banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menyalakan sekring listrik rumah warga di Desa Dayat, Kepulauan Anambas, Kamis (14/7/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

RDB Kepri Mencapai 93,75 Persen, Gubernur Menyalakan Sekring di Desa Bayat

Komentar
X
Bagikan

Anambas, suaraserumpun.com – Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah mencapai 93,75 persen. Kini, Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menyalakan sekring listrik di Desa Dayat, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Upaya tersebut merupakan komitmen Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad untuk menerangi Kepri melalui program Kepri Terang. Hal ini dibuktikan lagi dengan kunjungannya ke Desa Bayat, Kecamatan Palmatak, Kamis (14/7/2022). Didampingi Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris dan Manager PLN Tarempa Deddi Martin, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengecek mesin pembangkit listrik di desa Bayat dan menghidupkan sekring listrik di rumah warga.

Baca Juga :  Wajah Baru Mendominasi DPRD Bintan di Periode 2024-2029, Golkar Rebut Pucuk Pimpinan

Desa Bayat termasuk dalam desa berlistrik di Kepri tahun 2021. Dengan ditenagai mesin diesel Deutz F10L413F yang mampu menghasilkan daya 100 kW. Masyarakat desa Bayat yang berjumlah 158 KK, sekarang bisa menikmati aliran listrik selama 14 jam dari pukul 17.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB.

“Secara bertahap kita ingin menuntaskan program Kepri Terang ini. Sekarang, dengan aliran listrik yang masuk, warga bisa melakukan lebih banyak aktivitas utamanya anak-anak untuk belajar di malam hari,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Polsek Gunung Kijang Terbersih di Jajaran Polres Bintan

Selain Desa Bayat, setidaknya ada delapan desa lain di Kabupaten Kepulauan Anambas yang sudah menikmati aliran listrik. Desa-desa tersebut adalah Desa Sunggak, Air Putih, Serat, Lingai, Mujan, Kiabu, Mengkait, dan Telaga.

Tidak hanya di Kabupaten Kepulauan Anambas, di Kabupaten Karimun ada Desa Degong, Selat Mi, Ngal, dan Semembang. Untuk di Kabupaten Lingga, desa yang baru saja berlistrik adalah Desa Busung Panjang.

Gubernur Kepri terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menuntaskan program Kepri Terang. Termasuk dengan SKK Migas di Anambas, agar menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mengaliri listrik ke desa di Anambas.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Berbagi 5.000 Paket Berkah Ramadan di Tanjung Sengkuang

“Dari waktu ke waktu kita coba tingkatkan lagi jam nyalanya. Yang masih tujuh jam, kita tambah jadi empat belas jam. Yang empat belas jam, kita coba penuh dua puluh empat jam. Kita nanti bahas bersama PLN,” sebut Gubernur Kepri.

Dengan semakin bertambahnya desa berlistrik di Kepri, Rasio Desa Berlistrik (RDB) Kepulauan Kepri telah mencapai 93,75 persen. Dan Rasio Elektrifikasi PLN sebesar 98,65 persen. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *