Beranda All News Hari Jantung Sedunia, Merah Putih Memadati Gedung Daerah Tanjungpinang

Hari Jantung Sedunia, Merah Putih Memadati Gedung Daerah Tanjungpinang

0
Ratusan peserta senam sehat memadati gedung daerah dengan pakaian merah putih pada peringatan Hari Jantung Sedunia di Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (30/10/2022). F- diskominfo kepri

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menggelar jalan santai dan senam jantung sehat di Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (30/10/2022). Jalan santai dan senam jantung sehat Hari Jantung Sedunia 2022 dan Hari Jadi Yayasan Jantung Indonesia ke-41 ini dipadati peserta mengenakan pakaian merah putih.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad berkesempatan melepas langsung jalan santai tersebut didampingi Anggota DPRD Kepri Lis Darmansyah dan Plt Asisten 3 Setda Kepri Misbardi. Tampak Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga mengikuti jalan santai yang mengambil rute jalan Merdeka dan jalan Teuku Umar.

Baca Juga :  Pria Pemilik Sabu Ditangkap Polres Tanjungpinang di Parkir Dendang Ria

Usai jalan sehat dan senam jantung sehat, Gubernur Kepri dalam sambutannya mengatakan, tugas pemerintah daerah untuk kesehatan sudah diwajibkan pemerintah pusat dengan menganggarkan minimal 10 persen dari APBD untuk anggaran kesehatan.

“Kenapa kesehatan begitu penting karena jika kita bicara indeks pembangunan manusia, ada tiga komponen yang mempengaruhi, yang pertama angka derajat kesehatan masyarakat, yang kedua angka indeks pendidikan, dan yang ketiga daya beli masyarakat,” ujar Ansar.

Ketiga komponen tersebutlah yang menjadi tolak ukur angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia. Gubernur Ansar mengaku sangat bersyukur Provinsi Kepulauan Riau merupakan daerah yang memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Pulau Sumatera dan tertinggi ke-4 nasional dengan skor 75.792.

Baca Juga :  Kapolri Sebut Tiga Kekuatan Besar Indonesia kepada Angkatan Muda Muhammadiyah

“Kesehatan terus menjadi kita utamakan untuk memastikan pembangunan manusia di Kepri dapat terus kita tingkatkan, sembari kita memperhatikan hal-hal yang lain juga,” katanya.

Untuk itu dirinya mengingatkan agar Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi Kepri dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri terus melakukan tindakan pencegahan terhadap bahaya penyakit jantung. Tindakan penyuluhan dapat dilakukan dengan mengampanyekan gaya hidup sehat ke masyarakat dan juga himbauan tentang bahaya merokok.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi Kepulauan Riau Hj Yuniarni Pustoko Weni menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemprov Kepri untuk Yayasan Jantung Indonesia. Menurutnya, Pemprov Kepri terutama Gubernur Ansar selalu mendukung kegiatan Yayasan Jantung Indonesia untuk mengampanyekan pentingnya menjaga kesehatan jantung. (yen)

Baca Juga :  Kadisdik: Sy Penjual Sabu Itu Bukan Guru, Tapi Staf TU SD yang Indisipliner

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here