banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumkitban TNI di Kota Batam. Pembangunan Rumkitban TNI AD ini berasal dari anggaran Pemprov Kepri. F- diskominfo kepri

Pemprov Kepri dan TNI AD Bangun Rumkitban di Batam

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bekerja sama dengan TNI AD membangun Rumah Sakit Pembantu di Kota Batam. Gubernur Kepri H Ansar Ahmad melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pembantu (Rumkitban) TNI AD di Bengkong Permai, Kota Batam tersebut, Sabtu (22/10).

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan, pembangunan bidang kesehatan menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Provinsi Kepri. Pemerintah juga terus berupaya membangun berbagai sarana dan fasilitas kesehatan, sebagai penunjang kesehatan masyarakat di Kepri. Sebagai tugas mandatori yang mesti diimplementasikan, Sabtu (22/10/2022), Pemprov Kepri membangun lagi fasilitas kesehatan di Kepri. Yaitu Rumkitban TNI AD. Pembangunan rumah sakit ini kerja sama Pemprov Kepri dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Baca Juga :  Kejari Karimun Peringkat Pertama Nasional untuk Capaian Kinerja 2021

Keberadaan Rumkitban ini nantinya, sambung Ansar Ahmad, diharapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan. Tidak hanya kepada anggota TNI AD dan keluarga saja. Tapi juga kepada masyarakat umum yang ada di sekitar sini.

“Karena keberadaan rumah sakit Rumtikban juga menjadi sarana pemenuhan prasaran kesehatan masyarakat di Kepri,” ujar Gubernur Kepri.

Sampai sekarang, sarana dan prasarana kesehatan yang tersedia di Kepri, tercatat 54 rumah sakit, 93 Puskesmas dan 254 klinik yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Kepri. Sebagaian besar berada di wilayah Kota Batam.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap, keberadaan Rumkitban TNI AD di Kota Batam ini, mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) khususnya di bidang kesehatan. Sejuah ini indeks IPM Kepri mengalami peningkatan sebesar 0,20 poin.

Baca Juga :  Aksi Unjuk Rasa Imigran Pencari Suaka Membikin Kesal Warga, Jalan Raya Macet

“Jika pada tahun 2020 IPM kita sebesar 75,59 persen, maka pada tahun 2021 menjadi 75,79 persen. Dan IPM Kepri ini, menjadi yang teratas untuk regional Sumatera,” sebut Ansar Ahmad.

Mantan Bupati Bintan dua periode tersebut berharap, dengan terus membaiknya kualitas kesehatan di Kepri, secara langsung berdampak pada meningkatkan pertumbuhan ekomomi di Kepri. Ekonomi Kepri pada kuartal pertama tahun 2022, tumbuh 2,83 persen. Kembali naik melejit pada kuartal kedua, menjadi 5,01 persen.

Komandan Korem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistianto mengatakan, pembangunan RS Pembantu TNI AD 01.08.03 Kesdam I Bukit Barisan Bengkong Kota Batam ini terlaksana berkat dukungan penuh Pemerintah Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Apel Siaga, Ansar Ahmad: Kepri Sangat Rentan Terhadap Bencana

Diharapkan keberadaan Rumkitban ini nantinya, akan bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada 700-an kepala keluarga anggota dan keluarga TNI AD.

“Apalagi pembangunan Rumkitban baru ini terus kita maksimalkan. Dengah harapan, agar Rumkitban ini bisa cepat siap, dan melengkapi layanan yang sudah ada,” jelas Brigjen Yudi Yulistianto.

Pada saat peletakan batu pertama pembangun Rumkitban TNI AD di Batam ini, turut dilaksanakan aksi bakti sosial TNI, bertepatan dengan HUT ke-77 Kesehatan Angkatan Darat. Yaitu kegiatan kitanan massal dan pelayanan KB, kerja sama TNI AD dengan BKKBN Provinsi Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *