banner 728x90
Pesona jembatan Selayang Pandang II dan masjid agung menjadi ikon baru di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri. F- Istimewa/diskominfo kepri

Jembatan Selayang Pandang II Diresmikan, Jadi Ikon Baru di Tarempa-Anambas

Komentar
X
Bagikan

Anambas, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian penggunaan Jembatan Selayang Pandang II di Tarempa, Anambas, Kamis (14/7/2022). Jembatan yang dibangun secara kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas ini, menjadi ikon baru di Tarempa.

Jembatan Selayang Pandang II sudah digunakan masyarakat Tarempa, sejak Januari tahun 2022 lalu. Jembatan Selayang Pandang II merupakan jembatan pengganti dari Jembatan Selayang Pandang I yang saat ini kondisinya tidak memungkinkan, untuk digunakan sebagai jalur transportasi utama.

Baca Juga :  Suharso Monoarfa dan Ansar Ahmad Cek Proyek Jalan Lintas Barat Lanjutan, Pekerjaan Sudah 71,07 Persen

Jembatan Selayang Pandang I ambruk akibat efek dari badai tropis Pabuk yang melanda Thailand dan sekitarnya kala itu. Saat ini Jembatan Selayang Pandang II menjadi ‘urat nadi’ transportasi dan perekonomian masyarakat, hingga akses cepat yang menghubungkan pusat ibu kota ke pusat pemerintahan di Tarempa.

“Jembatan Selayang Pandang II sudah jauh lebih mumpuni sebagai akses jalan di Tarempa. Sekarang jembatannya lebih lebar. Jadi kendaraan roda empat mudah melewati jembatan ini,” ujar Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Jembatan Selayang Pandang II dibangun melalui kerja sama dan dukungan dana sharing bersama pihak Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Pengerjaan jembatan ini memakan waktu tiga tahun dengan besaran dana yang digunakan sebesar Rp77 miliar. Jembatan dengan panjang 1.150 meter ini direncanakan akan diaspal pada tahun 2023.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: 2024, Dibangun Embung Air Baku di Kawasan MAN IC Batam

“Jembatan Selayang Pandang II kalau kita lihat dari Masjid Agung sangat cantik sekali, dan jadi ikon baru di Tarempa. Bisa dibilang ini adalah kado dan kebanggaan untuk masyarakat Tarempa,” tutur Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris menandatangani prasasti saat peresmian penggunaan jembatan Selayang Pandang II di Tarempa, Kamis (14/7/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Adapun jembatan Selayang Pandang I saat ini menjadi pusat kuliner dan akan direncanakan digunakan secara terbatas untuk sepeda dan pejalan kaki. Terlebih dengan adanya perhelatan MTQ ke-IX Provinsi Kepri, banyak tamu yang datang bisa menikmati sajian kuliner di sepanjang Jembatan Selayang Pandang I. (yen)

Baca Juga :  Wing Udara 1 Puspenerbal Gelar Penyegaran Performance Based Navigation bagi Pengawak Pesawat

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *