banner 728x90
Kafilah Bintan menampilkan tradisi mandi Safar, pada saat mengikuti defile pembukaan MTQ 2022 Provinsi Kepri di Anambas, Kamis (14/7/2022). F- Istimewa/Diskominfo Bintan

MTQ 2022 Kepri di Anambas, Defile Kafilah Bintan Menampilkan Tradisi Mandi Safar

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad membuka secara resmi penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IX Provinsi Kepulauan Riau di Anambas, Kamis (14/7/2022). Pada saat defile, kafilah Kabupaten Bintan menampilkan tradisi mandi safar.

Usai pembukaan MTQ 2022 Kepri di Anambas tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Bintan Drs Wan Rudi Iskandar MM mewakili Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menjelaskan, Dalam pawai ta’aruf kafilah MTQ Tk Prov Kepri tahun 2022, Kabupaten Bintan tampil pada urutan ketiga, setelah kafilah Kabupaten Natuna dan Kota Batam.

Baca Juga :  Dewi Kumalasari Menyinggung Pendidikan Anak saat Melantik Maratusholiha Nizar

“MTQ pada tahun ini, kafilah Bintan menampilkan tema tradisi mandi Safar,” ucap Wan Rudi Iskandar.

Tradisi mandi safar sudah dilaksanakan turun temurun pada tiap hari Rabu terakhir bulan Safar. Pada intinya, tradisi mandi Safar ini bertujuan agar terhindar dari hal-hal yang buruk.

“Perhelatan pawai taaruf atau defile MTQ 2022 Provinsi Kepri di Anambas ini, Kabupaten Bintan mengangkat tema mandi Safar. Mandi safar adalah tradisi atau budaya mandi di laut, yang dilakukan oleh masyarakat kampung di daerah Tanjung Pisau, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan,” jelas Wan Rudi Iskandar.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Mengajak Calon Pj Wali Kota Tanjungpinang Meninjau Proyek Jalan di Penyengat

Pada penyelenggaraan MTQ ke-IX tingkat Provinsi Kepri di Kepulauan Anambas ini, lanjut Wan Rudi, kafilah Kabupaten Bintan mengutus 43 peserta qari dan qariah pada MTQ 2022 Kepri tahun 2022 ini. Dari 43 peserta ini, 21 putra dan 22 putri. Qari dan qariah Bintan akan mengikuti 13 cabang lomba, semua kategori yang diperlombakan.

Cabang lomba yang diikuti kafilah Bintan itu adalah tartil putra/putri. Tilawah anak-anak putra/putri, tilawah remaja putra/putri, tilawah dewasa putra/putri. Qira’at mujawwad dewasa putra/putri, Qira’at murattal dewasa putra/putri, qira’at murattal remaja putra/putri. Hifzil Qur’an 1 juz dan tilawah putra/putri, hifzil Qur’an 5 juz dan tilawah putra/putri, hifzil Qur’an 10 juz putra/putri, hifzil Qur’an 30 juz putri.

Kafilah Kabupaten Bintan menyerahkan cendera mata kepada Gubernur Kepri dan Bupati Anambas pada pembukaan MTQ ke-IX Provinsi Kepri, Kamis (14/7/2022). F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Syarhil Qur’an putra/putri. Fahmil Qur’an putra/putri. KTIQ putra/putri. Kaligrafi kotemporer, kaligrafi naskah, kaligrafi dekorasi dan kaligrafi hiasan musyaf putra/putri.

Baca Juga :  Polres Bintan Ungkap Pelajar Pengedar Sabu Serta Memusnahkan Mikol dan Petasan

“Kita berharap dukungan dan doa dari seluruh warga Bintan agar mereka bisa memberikan prestasi yang lebih baik untuk Kabupaten Bintan,” sebut Wan Rudi Iskandar. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *