Beranda All News Ansar Ahmad Meninjau Kanwil DJBC Khusus Kepri di Karimun, Ini yang Dibahas...

Ansar Ahmad Meninjau Kanwil DJBC Khusus Kepri di Karimun, Ini yang Dibahas Gubernur

0
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Kakanwil DJBC Akhmad Rofiq meninjau sarana dan prasarana DJBC Khusus Kepri di Karimun, Rabu (12/10/2022). F- diskominfo kepri

Karimun, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad secara langsung mengunjungi Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau di Karimun, Rabu (12/10/2022). Berikut ini pembahasan gubernur di Kanwil DJBC Karimun.

Dalam kunjungan ini, Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Kakanwil DJBC Khusus Kepri Akhmad Rofiq, selain bersilaturahmi sekaligus saling berdiskusi terkait potensi laut Kepri.

Dalam penyampaiannya, Gubernur Provinsi Kepri H Ansar Ahmad mengatakan, melihat kondisi letak geografis Provinsi Kepri hampir berbatasan dengan seluruh negara ASEAN, sangat berpotensi terjadinya penyelundupan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kepri sangat berisiko terjadinya penyelundupan barang di laut Kepri. Untuk itu kita berharap bersama melalui DJBC Khusus Kepri ini, dapat meminimalisir terjadinya tindak penyelundupan tersebut,” ujar Ansar Ahmad di ruang kerja Kakanwil DJBC Kepri.

Baca Juga :  Seribuan Imam dan Guru TPA Terima Insentif, yang Disabilitas Pun Dapat Bantuan dari Rahma

Tak hanya berdiskusi terkait potensi laut Kepri, Gubernur Provinsi Kepri juga membahas pemanfaatan potensi laut Kepri. Pusat Logistik Berikat (PLB) dapat menjadi salah satu pilihan untuk memanfaatkan peluang dari potensi strategis Kepri.

“Kondisi strategis Kepri yang langsung berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura harus benar-benar dapat kita manfaatkan dengan baik. Untuk itu, keberadaan PLB sangat penting dalam menangkap peluang tersebut,” tegas Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga mengapresiasi penerapan SPBE yang dilaksanakan Kanwil DJBC Khusus Kepri yang dinilai sangat baik dalam upaya pencegahan terjadinya korupsi.

Baca Juga :  PKDP Tanjungpinang Memperingati Maulid Nabi, Ansar Ahmad Bantu Pembangunan Masjid

“Kondisi dan lingkungan di dalam kantor sangat baik, bahkan sudah menerapkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), semua telah dilakukan secara terkomputerisasi dengan baik dan lengkap seperti di luar negeri,sehingga dengan sistem ini mampu mencegah terjadinya korupsi,” ujar Gubernur Kepri.

Menanggapi pemaparan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Kakanwil DJBC Akhmad Rofiq menyampaikan, saat ini DJBC Provinsi Kepri terus melakukan pengawasan dan berpatroli di laut perbatasan guna melakukan pencegahan terhadap adanya penyelundupan ke Kepri.

“Memang benar, terkait situasi dan kondisi laut Kepri seperti itu, untuk itu kami akan terus berupaya melakukan pencegahan terhadap penyelundupan ini, khusus bersama dengan instansi pemerintah lainnya dalam mencegah terjadinya penyelundupan di laut,” tutur Akhmad.

Baca Juga :  Cen Sui Lan dan BPJN Ditjen Bina Marga Cek Proyek Rp26,2 Miliar di Batam

Tak hanya itu, Akhmad juga menambahkan, Kanwil DJBC Khusus Kepri siap mendukung dan mengikuti instruksi Gubernur Kepri Ansar Ahmad, terkait perencanaan pembangunan PLB di Provinsi Kepri.

“Pembangunan PLB di Provinsi Kepri memang sangat bermanfaat bagi pendapatan daerah. Intinya, kami siap mendukung dan mengikuti arahan pak Gubernur terkait bagaimana dan apa saja dalam pembangunan tersebut nantinya,” gagas Akhmad.

Usai kegiatan diskusi tersebut, Kakanwil DJBC Akhmad Rofiq mengajak Gubernur Kepri Ansar Ahmad untuk mengelilingi dan meninjau langsung bagaimana sarana dan prasarana yang dimiliki perkantoran DJBC Khusus Kepri. (yen/ion)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here