banner 728x90
Ahdi Muqsith SIP alias Osit calon Wakil Bupati Bintan dari Partai Demokrat. F- Istimewa/ig@osit

Profil Ahdi Muqsith Alias Osit, Si Petualang dari Riau Jadi Calon Wakil Bupati Bintan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Ahdi Muqsith SIP Alias Osit Mursalim, Wakil Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat digadang-gadangkan sebagai calon Wakil Bupati Bintan. Simak profil singkat Osit si petualang dari Riau yang jadi calon Wakil Bupati Bintan berikut ini.

Nama Osit muncul dan menjadi pembicaraan di lingkungan DPRD Kabupaten Bintan, Rabu (10/8/2022). Tak hanya di kalangan Fraksi Demokrat. Tapi, legislator dari partai politik lain pun turut membicarakan pria bernama lengkap Ahdi Muqsith SIP ini. Begitu pula di kalangan pejabat eselon di lingkungan Pemkab Bintan, nama Osit langsung melejit.

Osit disebut dan digadang-gadangkan sebagai calon Wakil Bupati Bintan, setelah Roby Kurniawan resmi menjabat sebagai Bupati Bintan definitif. Namun, Osit akan menjalani mekanisme sebelum ditetapkan sebagai Wakil Bupati Bintan. Siapa sebenarnya Ahdi Muqsith SIP Alias Osit?

Ahdi Muqsith SIP yang akrab disapa Osit ini adalah sosok politikus Partai Demokrat. Osit dilahirkan di Rumbai (Pekanbaru), 23 Desember 1986 sekitar 35 tahun lalu, kurang 4 bulan. Osit menjalani masa pendidikan dari SD Cendana Duri, SMP Cendana Duri dan SMA Cendana Duri. Daerah ini berada di kawasan PT CPI, antara Dumai dengan Minas-Pekanbaru, Provinsi Riau. Riau adalah provinsi induk dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Baca Juga :  Gubernur Kepri Bawa Rombongan Pejabat ke Jepang untuk Mencari Investor

Kemudian, Osit meraih gelar Sarjana Ilmu Politik (S1) di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Parahyangan Bandung, Jawa Barat. Osit menyelesaikan kuliah di kampus ternama ini, dari tahun 2005-2010.

Osit pernah menjadi tenaga magang di PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), perusahaan pengganti PT Caltex Pacific Indonesia (CPI) tahun 2009. Namun, Osit terjun ke dunia usaha dengan membuka dan menjadi Presiden Komisaris PT Medja Sosial Cipta Rahsa. Osit juga sebagai Presiden Komisaris PT Osisa Tunggal Abadi. Sampai sekarang, dua perusahaan ini terus berkembang.

Pengusaha muda ini sudah mulai berorganisasi, sejak tahun 2004, semasa SMA di Duri, Riau. Dia menjadi Ketua Ikatan Remaja Chevron Duri. Semasa kuliah, Osit sudah menjabat sebagai Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Unpar (2007-2008). Bahkan, Osit juga menjabat sebagai Wakil Presiden Mahasiswa (BEM) Universitas Parahyangan Bandung (2008-2009).

Ahdi Muqsith SIP alias Osit yang disebut-sebut sebagai calon Wakil Bupati Bintan ketika bersama SBY. F- Istimewa/ig@osit

Dengan berlatar belakang organisatoris itu pula, Ahdi Muqsith yang lebih asyik dipanggil Osit ini dipercaya sebagai Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat (2015-2017). Kemudian, Osit diberi amanah oleh SBY sebagai Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat (2017-2020). Dari tahun 2020 sampai sekarang, Osit menjabat Wakil Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat.

Baca Juga :  Pesta Kembang Api Perayaan Tahun Baru 2024 di Bintan Berlangsung Meriah dan Aman

Menjadi seorang pengusaha sukses dan menjabat posisi strategis di DPP Partai Demokrat itu, bukan hanya keberuntungan. Tapi, Osit benar-benar ditempah dengan pelbagai pengalaman melalui pendidikan informal. Sebut saja Harvard National Model United Nation, Harvard University, USA. Summer School dengan tema Good Regional Copperation and Good Governance yang diselenggarakan oleh Glesen University (Jerman) dan Universitas Parahyangan Bandung.

Osit juga pernah mengikuti seminar Indonesia Defense Strategy yang diselenggarakan oleh Seskoad, Bandung. Maupun seminar internasional tentang Leadership for Young Leaders yang diselenggarakan oleh International Academy for Leadership Theodor-Heuss Akademie Gummersbach Jerman.

Baca Juga :  Kepri Jadi Tuan Rumah Munas ASITA dan Rakernas PHRI 2024, Cek Tempat dan Jadwalnya

Dari latar belakang yang dijalaninya, kemampuan Osit di bidang politik, pemerintahan sampai dengan bisnis tak diragukan lagi. Apalagi Osit merupakan sosok yang hobi berpetualang. Osit selalu datang dan menikmati kawasan wisata di Indonesia maupun di luar negeri. Sudah tak terbilang berapa daerah yang dilalui Osit, ayah yang baru dikarunia seorang anak ini.

Ahdi Muqsith alias Osit calon Wakil Bupati Bintan menikmati permainan di danau Treasure Bay, kawasan pariwisata Lagoi, Bintan, Mei 2021 lalu. F- Istimewa/ig@osit

Tak terkecuali di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Osit sudah pernah menikmati fasilitas di Treasure Bay, kawasan pariwisata Lagoi. Nah, apakah Osit akan memberikan ilmu dan manfaat yang besar bagi masyarakat Bintan, setelah menjabat Wakil Bupati Bintan nanti? Kita tunggu saja kiprahnya.

“C’est mieux que rien (itu lebih baik daripada tidak sama sekali),” demikian kata bijak bahasa Perancis yang ditulis Ahdi Muqsith Alias Osit saat berkunjung ke Bintan, tahun 2021 lalu. (yusfreyendi)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *