Beranda All News Presiden Jokowi Beri Target Medali Emas buat Atlet Panjat Tebing di Olimpiade...

Presiden Jokowi Beri Target Medali Emas buat Atlet Panjat Tebing di Olimpiade 2024 Paris

0
Yenny Wahid Ketua Umum PP FPTI beraudiensi dengan Presiden RI Jokowi untuk persiapan atlet panjat tebing guna menghadapi kejuaraan dunia 2022 di Jakarta dan Olimpiade 2024 di Paris. Audiensi dilaksanakan di Istana Jakarta, Rabu (21/9/2022). F- istimewa/pp fpti

Jakarta, suaraserumpun.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan target meraih medali emas kepada para atlet panjat tebing Indonesia, di ajang Olimpiade 2024 di Paris. Target itu disampaikan oleh Ketua Umum PP Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid.

Target itu disampaikan Presiden saat menerima kedatangan pengurus FPTI dan sejumlah atlet panjat tebing di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/9/2022). Yenny menilai, hal tersebut sebagai bentuk perhatian tersendiri dari Kepala Negara yang selama ini cukup memberikan dukungan terhadap olahraga binaannya.

“Bapak Presiden tentunya selama ini selalu memberikan perhatian khusus untuk olahraga panjat tebing. Beliau mengingatkan kita agar prestasi ini tidak berhenti di sini, tapi terus berlanjut,” katanya selepas pertemuan dengan Presiden RI, seperti dikutip dari [email protected]

Baca Juga :  Tahun Lalu Dikunjungi Presiden Jokowi, Kini Giliran Ansar Ahmad Meninjau RSKI Covid-19 Pulau Galang

“Ujungnya adalah nanti di Olimpiade Paris 2024. Di mana beliau memang memberikan target kepada kita bisa meraih medali emas,” ujar Yenny menambahkan.

Dalam Olimpiade Paris nanti, panjat tebing akan memperebutkan empat medali emas di nomor boulder & lead putra, boulder & lead putri, speed putra, dan speed putri.

Jumlah itu bertambah dibandingkan kala Olimpiade Tokyo yang hanya mempertandingkan nomor kombinasi boulder, lead, & speed putra dan putri.

“Selain untuk Olimpiade. Kami juga melaporkan persiapan kejuaraan dunia Panjat Tebing tahun 2022 di Indonesia, kepada Pak Presiden. Ini adalah sejarah, pertama sekali Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia panjat tebing. Kejuaraan ini, diikuti 27 negara dunia, dengan jumlah atlet mencapai 200-an atlet,” kata Yenny Wahid.

Presiden RI Jokowi memberikan target medali emas di Olimpiade 2024 di Paris, saat beraudiensi dengan Ketua Umum dan Pengurus Pusat FPTI. F- Istimewa/pp fpti

Pemecah Rekor Dunia
Pemisahan nomor speed tersebut tentu membuka peluang Indonesia untuk menyabet medali Olimpiade lewat panjat tebing, mengingat saat ini Kiromal Katibin merupakan pemegang rekor dunia speed putra dengan catatan waktu 5,009 detik saat tampil dalam babak kualifikasi Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2022 Seri Chamonix di Perancis pada 8 Juli 2022 lalu.

Baca Juga :  Gordon S Church Konsul Amerika Serikat Wilayah Sumatera Mengagumi Keindahan Laut dan Budaya Kepri

Selain Katibin ada juga nama Veddriq Leonardo yang tahun lalu dinobatkan sebagai juara umum kategori speed putra Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2021 setelah mengumpulkan total 200 poin dari delapan seri, mengungguli Katibin yang ada di posisi kedua dengan 145 poin.

Nomor speed putra memang menjadi salah satu andalan panjat tebing Indonesia. Kontingen Merah Putih bahkan sempat menyapu bersih podium nomor tersebut dalam Piala Dunia Panjat Tebing IFSC 2022 Seri Seoul di Korea Selatan pada 6-8 Mei lalu.

Baca Juga :  Laka Lantas Tunggal Tanpa Helm, Begini Nasib Pelajar di Bintan

Sedangkan itu nomor lead, Yenny mengakui pihaknya masih terus berusaha melakukan pembinaan jangka panjang guna menajamkan prestasi dan bisa berbicara di pentas dunia.

Venny Wahid Ketua Umum PP FPTI memberikan penjelasan persiapan atlet panjat tebing untuk menghadapi kejuaraan dunia 2022 di Jakarta dan Olimpiade 2024 di Paris, kepada Presiden RI Jokowi, Rabu (21/9/2022). F- Istimewa/[email protected]

“Di kategori lead memang pembinaan jangka panjang masih terus kita lakukan dan targetnya adalah untuk menuju Olimpiade Los Angeles 2028 nanti,” katanya.

Yenny menuturkan sejumlah atlet Indonesia di nomor lead saat ini telah melakukan lompatan dengan keberhasilan naik dalam peringkat IFSC dari urutan 100 ke 40-an.

FPTI terus menggembleng atlet-atlet nomor lead agar bisa terus lebih berprestasi dengan target jangka panjang memasuki peringkat tiga besar dunia. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here