banner 728x90
Manajemen PT Bintan Resort Cakrawala bersama karyawan, serta Bintan Resorts Green Initiative menanam mangrove pada peringatan Hari Pariwisata Dunia 2022, di kawasan pelabuhan BBT Lagoi, Selasa (27/9/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Hari Pariwisata Dunia 2022, Bintan Resorts Mengampanyekan Save Our Mangrove

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) bersama komunitas Bintan Resorts Green Initiative mengampanyekan save our mangrove (kita peduli mangrove), pada peringatan Hari Pariwisata Dunia (world tourism day) 2022, Selasa (27/9/2022). Dalam kegiatan ini, PT BRC Lagoi bersama Bintan Resorts Green Initiative menanam seribu pohon mangrove di kawasan pantai pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi.

Aksi penanaman mangrove dan bersih Sungai Teluk Sebong ini diikuti ratusan pekerja, pelaku wisata, pelajar, hingga komunitas lingkungan berpartipasi dalam aksi peduli terhadap lingkungan untuk memperingati hari pariwisata dunia.

PT Bintan Resort Cakrawala (PT BRC) selaku pengelola kawasan wisata Bintan Resorts di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau sadar betul akan prinsip-prinsip untuk menjadi sebuah destinasi Pariwisata Berkelanjutan dan Maklumat Pariwisata Berkelanjutan. Dalam peringatan World Tourism Day, 27 September 2022.

Dalam momen ini, Bintan Resorts mengajak segenap perangkat Desa di Sebong Lagoi, pelaku pariwisata di dalam kawasan, pelajar, komunitas hingga karyawan untuk melakukan aksi penanaman bibit bakau dan pembersihan sungai di dalam kawasan dengan mengusung tema Rethinking Tourism, sejalan dengan tema World Tourism Day tahun ini. Sekaligus mengkampanyekan save our mangrove.

Baca Juga :  Hafizha Rahmadhani Memaparkan Inovasi Penurunan Stunting di Bintan Melalui Si Bima

GGM PT BRC Abdul Wahab mengatakan, Bintan Resort berkomitmen menjaga lingkungan, salah satunya dengan melestarikan kawasan hutan mangrove.

“Ini langkah kecil Bintan Resorts ikut serta dalam meredam pemanasan global, yang menjadi agenda penting G20,” katanya.

Sejak 2018 Bintan Resort telah mulai menanam mangrove dan hingga saat ini sekira 22.990 bibit mangrove ditanam di kawasan wisata Lagoi, Bintan.

GM Finance and Admin PT BRC Hebron Habeahan menyampaikan, pandemi Covid-19 membuat dunia pariwisata terpuruk karena adanya pembatasan lalu lalang orang dan awal tahun 2022, Covid-19 baru mereda.

“Kawasan wisata Lagoi baru merasakan datangnya wisatawan sejak bulan Mei,” katanya.

Sejalan peringatan hari pariwisata dunia, Hebron mengatakan, pihaknya melakukan aksi bersih-bersih di alur sungai dan penanaman 1.000 bibit mangrove.

Dia berharap, bibit mangrove yang ditanam tumbuh karena mangrove memiliki banyak manfaat, salah satunya mencegah terjadinya abrasi akibat gelombang pasang laut.

Baca Juga :  Heru Pemancing Arung Ditemukan Meninggal Dunia, Terseret 300 Meter dari Lokasi Tenggelam

Hebron juga mengajak semua pihak untuk berpikir wisata sesuai tema hari pariwisata dunia yang ke 44 tahun dengan mengusung tema rethinking tourism.

“Mungkin pembatasan gerak karena Covid-19 membuat masyarakat jenuh, sehingga saatnya sekarang diajak berpikir wisata,” katanya.

Pada kesempatan lain, Kasi PMD Kecamatan Teluk Sebong Sunarni mewakili camat mengucapkan terima kasih dengan kegiatan aksi penghijauan atau penanaman mangrove ini.

GM Finance and Admin PT BRC Hebron Habeahan bersama manajer Bintan Resorts, serta instansi vertikal dan pemerintah Kecamatan Teluk Sebong menanam mangrove dan salam lestari, pada peringatan world tourism day 2022, Selasa (27/9/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Aksi peduli lingkungan oleh Bintan Resorts pada peringatan World Tourism Day adalah juga merupakan salah satu bagian aksi dari program Bintan Resorts Green Initiative. Program inisiatif yang bersifat jangka panjang ini melaksanakan prinsip sustainable tourism dan dukungan terhadap sustainable development goals yang dicetuskan oleh Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO).

Our Save Mangrove
Abdul Wahab menjelaskan bahwa konsep program Bintan Resorts Green Initiative memiliki kerangka yang holistik, memadukan pilar Aksi, Edukasi, dan Terapan dalam operasional bisnis perusahaan. Pada pilar aksi, program yang akan dilakukan Bintan Resorts adalah melalui kegiatan penanaman bibit bakau, pembersihan lingkungan (Environment & Beach Cleaning Action), program pendampingan bagi masyarakat setempat dalam mengembangbiakan bibit tanaman bakau, dan saat ini juga tengah menginisiasi sebuah proyek bank sampah yang akan menjadi pilot proyek bank sampah berbasis masyarakat.

Baca Juga :  Kapolres Bintan Mewanti-wanti Curanmor Saat Penyelenggaraan MTQ

Pada pilar edukasi, Bintan Resorts akan melakukan sosialisasi serta kampanye lingkungan kepada komunitas di sekitar kawasan dan sekolah-sekolah binaan Bintan Resorts. Pelibatan wisatawan dalam kegiatan Green Initiative oleh Bintan Resorts juga merupakan bagian dari penerapan prinsip keberlanjutan guna mendorong wisatawan turut berpartisipasi menjaga lingkungan. Hal ini adalah salah satu perwujudan pilar ketiga dari Bintan Resorts Green Initiative dengan mengarahkan aktivitas wisata menjadi kegiatan lingkungan.

GM Finance and Admin PT BRC Hebron Habeahan bersama manajer Bintan Resorts, serta instansi vertikal dan Pemerintah Kecamatan Teluk Sebong mengampanyekan our save mangrove pada peringatan Hari Pariwisata Dunia, Selasa (27/9/2022). F- yen/suaraserumpun.com-

“Saat ini, PT BRC mendapatkan sertifikat dari Kemenparekraf RI, pada perayaan Hari Pariwisata Dunia, di Nusa Dua, Bali. Karena, program yang dijalankan Bintan Resorts untuk lingkungan, sejalan dengan misi UNWTO. Pada momen World Tourism Day 2022 ini, kami juga mengampanyekan save our mangrove,” demikian disampaikan Abdul Wahab. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *