banner 728x90
Putri Raja dalam pementasan teater Makyong dalam rangkaian menyambut Hari Jadi ke-74 Kabupaaten Bintan. F- diskominfo bintan

Teater Makyong Warisan Dunia Asal Bintan Bangkit Lagi

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Teater Makyong warisan dunia yang berasal dari Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kini bangkit lagi. Teater Makyong tampil memukau pada pentas kesenian yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan di Kampung Sei Enam, Kelurahan Sei Enam, Bintan Timur, Jumat (25/11/2022) malam lalu.

Penampilan Makyong seni budaya Melayu yang biasanya diawali dengan betabik ini disaksikan ratusan masyarakat Bintan. Penampilan peran Awang (bertopeng) dan Putri raja pada pementasan teater Makyong ini merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan menyambut Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan. Peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan akan dilaksanakan, 1 Desember 2022 pekan ini.

Baca Juga :  HUT Ke-66, Puspenerbal Tanjungpinang Bikin Aksi Kemanusiaan

Mewakili Bupati Bintan Roby Kurniawan, Asisten Administrasi Pemerintah dan Kesra Setdakab Bintan Wan Rudi Iskandar mengatakan, penyelenggaraan pentas seni budaya teater Makyong tersebut sejalan dengan pelestarian seni dan budaya. Rangkaian kegiatan menyambut peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan, sudah diawali dengan festival lagu Melayu.

“Malam ini, kita laksanakan pertunjukan seni teater Makyong, yang sudah menjadi warisan dunia asal Bintan. Banyak kegiatan yang digelar di berbagai kecamatan, sampai dengan 4 Desember nanti. Semuanya itu adalah rangkaian kegiatan untuk peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Bintan,” sebut Wan Rudi Iskandar.

Baca Juga :  Tiga Fraksi Menyampaikan Pandum LPP, 2000-an Honorer Pemkab Bintan Bakal Terima Gaji

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Arief Sumarsono menerangkan, teater Makyong merupakan seni budaya Melayu yang menggabungkan unsur tari dan musik, serta nyanyian dari pelakon, dan alur cerita. Selama pementasan, dialog antarpemain dilakukan secara improvisasi. Serta penampilan tari dan iringan musik juga disesuaikan dengan cerita yang dipentaskan.

“Teater Makyong dari Kabupaten Bintan ini sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh PBB. Kini, sudah saatnya teater Makyong asal Bintan ini kita bangkitkan lagi,” kata Arief Sumarsono. (yen)

Baca Juga :  22 Kades Terpilih di Bintan Dilantik, Ada yang Via Zoom Meeting

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *