banner 728x90
Rusli (tengah) Kepala Disdukcapil Bintan yang baru dilantik bersama Roby Kurniawan Plt Bupati Bintan dan Pj Sekda Bintan Rony Kartika usai memberikan keterangan, Selasa (20/9/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Roby Melantik Rusli Jadi Kadisdukcapil, Berikut Inovasi Terbaru Pelayanan Adminduk di Bintan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan melantik Rusli ST menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Bintan, di Kantor Bupati Bintan, Selasa (20/9/2022) pagi. Berikut ini inovasi terbaru Rusli saat menjalankan tugas pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat Bintan, untuk ke depan.

Sebelum menjabat Kadisdukcapil Bintan, Rusli ST menjabat sebagai Sekretaris di Dinas Perikanan Kabupaten Bintan.

Usai pelantikan, Roby menyampaikan, dirinya berharap agar Kepala Disdukcapil Bintan yang baru menjabat, agar lebih maksimal lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini menurutnya karena Disdukcapil merupakan OPD yang paling dekat dengan pelayanan kepada masyarakat. Ia juga meminta agar Kadisdukcapil dapat memberikan inovasi dan terobosan guna percepatan dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  AFK Tanjungpinang Buka Pendaftaran Calon Ketua, Kongres Digelar 26 Desember 2023

“Pelayanan kepada masyarakat dapat lebih maksimal, serta dipermudah. Jangan ada pungli dalam pengurusan administrasi kependudukan, program pelayanan door to door juga harus lebih ditingkatkan,” pinta Roby Kurniawan.

Roby menerangkan, pelatikan Kadisdukcapil Bintan tersebut berdasarkan Undang Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2020 bahwa pengisian JPT Pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan atau lebih dikenal dengan seleksi terbuka atau open bidding.

“Hasil open bidding beberapa waktu yang lalu ada tiga nama yang lolos, dan itu kita usulkan ke pusat. Dan sesuai rekomendasi, hari ini (Selasa) Pak Rusli kita lantik sebagai Kadisdukcapil Bintan yang baru,” jelasnya.

Baca Juga :  Anak Pulau Dendun Dapat Nasi Kapau Polres Bintan

Menurutnya, pengangkatan jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bintan telah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu Roby juga mengingatkan agar Kadisdukcapil Bintan yang baru dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan janji dan sumpah jabatan yang telah diikrarkan serta yang diucapkan dan dituangkan dalam bentuk fakta integritas.

“Amanah tersebut harus dipertanggungjawabkan secara institusional kepada pemerintah. Dan secara moral kepada Allah SWT. Berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga :  Plt Bupati Bintan Salat Idul Fitri di Kijang, Halalbihalal di Tambelan

“Untuk pelayanan ke depan, harus cepat dan mudah. Bagaimana, agar bisa dalam hitungan menit, pelayanan masyarakat itu bisa selesai. Inovasi itu yang kita perlukan,” tambah Roby Kurniawan.

Roby Kurniawan Plt Bupati Bintan melantik Rusli ST menjadi Kadisdukcapil Bintan di ruangan Sekda Bintan, Selasa (20/9/2022). F- dok/suaraserumpun.com

Rusli yang baru dilantik sebagai Kadisdukcapil Bintan menyampaikan, konsep pelayanan untuk masyarakat Bintan yang sudah ada, seperti jemput bola atau door to door ke daerah pesisir tetap dijalankan.

“Untuk inovasi terbaru itu, kita akan menerapkan pelayanan yang sudah dicanangkan nasional, yaitu pelayanan kependudukan dalam genggaman. Yaitu pelayanan lewat hape android, melalui aplikasi khusus. Sepanjang berada dalam akses internet. Seperti pengurusan akta kelahiran, KTP dan Adminduk lainnya,” jelas Rusli menjawab suaraserumpun.com. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *