Beranda All News Foto Pembukaan Porprov Kepri di Bintan, Wah dengan Api Obor dan Pesta...

Foto Pembukaan Porprov Kepri di Bintan, Wah dengan Api Obor dan Pesta Kembang Api

0
Atlet Bintan mengabadikan momen pesta kembang api pada pembukaan Porprov ke-V Kepri tahun 2022 di stadion Megat Alang Perkasa Kabupaten Bintan, Minggu (6/11/2022) malam. F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad membuka secara resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-V Kepri tahun 2022 di Kabupaten Bintan, Minggu (6/11/2022) malam. Berikut foto pembukaan (open ceremony) Porprov Kepri di Bintan, yang wah (spektakuler) dengan penyalaan api obor dan pesta kembang api tersebut.

Kabupaten Bintan selaku tuan rumah penyelenggaraan Porprov ke-V Kepri pada tahun 2022 ini, membikin sejarah awal. Bintan melaksanakan pembukaan Porprov Kepri, pada malam hari. Sebab, penyelenggaraan Porprov Kepri sebelumnya, dilaksanakan pada siang hari.

Selain itu, Pemkab Bintan juga menoreh satu sejarah, pada pembukaan Porprov tahun 2022 Kepri ini. Porprov ke-V Kepri merupakan awal penggunaan stadion Megat Alang Perkasa di Desa Busung. Stadion dengan tribun berkapasitas 4.000 penonton ini, belum pernah digunakan sejak pembangunan tahun 2017-2018 lalu.

Ansar Ahmad Gubernur Kepri didampingi Ketua KONI Kepri Usep RS melambaikan tangan kepada kontingen yang melakukan defile. F- diskominfo kepri

Meski belum diresmikan, stadion Megat Alang Perkasa digunakan untuk pembukaan Porprov ke-V Kepri. Bahkan, stadion ini akan menjadi venue pertandingan semifinal dan final cabang olahraga (cabor) sepak bola, pada Porprov Kepri tahun 2022 ini.

Pembukaan Porprov ke-V Kepri di stadion Megat Alang Perkasa milik Pemkab Bintan ini diawali dengan penampilan marching band, kolaborasi dengan musik tradisional teater makyong. Makyong merupakan seni musik dan kebudayaan Kabupaten Bintan yang sudah diakui dunia, PBB.

Kemudian, dilanjutkan dengan defile kontingen yang mengikuti Porprov ke-V Kepri. Yaitu tujuh kabupaten/kota se-Kepri. Termasuk defile kontingen Kabupaten Bintan pada barisan terakhir. Defile tuan rumah Bintan disambut tepuk tangan ribuan penonton yang hadir di stadion Megatt Alang Perkasa.

Kontingen tuan rumah Bintan melakukan defile pada pembukaan Porprov Kepri tahun 2022. F- diskominfo bintan

Defile kontingen tuan rumah dipimpin oleh Pj Sekda Bintan Ronny Kartika selaku ketua kontingen, bersama Kadispora Bintan Hasfi Handra dan Ketua KONI Bintan Dedi Sutanto, serta belasan pengurus KONI Bintan. Di belakang barisan, diikuti 400-an orang atlet dan ofisial dari Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Azwar Anas MenPAN-RB Meresmikan MPP Tanjungpinang, Pengurusan Investasi Semakin Mudah

Pada Porprov ke-V Kepri ini, sebanyak 347 nomor pertandingan akan diperebutkan oleh 2.302 atlet, dari tujuh kabupaten dan kota di Kepri yang berlaga dalam 35 cabang olahraga (cabor). Para atlet tersebut didampingi 669 orang ofisial.

Usai defile, dilanjutkan dengan upacara pengibaran bendera Porprov ke-V Kepri tahun 2022. Serta janji atlet dan wasit. Sambutan dari Ketua PB Porprov, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Wakil Ketua KONI Pusat, dan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengacungkan jempol kepada kontingen Bintan. F- diskominfo bintan

Pembukaan Porprov Kepri ini terlihat semakin wah (mengagumkan) ketika prosesi penyalaan api obor Porprov. Api obor yang diambil dari Istana Kota Kara dibawa oleh Andri, atlet biliar asal Kabupaten Bintan peraih medali di PON 2020 (2021) Papua lalu. Andri membawa api obor didampingi dua atlet Bintan berprestasi.

Andri menyalakan api obor utama Porprov Kepri dengan menaiki tangga setinggi 5 meter. Obor utama Porprov ke-V Kepri menyala setelah Andri memindahkan api obor yang dibawanya. Stadion Megat Alang Perkasa di Desa Busung gegap gempita dengan tepuk tangan, sekaligus disambut dengan pesta kembang api secara beruntun.

Baca Juga :  Insentif RT/RW sebagai Pengganti Sepeda Motor, Begini Penjelasan Ansar Ahmad

Ribuan pasang mata peserta upacara pembukaan Porprov Kepri tertuju kepada pesta kembang api yang membikin lokasi pembukaan benderang dengan corak menarik. Penyalaan api obor dan pesta kembang api berlangsung wah!

Andri atlet berprestasi asal Bintan melakukan prosesi penyalaan api obor Porprov Kepri di stadion Megat Alang Perkasa. F-yen/suaraserumpun.com

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bintan yang menjadi tuan rumah. Serta dukungan dari pemerintah kabupaten kota se-Kepri, yang telah mendukung terlaksananya Porprov ke-V Kepri tahun 2022 ini.

Gubernur Kepri Ansar mengatakan, Porprov ke-V Kepri akan menjadi ajang pencarian bakat olahraga terbaik dari Kepri yang selanjutnya akan mewakili Kepri untuk ajang olahraga yang lebih besar. Untuk itu, Gubernur Kepri meminta para atlet yang bertanding untuk menunjukkan kemampuan yang terbaik dan bertanding secara sportif.

“Jadikan ajang Porprov ini sebaik-baiknya untuk menunjukkan potensi atlet dari Kepri. Pemerintah Provinsi Kepri menjanjikan akan memberikan pembinaan dan apresiasi yang terbaik bagi atlet yang berprestasi,” ujar Gubernur Kepri.

Andri atlet biliar juara nasional asal Bintan menyalakan api obor Porprov ke-V Kepri di Bintan. F- diskominfo bintan

Ansar Ahmad mengapresiasi atas terselenggaranya Porprov ke-V Kepri di Kabupaten Bintan. Menurutnya, Porprov ke-V Kepri di Bintan sudah jauh lebih tertata dan lebih baik dalam banyak sisi.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Jadi Suporter Saat Atlet Pelajar Bintan Bertanding

“Junjung sportivitas selama bertanding,” pesan Ansar Ahmad.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemprov Kepri kepada Kabupaten Bintan sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov ke-V Kepri tahun 2022 ini. Menurutnya, selaku tuan rumah, Kabupaten Bintan sangat bangga dengan kehadiran hampir 4.000-an peserta dan kontingen yang berkunjung ke Bintan.

Pj Sekda Bintan Ronny Kartika, Kadispora Bintan Ketua KONI Bintan Dedi Sutanto dan pengurus KONI Bintan melakukan defile bersama atlet serta ofisial. F- yen/suaraserumpun.com

“Kami atas nama tuan rumah mengucapkan rasa bangga dan terimakasih atas segala dukungannya, mohon doa agar porprov kepri tahun ini dapat sukses dan berjalan lancar,” ujar Roby Kurniawan.

Menurut Bupati Bintan, Porprov ke-V akan menggerakkan roda perekonomian di Bintan. Kepada seluruh atlet yang bertanding selamat menikmati pesona keindahan alam di Bintan.

“Jangan lupa berbelanja di UMKM Bintan,” kata Roby Kurniawan menambahkan.

Penampilan musik teater makyon berkolaborasi dengan marching band. F- yen/suaraserumpun.com

Pembukaan Porprov ke-V Kepri ini dihadiri Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra.

Turut hadir pula Wakil Ketua Umum KONI Mayjen TNI (purn) Suwarno, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri Gerry Yasid, Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar, Danlanud RHF Kolonel Nav Arief Budiman, Ketua KONI Kepri Usep RS, Ketua PB Porprov Kepri Dadang AG, Sekretaris PB Porprov Kepri Amri, dan perwakilan Forkompinda Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here