Beranda All News Serba-serbi HUT Kemerdekaan RI, Adventure Photography Kibarkan Bendera di Gunung Lengkuas

Serba-serbi HUT Kemerdekaan RI, Adventure Photography Kibarkan Bendera di Gunung Lengkuas

0
Adventure Photography dan KPA mengibarkan bendera di lereng Gunung Lengkuas, Bintan pada momen HUT Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). F- Istimewa/cik

Bintan, suaraserumpun.com – Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) selalu dijadikan momen untuk membikin beraneka ragam kegiatan, di semua kalangan. Di antara serba-serbi HUT Kemerdekaan ke-77 RI pada tahun ini adalah, Adventure Photography Bintan mengibarkan Bendera Merah Putih di lereng Gunung Lengkuas.

Kawasan Gunung Lengkuas merupakan hutan lindung di Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. Kondisinya saat ini, kian memperihatinkan. Nyaris di setiap lereng tak lagi berdiri tegak pepohonan yang tinggi menjulang. Kini justru berganti dengan beton menyerupai patok lahan. Bahkan sebagian plang plang larangan untuk tidak menebang pohon pun sudah banyak yang tumbang. Tak lagi berdiri di tempatnya.

Baca Juga :  BP3MI Kepri dan Polres Karimun Menyosialisasikan Pencegahan Penempatan Non Prosedural PMI

Lokasi Gunung Lengkuas di RT02/RW03 Kelurahan Gunung Lengkuas, menjadi sasaran Komunitas Pecinta Alam (KPA) Gunung Lengkuas bersama Adventure Photography Bintan dan BPBD Provinsi Kepri untuk melaksanakan camping, sekaligus melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, tahun 2022 ini.

Ketua Adventure Photography Ibnu Abas mengatakan, hutan Gunung Lengkuas saat ini adalah lokasi yang tetap untuk dijadikan tempat mengenang para jasa para pahlawan bagi anggota komunitasnya. Berkat perjuangannya kala itu, aset berharga dan sengat berpengaruh bagi kelangsungan hidup ini, tidak jatuh ke tangan para penjajah.

“Karena hutan, berbagai macam tumbuhan dan tanaman yang berkembang biak di hutan menjadi sumber keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi manusia. Entah dimanfaatkan sebagai sumber makanan atau sumber obat-obatan, tumbuhan pada hutan harus terus dilestarikan agar tidak punah hingga masa yang akan datang,” ujar Abas.

Baca Juga :  Porprov Ke-V Kepri Digelar pada Pekan Pertama November 2022

Kasi Kedaruratan BPBD Provinsi Kepri Hardin Nafii mengatakan, jika tidak ada hutan, tak bisa dibayangin apa yang akan terjadi. Kemungkinan besar, bencana alam kian menghampiri kehidupan orang-orang yang ada di daerah ini.

“Ketika hutan kita gundul, maka tidak ada akar yang menahan air dalam tanah. Akibatnya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir bisa saja sewaktu-waktu terjadi. Untuk menghindarinya, kita harus selalu melakukan reboisasi atau penanaman kembali agar hutan tetap lebat dan subur serta tidak menimbulkan dampak buruk bagi manusia atau pun lingkungan sekitar,” sebut Hardin.

Baca Juga :  Menkes RI Mencanangkan BIAN 2022 di Kepri

Untuk itu, di momen spesial ini mari bersama sama merenung. Betapa sakitnya para pahlawan kala itu membela negara ini, untuk mempertahan segal yang ada di negri ini. Mari untuk yang masih bernafas, mari bersama sama menjaga dan melestarikan segala sesuatu yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan.

“Selamat hari kemerdekaan, selamat ulang tahun negeri ku,” tuturnya. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here