banner 728x90
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memberikan keterangan pers tentang pemeriksaan beberapa saksi dari Tragedi Kanjuruhan. F- Istimewa/div humas polri

Tragedi Kanjuruhan, Bareskrim Periksa 18 Anggota Polri dan Dirut LIB

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, pihaknya akan memeriksa sejumlah saksi terkait tragedi di stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam lalu. Tim investigasi Polri akan memeriksa Direktur PT LIB, Ketua PSSI Jatim, Ketua Panpel Arema FC, Kadispora Jawa Timur, hingga 18 anggota Polri.

“Saksi yang diperiksa antara lain dari Dirut LIB, Ketua PSSI Jatim, kemudian ketua panitia penyelenggara dari arema, kemudian Kadispora Provinsi Jatim yang insya Allah akan dimintai keterangannya oleh penyidik hari ini,” ujar Dedi saat memberikan keterangan pers, Senin (3/10/2022) pagi.

Baca Juga :  Peringatan Wafat Isa Almasih dan Paskah, 71 Gereja di Bintan Diamankan Polisi

Tidak hanya itu, Polri juga sedang memeriksa sejumlah personel kepolisian yang bertugas dalam pengamanan di stadion itu. Sejauh ini tim internal Bareskrim yang terdiri dari timsus dan Propam sudah memeriksa 18 orang mulai dari perwira dan Pamen (perwira menengah).

“Pemeriksaan ini untuk mengetahui siapa yang bertanggungjawab sebagai operator pemegang senjata pelontar. Ini yang sedang kami dalami terkait manager pengamanannya,” ujarnya.

Dedi menambahkan, tim Inafis dan Labfor juga terus bekerja melakukan olah TKP.

Adapun tim Labfor masih bekerja untuk mendalami dan menganalisa 32 titik CCTV di sekitar stadion. Labfor juga memeriksa dan menganalisa 6 unit hape.

Baca Juga :  Hadiri Pelantikan PGI-D Karimun, Rafiq Ajak Pengurus Ikut Membangun Daerah

“Tiga hape teridentifikasi milik korban, dan 3 masih proses karena hape tersebut di-password. Selain itu, tim Inafis dan Labfor nantinya setelah menganalisa CCTv, Tim DVI juga akan mengidentifikasi terkait terduga pelaku pengerukan di dalam dan luar stadion,” terangnya sembari mengatakan bahwa kerja tim investigasi diawasi eksternal dari Kompolnas.

Dedi mengatakan, Inafis Polri bersama DVI juga berhasil mengidentifikasi 125 korban yang meninggal dunia. Sementara, korban luka berat ada 21 orang dan luka ringan sebanyak 304 orang. Total korban Tragedi Kanjuruhan ada 455 orang.

Baca Juga :  SSB Bina Bintang Muda Juara Umum Festival Sepak Bola PPSB Karya Muda

“Untuk data korban sampai siang ini, korban meninggal dunia sebanyak 125 orang. Luka berat sebanyak 21 orang dan luka ringan sebanyak 304 orang,” katanya.

Dedi menambahkan, tim investigas juga terus berkoordinasi dengan Menpora, Ketum PSSI, Pemprov Jatim, Forkopimda untuk mengusut tuntas kasus ini. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *