementerian Sosial RI.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Menyosialisasikan 4 Pilar MPR Nyambi Bantu Mesin Pembuatan Roti di Ponpes Miftahul Huda

Penyerahan secara simbolis bantuan usaha ekonomi produktif dari Dinas Sosial Provinsi Kepri sebanyak 29 KPM masing-masing Rp 5 juta per orang, penyerahan kursi roda dari LKKS Kabupaten Bintan kepada lansia dan penyandang disabilitas di Kabupaten Bintan.

Serta penyerahan paket sembako dari dunia usaha kepada lansia dan keluarga kurang Mampu di Kabupaten Bintan, penyerahan paket perlengkapan sekolah dari dunia usaha kepada 5 anak berupa Tas, souvenir dan uang saku dan penyerahan 17 kursi roda dari Pemkab Bintan kepada LKS LU Rumah Bahagia Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here