Beranda All News Tour de Bintan 2022, Plt Bupati Bintan Bersama PT BRC Bahas Rute...

Tour de Bintan 2022, Plt Bupati Bintan Bersama PT BRC Bahas Rute dan Kategori Lomba

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama GGM PT BRC Lagoi Abdul Wahab dan OPD terkait membahas persiapan penyelenggaraan Tour de Bintan 2022, Selasa (30/8/2022). F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Bintan, suaraserumpun.com – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama PT BRC Lagoi, serta OPD Pemkab Bintan membahas persiapan penyelenggaraan Tour de Bintan 2022, Selasa (30/8/2022). Persiapan Tour de Bintan 2022 itu antara lain rute dan kategori yang diperlombakan.

Iven balap sepeda Tour de Bintan merupakan ajang terbesar di Asia, untuk saat ini. Tour de Bintan akan digelar lagi Oktober 2022 mendatang, setelah pandemi Covid-19. Tahun 2022 ini, peserta yang akan turut berpartisipasi di Tour de Bintan 2022 minimal 800 pebalap dari 50 negara. Mulai dari Eropa, Asia, Australia dan beberapa negara di benua lainnya. Dari jumlah peserta tersebut, ditargetkan 25 persen merupakan pebalap dari Indonesia.

Baca Juga :  PB PSTI Usulkan 2 Calon di Kongres ASTAF, Tak Ada Nama Syafrizal

Kategori yang diperlombakan pada iven Tour de Bintan 2022 ini antara lain individual time trial, grand fondo classic, grand fondo century dan beberapa kategori lainnya. Kategori grand fondo ini bakal menjadi ajang uji coba untuk menghadapi Tour de France. Penyelenggaraan Tour de Bintan 2022, akan digelar tanggal 14 hingga 16 Oktober 2022.

“Waktu persiapan tinggal sebulan lebih lagi. Ini skala internasional. Di sini, kita akan memperlihatkan wajah Bintan. Siapkan sematang mungkin,” kata Roby Kurniawan saat memimpin rapat persiapan Tour de Bintan 2022, di Ruang Rapat II Kantor Bupati Bintan.

Hadir dalam rapat persiapan Tour de Bintan 2022 ini Pj Sekda Bintan Ronny Kartika, GGM PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab, Kadisbudpar Bintan Arief Sumarsono, serta OPD terkait lainnya.

Baca Juga :  Tekong Kapal Jadi Tersangka Kasus Korban Tenggelam di Ekang Mangrove Park

Dalam rapat tersebut disampaikan, pada pelaksanaan Tour de Bintan sebelumnya, PAD yang didapat mencapai Rp14 miliar. Mulai dari hotel, restoran hingga UMKM sekitar.

Tahun ini, MetaSport menjadi Event Organizer (EO) lagi, dalam pelaksananya. MetaSport telah menurunkan timnya untuk mempersiapkan semua sarana pendukung. Termasuk rute jalan yang akan dilitasi para pebalap sepeda dunia ini. Untuk persiapan rute atau jalan, sudah mencapai 80 persen.

“Kita berharap, ini awal kebangkitanm usai pariwisata kita benar-benar tumbang dihantam pandemi. Iven ini juga tentu harus mempunyai dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar,” harap Roby Kurniawan.

Sebelumnya, Abdul Wahab GGM PT BRC Lagoi menjelaskan, Tour de Bintan 2022 akan digelar pertengahan Oktober nanti. Tim EO dan Bintan Resorts sudah membuka registrasi pendaftaran untuk menjadi peserta balap sepeda internasional, Tour de Bintan 2022.

Baca Juga :  FKLPID Kepri Dibentuk, Gubernur Kepri: Lebih Mudah Penyerapan Tenaga Kerja

“Sudah 800 orang yang berpartisipasi. Dan 800 peserta yang sudah mendaftar ini berasal dari hampir 50 negara,” sebut Abdul Wahab.

Dari 800 peserta Tour de Bintan yang mendaftar, sebut Abdul Wahab, peserta terbanyak dari negara Singapura, Australia, negara Eropa dan negara lainnya.

“Biasanya, 10 persen peserta itu dari Indonesia. Tahun 2022 ini, Bintan Resorts menargetkan, minimal 25 persen peserta itu dari Indonesia. Segera lah mendaftar,” ajak Abdul Wahab. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here