Beranda All News Gubernur Kepri Menyerahkan Bantuan Rp1,43 Miliar untuk Masyarakat di Ujung Utara NKRI

Gubernur Kepri Menyerahkan Bantuan Rp1,43 Miliar untuk Masyarakat di Ujung Utara NKRI

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan RT dan RW, operasional Posyandu serta transportasi laut siswa di Natuna, Senin (24/10/2022). F- diskominfo kepri

Natuna, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad menyerahkan bantuan Pemprov Kepri sebesar Rp1,432 miliar untuk masyarakat Natuna sebagai kabupaten di ujung utara NKRI, Senin (24/10/2022). Penyerahan bantuan ini dilakukan Ansar Ahmad saat melaksanakan kunjungan kerja di Gedung Sri Serindit, Ranai, Natuna.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan di Natuna, sama seperti di kabupaten/kota se-Kepri lainnya. Kegiatan ini merupakan rutinitas Gubernur Kepri untuk menunjukkan kepedulian Pemprov Kepri kepadanya RT/RW dan Posyandu serta transportasi laut bagi pelajar.

Di kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga ini, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan dengan total sebesar Rp 1.432.200.000. Dengan rincian, bantuan tunai kepada RT senilai Rp 829.200.000 yang diberikan kepada 691 orang RT. Masing-masing menerima Rp1,2 juta. Bantuan uang tunai kepada RW senilai Rp318 juta, yang diberikan kepada 265 orang RW. Masing-masing menerima Rp1,2 juta.

Baca Juga :  Wan Siswandi dan Rodhial Huda Ingin Bangun Landasan Pesawat Perintis di Serasan

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyebutkan, peran RT dan RW dalam pembangunan sangat fundamental dan menjadi garda terdepan dalam berhubungan langsung dengan masyarakat. RT dan RW adalah pelopor pemerintah yang mempunyai peran sebagai perpanjangan tangan dalam implementasi kebijakan baik di tingkat kelurahan/desa, kecamatan, kabupaten/kota, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Rentang kendali yang jauh antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang berkedudukan di Tanjungpinang dengan Kabupaten Natuna yang berada di ujung utara Indonesia, membuat peran RT dan RW menjadi signifikan sebagai penghubung dan pelaksana kebijakan Pemprov Kepri di tingkat masyarakat.

“Dibutuhkan sebuah langkah sebagai penguatan peran RT dan RW dalam mengemban tugas yang sangat besar dan mendasar tersebut. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan senantiasa fokus terhadap penguatan peran RT dan RW di Kabupaten Natuna,” ujar Gubernur Kepri.

Tidak hanya berfokus pada penguatan RT dan RW, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga memberikan perhatian yang besar terhadap keberadaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Posyandu dipandang memiliki peranan yang tidak kalah penting sebagai salah satu langkah promotif dan preventif dari berbagai potensi penyakit yang senantiasa menjadi kerisauan di tengah-tengah masyarakat. Posyandu juga merupakan pelopor dalam menjaga kesehatan masyarakat melalui upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga :  Musda IV Gerakan Pramuka Kwarda Kepri, Sekjen Kwarnas: Teliti Latar Belakang Calon

Hal tersebut sejalan dengan upaya Percepatan Penurunan stunting di Provinsi Kepulauan Riau. Berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021, prevalensi stunting di Provinsi Kepulauan Riau berada pada angka 17,6 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan angka nasional sebesar 24,4 persen. Pada tahun 2022 ini, prevalensi stunting tersebut diharapkan dapat turun menjadi 15,8 persen dan dapat turun kembali menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Sebagai dukungan untuk upaya dan peran posyandu tersebut, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memberikan perhatian yang lebih terhadap penguatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kabupaten Natuna melalui bantuan uang operasional. Bantuan ini diberikan kepada Posyandu di Kabupaten Natuna sebesar Rp285 juta, untuk 57 Posyandu. Masing-masing Posyandu menerima bantuan sebesar Rp5 juta.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Mempromosikan Kawasan Perdagangan Bebas di Kepri kepada Puluhan Pengusaha Istanbul Turki

“Kita harapkan melalui bantuan uang operasional ini Posyandu dapat maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” kata Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyerahkan bantuan kepada siswa untuk transportasi laut siswa kepada SMA Negeri 1 Pulau Tiga Kabupaten Natuna sebesar Rp 384.300.000. Selain itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyerahkan apresiasi kepada siswa berprestasi berupa piagam penghargaan.

“Apresiasi ini semoga dapat menjadi motivasi kepada para siswa. Agar terus berkarya melakukan yang terbaik sebagai generasi yang berkualitas dalam mendukung pembangunan Provinsi Kepulauan Riau,” tutup Ansar Ahmad Gubernur Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here