banner 728x90
Presiden RI Joko Widodo memberikan arahan kepada pejabat Polri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2022). F- ig@jokowi

Presiden RI Jokowi Mengingatkan Pejabat Polri, Hati-hati dengan Gaya Hidup

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para pejabat institusi Polri, hati-hati dengan gaya hidup (lifestyle). Peringatan itu ditujukan mulai dari Kapolres, Wakapolres, pejabat utama, Kapolda hingga perwira tinggi.

Peringatan yang bisa bermuara kepada letupan-letupan sosial itu disampaikan Presiden RI Jokowi dalam arahannya kepada jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2022). Presiden RI meminta seluruh jajaran Polri bekerja keras mengembalikan kepercayaan masyarakat yang telah turun drastis.

“Hati-hati. Hati-hati, saya ingatkan hati-hati,” ujar Presiden RI Jokowi kepada para pejabat Polri, yang ditayangkan melalui akun instagram @jokowi.

“Di November itu (kepercayaan publik terhadap Polri) masih 80,2 (persen), sangat tinggi, bukan tinggi, sangat tinggi sekali. Sekarang, kemarin Agustus, berada di 54 (persen), jatuh, telentang, rendah sekali. Itulah pekerjaan berat yang Saudara-saudara harus kerjakan untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Polri di tengah situasi yang juga tidak mendukung saat ini,” sebut Presiden RI Jokowi, seperti yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden yang disaksikan, di Jakarta, Sabtu (15/10/2022).

Baca Juga :  Warga dan Polisi Senam Sehat di Teluk Sasah Kampung Bebas Narkoba

Menurut Presiden RI, sebelum ada peristiwa penembakan di Duren Tiga yang menyeret mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, Indeks Kepercayaan Masyarakat menempatkan Polri di puncak teratas saat itu.

Hal tersebut didorong oleh kerja keras jajaran Polri dalam penanganan Covid-19 dengan mendukung penyuntikan 440 juta dosis vaksin kepada masyarakat, sehingga pandemi mereda dan ekonomi bisa tumbuh 5,44 persen.

“Tetapi begitu ada peristiwa FS (Ferdy Sambo), runyam semuanya, dan jatuh ke angka yang paling rendah. Dulu, dibandingkan institusi-institusi penegak hukum yang lain, tertinggi. Sekarang, Saudara-saudara harus tahu, menjadi terendah. Ini yang harus dikembalikan lagi dengan kerja keras saudara-saudara sekalian,” kata Jokowi pula.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Memberikan 1.300 Paket Sembako di Lingga

Kepala Pemerintahan Republik Indonesia itu mengingatkan, saat ini situasi di semua negara sedang sulit, karena menghadapi gelombang dan badai ekonomi global. Bahkan, saat ini 66 negara telah berada pada posisi rentan, dan 345 juta orang di 82 negara sudah menderita kekurangan pangan akut.

Untuk itu, Jokowi mengingatkan kepada seluruh jajaran Polri untuk memiliki kepekaan terhadap situasi krisis (sense of crisis) yang sama. Dia juga mengingatkan agar jajaran Polri bisa lebih memperhatikan gaya hidupnya, agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial dan menjadi sorotan masyarakat.

“Saya ingatkan masalah gaya hidup, lifestyle. Jangan sampai dalam situasi yang sulit ada letupan-letupan sosial, karena adanya kecemburuan sosial ekonomi. Hati-hati, sehingga saya ingatkan yang namanya Kapolres, Wakapolres, yang namanya Kapolda, yang namanya seluruh pejabat utama, perwira tinggi, mengerem total masalah gaya hidup,” tambah Jokowi.

Baca Juga :  Tiga Tahun, Roby Kurniawan Menuntaskan 462 RTLH di Bintan

“Jangan gagah-gagahan karena merasa punya mobil bagus atau motor gede yang bagus. Hati-hati. Hati-hati, saya ingatkan hati-hati,” sambung Jokowi lagi.

Jokowi mengingatkan, bahwa teknologi pada masa sekarang telah menyebabkan perubahan interaksi sosial secara total.

Pejabat Polri se-Indonesia mendengarkan arahan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2022). F- ig@jokowi

Menurutnya, saat ini adalah masa penuh keterbukaan, karena semua orang bisa mengabarkan peristiwa yang terjadi pada media sosial, bukan hanya TV, media cetak, atau media daring.

“Saya terlalu banyak mendapatkan laporan, sehingga kembali lagi gaya hidup. Urusan kecil-kecil, tetapi itu bisa mengganggu kepercayaan terhadap Polri. Urusan tadi, urusan mobil, urusan motor gede, urusan yang remeh-temeh saja, sepatunya apa, bajunya apa, dilihat masyarakat sekarang ini. Itu yang kita harus mengerti dalam situasi dunia yang penuh dengan keterbukaan,” kata Jokowi menegaskan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *