banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri bersama peserta parade busana unik pada Festival Sumpah Pemuda Kepri tahun 2022, Jumat (28/10/2022) malam. Festival ini akan masuk dalam kalender parwisata Kota Tanjungpinang. F- diskominfo kepri

Spektakuler! Festival Sumpah Pemuda Kepri Masuk Kalender Pariwisata

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Iven Festival Sumpah Pemuda Kepri tahun 2022 berlangsung spektakuler. Pemprov Kepri menetapkan, Festival Sumpah Pemuda Kepri masuk dalam kalender pariwisata.

Festival Sumpah Kepri berlangsung spektakuler. Ribuan masyarakat tumpah ruah memenuhi setiap sudut Kota Lama, Jalan Merdeka, Tanjungpinang guna menyaksikan rangkaian acara malam puncak Festival Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Kepri tahun 2022, Jumat (28/10/2022) malam.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad hadir langsung memberikan pengarahan sekaligus menutup rangkaian acara, beserta seluruh kepaka OPD dan FKPD lengkap. Warna-warni dan berbagai corak bentuk kostum peserta Kepri young carnival berjalalan beriringan melalui karpet merah sepanjang Kota Lama mengawali malam puncak acara bertajuk ‘Merdeka Berkreasi, Bersatu Bangun Bangsa’ ini.

“Festival ini (Sumpah Pemuda Kepri) berlangsung spektakuler,” ujar Ansar Ahmad.

Perhelatan ini seakan meramaikan kembali area kota lama yang sempat terasa sepi beberapa tahun belakangan, terutama selama pandemi covid-19 melanda. Ini merupakan iven ketiga yang diselenggarakan dengan mengambil venue Jalan Merdeka di tahun 2022 setelah Festival Kopi Merdeka dan Rangkaian HUT ke-20 Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Rudi-Amsakar Dilantik, Ansar Minta Prioritaskan Pembangunan di Hinterland

Ini sejalan dengan salah satu proyek strategis Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dalam mempercantik Kota Tanjungpinang agar bisa benar-benar menjadi ibu kota Provinsi Kepri. Yakni dengan melakukan revitalisasi Kota Lama Jalan Merdeka yang sedang berlangsung pengerjaannya.

Tampak bangunan ruko sepanjang jalan sudah dirapikan, dicat dengan berbagai warna, dan trotoar yang rapi tanpa ada kabel-kabel berseliweran.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam sambutannya pun menyampaikan rasa bahagia dan suka citanya dapat merayakan peringatan Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, bersama semangat para pemuda Kepri dengan level acara yang wah dan meriah serta spektakuler.

Baca Juga :  Syukuran Hari Pahlawan 2022, Ansar Minta Stakeholder Mengisi Peran Masing-Masing di Era Kemerdekaan

“Saya merasa bahagia dan bersukacita dapat merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda, yang sejak saya kecil sampai saat ini, ini merupakan yang terbesar (spektakuler) yang dilaksanakan di Provinsi Kepri. Di Kota Tanjungpinang khususnya,” ungkap Ansar Ahmad.

Kemudian Gubernur Kepri menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana kegiatan yang mempersiapkan acara ini dengan maksimal. Menurutnya, iven ini akan dievalusi dan dilaksanakan kembali tahun depan.

“Kemudian kita masukkan ke dalam kalender pariwisata internasional Kota Tanjungpinang. Mudah-mudahan dengan kolaborasi Pemprov dan Pemko serta Pemkab se-Kepri bisa mengakselerasi lajunya pembangunan,” harapnya.

Gubernur pun mengutip Kata-kata yang pernah diucapkan oleh Franklin D. Roosevelt “We cannot always build the future for our youth, but we can build our youth for the future” (Kita tidak bisa selalu membangun masa depan untuk pemuda kita, tetapi kita dapat membangun pemuda kita untuk masa depan).

Baca Juga :  BP Batam Gelar Pelatihan Aplikasi SINSW untuk Mempermudah Pengusulan Barang/Jasa di KEK

“Yang sampai saat ini, menjadi semboyan semangat pemuda untuk berkarya membangun kreativitas. Di era revolusi 4.0 saya ingin pemuda mampu bersaing di berbagai bidang digital. Untuk itu program digitalisasi daerah akan terus kita dorong,” kata gubernur.

Usai memberikan pengarahan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama pimpinan Forkopimda Kepri berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada para pemenang berbagai lomba baik offline maupun online sebagai bagian dari festival.

Acara pun dimeriahkan dengan Pertunjukan Tari Wonderland Indonesia oleh Sanggar Tari Kreasi Guru Bintan Timur dan diakhiri pembacaan Gurindam, Penampilan Muhammad Wiratama Riswanto, Siswa SLBN 1 Tanjungpinang serta diakhiri penampilan beberapa artis ibu kota di antaranya Novi Ayla, Dahlia KDI, serta Rini Andriyani. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *