banner 728x90
Almarhum Akmal Atatrick jurnalis senior Si Pejuang Kota Otonom Tanjungpinang bersama Djoko Zakaria (alm). F- dok dwi

Mengenang Sosok Akmal Atatrick Jurnalis Senior Si Pejuang Kota Otonom Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kini, Kota Otonom Tanjungpinang sudah memasuki usia ke-23 tahun. Di balik peringatan HUT ke-23 Kota Otonom ini, mari kita sejenak mengenang sosok almarhum Akmal Atatrick jurnalis senior Si Pejuang terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang.

H Akmal Atatrick (alm) yang biasa dikenal dengan panggilan Bung Akmal, merupakan seorang jurnalis senior di Provinsi Kepri. Mendiang ini merupakan seorang tokoh yang ikut memperjuangkan Kota Tanjungpinang menjadi kota otonom.

Menggenang perjalanan karier sang jurnalis yang dikenal dengan wartawan fenomenal yang selalu banyak mengkritik para tokoh politik. Khususnya Pemko Tanjungpinang. Dengan kritik yang bersifat membangun, positif dan sehat, Akmal juga merupakan kader dari PDI Perjuangan.

Akmal Atatrick lahir di Payakumbuh, 15 Februari 1944 silam. Menyelesaikan pendidikan dari SR (Sekolah Rakyat) Balai Nan Duo, SMPN 1 Payakumbuh pada tahun 1963. Akmal sempat menikmati perguruan tinggi di Padang hanya beberapa bulan dan kemudian berhenti. Tahun 1964 beliau datang ke Tanjungpinang dan menetap sejak April 1966. Pada 1968, Akmal menikah di Tanjungpinang dan mempunyai lima orang anak serta mempunyai 9 orang cucu.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Mengingatkan Dirjen SDA Soal Penanggulangan Banjir di Tanjungpinang dan Batam

Akmal dikenal sebagai seorang jurnalis sejak Kepulauan Riau masih menjadi kabupaten, hingga meningkat menjadi Provinsi Kepulauan Riau.

Tahun tahun 1968 menjadi wartawan atau koresponden Harian Api Pancasila surat kabar yang diterbitkan partai IP-KI. Pada tahun yang sama Akmal menjadi ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Kepulauan Riau sampai Pemilu tahun 1972. Tahun 1973 Akmal salah seorang penandatangan fungsi partai politik Murba, IPKI, PNI, Katolik dan Perkindo di Tanjungpinang menjadi partai Demokrasi Indonesia (PDI). Kala itu, Akmal mewakili partai IP-KI (Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia) dan tahun 1973 menjadi penulis lepas di majalah Varia-Jakarta, tahun 1974 menjadi koresponden Selecta Group.

Tahun 1977 Akmal menjadi wartawan Majalah Detik merangkap koordinator Riau sampai majalah tersebut dibredel Orde Baru. Akmal juga bergabung dengan surat kabar mingguan Genta di Pekanbaru tahun 1986. Kemudian bergabung dengan harian Tiong pos, tahun 1994 dipercaya oleh kelompok Jawa Pos sebagai kepala perwakilan Riau Pos di Kepulauan Riau sekaligus menjadi pimpinan sistem cetak jarak jauh atau (SCJJ) pertama di Sumatera.

Baca Juga :  Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Polres Bintan Mengawal Semarak Pawai Obor

Tahun 2000 sampai tahun 2003 menjadi pemimpin redaksi Tabloid Sempadan masih kelompok Riau Pos atau Jawa Pos sampai tahun 2003. Kemudian Akmal menerbitkan surat kabar harian Segantang Lada, tapi tidak lama. Secara fungsional Akmal sejak tahun 2003 tidak memegang lagi surat mass media dan Mei 2007 Akmal menerbitkan surat kabar mingguan Radar Kepri.

Selain jurnalis, Akmal juga merupakan sesepuh PDIP. Akmal begitu akrab dengan Djoko Zakaria Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepri (Bintan). Bahkan, dalam beberapa kali kesempatan, Akmal dan Djoko Zakaria (almarhum) selalu mewakili PDIP di momen kepartaian.

Saat ini almarhum meninggalkan seorang istri bernama Sriwaty, dan kini telah dikaruniai 5 orang cicit. Jejak Almarhum juga diikuti oleh dua anaknya yaitu Irfan Antontrik dan Dwi Kemalawaty yang hingga kini masih menekuni profesi Jurnalis.

Almarhum bapak juga membentuk Persatuan Wartawan Indinesia (PWI) di Kota Tanjungpinang bersama rekannya yang kini juga sudah almarhum diantaranya Edi Mauntu, Marjunis, Nasution, Sopian Tanjung. Dan yang masih dalam keadaan sehat hingga kini yaitu seorang guru dulunya sempat terjun kedua Jurnalis dan kini dikenal sebagai budayawan Kepri yaitu Rida K Liamsi.

Baca Juga :  Pemko Tanjungpinang Buka Bazar Pangan Murah di Lapangan Dewa Ruci

“Bapak ku bukanlah seorang Camat ataupun Lurah yang banyak mewarisi tanahnya. Tapi Bapak ku seorang pejuang di tanah Provinsi Kepri ini. Serta ikut berjuang dalam pembentukan Kota Otomon Tanjungpinang dan Provinsi Kepulauan Riau. Karena aku masih ingat waktu tahun 2001 ikut ke Jakarta menghadap Mendagri Hari Sabarno bersama Walikota Suryatati A Manan. Dan saat itu Mendagri langsung meresmikan pembentukan 12 Kabupaten dan kota se Indonesia, salah satunya Kota Tanjungpinang tanggal 17 Oktober 2001,” ungkap Dwi Kemalawaty anak keempat dari almarhum, yang biasa dipanggil Dewi.

Almarhum Akmal seorang wartawan senior yang dikenal para pejabat Kepri ini, sebagai wartawan tanpa basa basi alias to the poin. Almarhum berkecimpung di dunia jurnalistik semasa lajang, hingga tutup usia pada tanggal 13 Oktober 2011 lalu. Begitu sekilas cerita mengenang sosok Akmal Atatrick jurnalis senior Si Pejuang terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang. Selamat menyambut HUT ke-23 Kota Otonom Tanjungpinang. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *