banner 728x90
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad resmi membuka Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 di Jalan Merdeka, Tanjungpinang, Sabtu (28/10/2022).F-Kominfo Kepri

Buka Festival Sumpah Pemuda Kepri, Ansar: Ini untuk Memperlihatkan Bakat dan Kemampuan

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad resmi membuka Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 di Jalan Merdeka, Tanjungpinang, Sabtu (28/10/2022). Menurut Ansar, festival ini untuk memperlihatkan bakat dan kemampuan generasi muda di Kepri.

Menggunakan pakaian adat Melayu , Ansar Ahmad bersama jajaran Forkompinda Kepri yang juga memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia dan barisan pemuda dan pemudi Kepri terlebih dahulu melakukan kirab pemuda dari Gedung Daerah menuju panggung utama di jalan merdeka.

Festival Sumpah Pemuda Kepri menjadi acara utama yang digagas Pemerintah Provinsi Kepri untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022. Sebelum pembukaan festival, Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga dilaksanakan di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Saat membuka Festival Sumpah Pemuda, Ansar Ahmad mengatakan, festival ini digelar untuk memperlihatkan bakat dan kemampuan pemuda dan pemudi Kepri. Mengusung tema”Merdeka Berkreasi, Bersatu Bangun Bangsa”, Festival Sumpah Pemuda Kepri akan diisi dengan berbagai kegiatan dan perlombaan yang diikuti para pelajar di Kepri.

Baca Juga :  Begini Cara Warga Perumahan Bukit Galang Permai Menyemarakkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

“Maka hari ini untuk semarakkan hari sumpah pemuda, kita bersama para pemuda Kepri akan tunjukkan bahwa pemuda Kepri juga bisa berkreasi dan punya banyak potensi yang membanggakan,” kata Ansar Ahmad.

Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 akan diisi dengan berbagai perlombaan di sepanjang hari. Di antaranya lomba mewarnai, lomba menggambar, kompetisi tiktok, dan kompetisi tarian modern. Festival Sumpah Pemuda Kepri 2022 juga akan diisi berbagai penampilan seperti akustik, musikalisasi puisi, sampai atraksi marching band dari berbagai SMA di Tanjungpinang. Tidak ketinggalan juga akan ada Kepri Young Carnaval dimana para peserta karnaval akan memakai baju hias beraneka bentuk dan warna.

Ansar Ahmad sekaligus mengajak pemuda Kepri untuk terus bersemangat membuktikan diri dan mengembangkan seluruh potensi dalam diri pemuda. Dirinya sangat menekankan jika masa depan bangsa Indonesia ada di pundak seluruh pemuda, dan ketika tongkat estafet itu diberikan, par pemuda harus mampu membawa bangsa Indonesia dan Kepri khususnya menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Menghadirkan Ketua KIP RI di Seminar Keterbukaan Informasi Publik

“Jangan pernah minder karena kita tinggal di kepulauan, kita akan buktikan jika nanti akan ada banyak anak-anak muda Kepri yang mampu berkontribusi di kancah nasional,” seru Ansar Ahmad.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mengatakan, masyarakat Kepri khususnya di Pulau Bintan harus berbondong-bondong menyaksikan dan memeriahkan Festival Sumpah Pemuda Kepri. Sebab tidak hanya ada Festival Sumpah Pemuda, masyarakat juga dapat menikmati hasil revitalisasi kota tua di Jalan Merdeka, Tanjungpinang, yang saat ini sudah jauh lebih elok dan nyaman dikunjungi dengan trotoar yang cantik dan kanopi di sepanjang ruko jalan Merdeka.

“Festival Sumpah Pemuda Kepri sengaja kita pusatkan di Jalan Merdeka, karena sekarang hasil revitalisasi kota tua Tanjungpinang sudah melihatkan hasil, marilah bersama-sama kita nikmati indahnya jalan Merdeka sambil menonton Festival Sumpah Pemuda,” ujar Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Gubernur Kepri: Mari Resapi dan Meneladani Rasulullah SAW

Usai membuka Festival Sumpah Pemuda, Ansar Ahmad berama Forkompinda Kepri lainnya berkeliling meninjau pameran foto pemuda Kepri. Ansar Ahmad juga bercengkrama dengan anak-anak yang mengikuti lomba mewarnai dan lomba menggambar.

Festival Sumpah Pemuda Kepri sekaligus juga diisi dengan Bazaar UMKM Kepri. Tampak Ansar Ahmad juga berkeliling meninjau satu persatu stand UMKM yang ada. Ansar Ahmad mengatakan UMKM harus dilibatkan dalam setiap kegiatan festival untuk membangkitkan kembali perekonomian Kepri.

Acara malam puncak Festival Sumpah Pemuda Kepri akan digelar esok malam dengan dimeriahkan penampilan artis ibukota, masyarakat pun diundang untuk menyaksikan malam puncak Festival Sumpah Pemuda Kepri. (yen)

Editor : Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *