banner 728x90
Dewi Kumalasari Ketua YKI Kepri dalam kegiatan workshop deteksi dini leukimia dan upaya mencegah kanker. F- diskominfo kepri

Begini Upaya Dewi Kumalasari Mencegah Kanker pada Masyarakat

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Koordinator Provinsi Kepulauan Riau Hj Dewi Kumalasari menutup kegiatan workshop deteksi dini leukemia dan kanker pada anak bagi tenaga kesehatan di Hotel Comforta, Tanjungpinang, Rabu (9/11/2022). Dewi Kumalasari berupaya mencegah kanker pada masyarakat, dengan mengajak membiasakan pola hidup sehat.

Workshop yang diadakan dalam rangka HUT YKI ke-6 ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari Dokter, Perawat dan Bidan Rumah Sakit/FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) di Kepri. Narasumber yang hadir dalam kegiatan ini yaitu dr Anky Tri Rini Kusumaning Edhy SpA(K) dan dr Indra Hidayah Siregar Sp BK Onk.

Baca Juga :  Wagub Kepri Menyamperi dan Beri Aplaus buat Anggota Dewan, Ranperda RPJMD Kepri Disahkan

Dewi Kumalasari menjelaskan, kanker darah atau dikenal dengan leukemia adalah jenis kanker yang paling banyak mengancam anak-anak. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), insiden leukemia menempati angka 31,5 persen dari semua kanker pada anak di bawah usia 15 tahun di negara industri, dan sebanyak 15,7 persen di negara berkembang termasuk Indonesia.

Data dari Globocan (Global Burden of Cancer) pada tahun 2020 memperkirakan kasus baru leukemia di Indonesia pada anak laki-laki berumur 0-19 tahun sekitar 33.5 % dan anak perempuan 31 % dari semua jenis kanker pada anak.

Baca Juga :  Patroli Lagi, Polsek Bintan Timur Mengamankan Tujuh Pelajar dan Tiga Kain Sarung

“Mengingat tidak sedikit leukimia ataupun kanker lain ditemukan pada anak-anak, maka penerapan pola hidup sehat dan pengetahuan tentang deteksi dini leukimia dan kanker anak menjadi sangat penting,” jelas Dewi Kumalasari.

Dewi Kumalasari mengatakan salah satu penyebab tinggi kasus kanker di Indonesia adalah kondisi lingkungan yang terus menghasilkan bahan karsinogen, seperti rokok dan daging olahan. Penyebab lain yang juga mempengaruhi seperti kebiasaan begadang, kurang olahraga dan makan terlalu banyak.

“Untuk itu, saya mengajak masyarakat Kepri untuk menjalani pola hidup sehat. Kurangi kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penyakit kanker mulai dari sekarang,” pesannya.

Baca Juga :  Jorge Martin Jawara di MotoGP Styria 2021

Melalui YKI Kepri, Dewi Kumalasari mengajak masyarakat Kepri untuk berkomitmen dalam menanggulangi kanker secara bersama-sama maupun secara individu dengan kegiatan positif dan inspirasional.

“Ke depannya, YKI Kepri akan terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pencegahan kanker, dan melakukan kegiatan pendukung yang menekankan pada pentingnya deteksi dini kanker, mengingat kanker dapat disembuhkan jika ditemukan pada stadium dini,” terang Dewi Kumalasari istri Gubernur Kepri H Ansar Ahmad tersebut. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *