banner 728x90
Komandan Lanal TBK bersama seluruh prajurit Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK) melaksanakan penanaman mangrove, pada peringatan Hari Mangrove Sedunia, Selasa (26/7/2022). F- istimewa/lanal tbk

Hari Mangrove Sedunia, Lanal TBK Menanam 5.000 Bibit Bakau

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Komandan Lanal TBK bersama seluruh prajurit Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK) melaksanakan penanaman 5.000 bibit bakau (mangrove) di pantai Desa Pongkar, Selasa (26/7/2022). Aksi penghijauan ini, dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia.

Penanaman bibit mangrove didahului dengan menghadiri Video Conference (Vicon) dengan Kasal dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, penanaman mangrove dilaksanakan di 77 lokasi jajaran TNI AL seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia, dengan mengambil tema Dengan Semangat Hari Mangrove Sedunia Kita Tumbuhkan Mangrove di 77 lokasi Jajaran ajaran TNI AL di Seluruh Indonesia.

Pelaksanaan Vicon Komandan Lanal TBK dilaksanakan di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri dengan didampingi oleh Camat Tebing Bpk. MT Tarigan, Kades Pongkar Bpk. Supsusiyono, Ketua Harian Yayasan Buddha Tzu Chi TBK Ibu Sukmawati, Perwakilan anggota Koramil 03 Tebing, Perwakilan anggota Polsek Tebing, Perwakilan anggota Sat Brimob Kompi 2 Polda Kepri, Anggota Pramuka Saka Bahari binaan Lanal TBK.

Baca Juga :  City dan Southampton Rontok, Leicester Jumpa Chelsea di Final Piala FA

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudho Margono S.E.,M.M beserta jajaran melaksanakan penanaman mangrove secara serentak di 77 lokasi di wilayah Indonesia. kegiatan yang terpusat di Desa Tanjung Pasir kecamatan Teluk naga Kabupaten Tangerang Prov. Banten dihadiri oleh menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya, M.Sc dan beberapa duta negara sahabat.

Kasal mengatakan, penanaman mangrove secara serentak dilaksanakan oleh jajaran TNI Angkatan Laut di 77 lokasi wilayah Indonesia. Ini merupakan upaya menyikapi sering terjadinya bencana alam, tanah longsor dan bencana banjir yang hampir terjadi di seluruh negara di bumi.

Baca Juga :  Daftar Pemenang Gerak Jalan Tri Lomba Juang di Bintan, Regu Polwan Juara

“Maka sepatutnya intropeksi dan berbenah diri terhadap lingkungan kita laksanakan bersama,” ujar Kasal.

Rusaknya hutan pantai (Mangrove) sangat besar pengaruhnya terhadap lingkungan maupun resiko terjadinya bencana seperti Tsunami tahun 2005 di wilayah Aceh.

“Hutan Mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita. Di antaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang bisa mengikis daratan pantai,” sambungnya.

Untuk itu pada hari ini dalam rangka memperingati hari Mangrove sedunia dan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 jajaran TNI AL melaksanakan penanaman Mangrove dengan tema Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak TA.2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Global.

Baca Juga :  Operasi Lilin Seligi Pengamanan Nataru 2024 Dimulai, Polres Bintan Mengawal 62 Gereja

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah pusat maupun daerah, dalam memberikan wawasan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan dan menjaga ekosistem laut.

Turut hadir dalam kegiatan Vicon dan penanaman Mangrove Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Joko Santosa SE MTr Hanla, CHRMP, Pasops Kapten Laut (P) Endy Kurniawan, Pasintel Kapten Laut (E) M Amir Machmud SST Han, Dan Unit Intel Lettu Laut (S) Syahrudin, Perwira Staf, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal TBK. (nurul atia/ion)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *