Beranda All News Bencana Banjir dan Tanah Longsor, BPBD Bintan Siaga 24 Jam

Bencana Banjir dan Tanah Longsor, BPBD Bintan Siaga 24 Jam

0
Rumah warga Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, dilanda banjir akibat hujan deras, Selasa (2/8/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan harus siaga selama 24 jam. Pemkab Bintan khawatir terjadi lagi bencana banjir dan tanah longsor di Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (2/8/2022).

Upaya ini dilakukan setelah puluhan rumah di Kijang Kota terendam banjir, akibat hujan deras, Selasa (2/8/2022) pagi hingga petang. Bahkan, satu rumah warga rusak parah akibat tertimpa tanah longsor.

Kepala BPBD Bintan Ramlah SSos mengatakan, pihaknya bersama TNI dan Polri, Tagana serta pihak terkait lainnya telah siaga hingga 24 jam.

Baca Juga :  Tatkala Dinsos Kepri Peduli, Anak Non Muslim Pun Ikut Sunatan Massal

“Kita turun semua, ada Taruna Siaga Bencana (Tagana) Bintan dan relawan lainnya. Beberapa personel juga siaga di lokasi dan akan kita pantau terus perkembangannya,” kata Ramlah.

Pantauan di lokasi terlihat BPBD telah mendirikan tenda darurat untuk pengungsian dan sebagain dapur umum. Bantuan bahan pokok seperti beras, mi instan dan sebagainya juga dipersiapkan.

“Bahan pokok, termasuk juga selimut. Kita koordinasi dengan Dinkes juga dan semuanya standby kalau nanti ada yang perlu obat-obatan atau bahkan tindakan medis,” tambahnya.

Pj Sekda Bintan Ronny Kartika, Kepala BPBD Bintan Ramlah, Kapolsek Bintan Timur AKP Suardi, unsur TNI, Tagana dan personel BPBD siaga 24 jam untuk membantu warga yang terkena bencana banjir dan tanah longsor di Bintan Timur, Selasa (2/8/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Banjir yang terjadi di Kampung Kuala Lumpur dan Kampung Pisang, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur ini diakibatkan curah hujan yang cukup deras lebih dari tiga jam. Cuaca ekstrem tersebut juga mengakibatkan longsor di pemukiman Kampung Sidodadi.

Baca Juga :  Gernas BBI, Ansar Ahmad Ingin Menyampaikan Tiga Persoalan di Kepri ke Menteri

“Kerugian masih dihitung. Kami juga sudah koordinasi bersama camat dan lurah, untuk segera menyampaikan semua kerugian yang dialami semua korban. Nantinya akan digunakan anggaran tidak terencana,” kata Ramlah Kepala BPBD Bintan, Rabu (3/8/2022) dini hari WIB. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here