banner 728x90
Roby Kurniawan menandatangani naskah pelantikan sebagai Kamabicab Gerakan Pramuka Bintan, disaksikan Ansar Ahmad selaku Kamabida Kepri, Rabu (13/7/2022). F- istimewa/Diskominfo Kepri

Roby Kurniawan Dilantik Jadi Kamabicab Bintan, Simak Pesan Ansar Ahmad Berikut

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – H Ansar Ahmad selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Provinsi Kepri melantik Roby Kurniawan menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bintan, Rabu (13/7/2022). Simak pesan Ansar Ahmad berikut ini.

Kegiatan pelantikan Kamabicab Bintan ini disejalankan dengan pelantikan Mohd Setioso sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bintan, serta pengurus Kwarcab Bintan masa jabatan 2022-2027, di aula Kantor Bupati Bintan.

Usai pelantikan Kamabicab dan Kakwarcab Gerakan Pramuka Bintan, Ansar Ahmad menceritakan sejarah awal mula Gerakan Pramuka atau Kepanduan diperkenalkan di Indonesia mulai dari gagasan Bapak Pramuka Dunia Baden Powell hingga ditandatanganinya Keppres No. 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka yang pada tanggal 20 Mei 1961 ditandatangani oleh Pjs. Presiden RI Ir. Djuanda karena Presiden Soekarno sedang berkunjung ke Jepang.

Baca Juga :  Peraih Medali Emas Olimpiade Beijing Markis Kido Meninggal Dunia

“Akhirnya Gerakan Pramuka diperkenalkan secara resmi kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 bersamaan dengan Presiden Republik Indonesia menganugerahkan panji-panji sebagai penghargaan keikutsertaan para pandu dalam berjuang mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Sejak itulah, pada tanggal 14 Agustus 1961 ditetapkan sebagai Hari Pramuka,” jelasa Ansar Ahmad.

Menurut Ansar Ahmad, Gerakan Pramuka merupakan wadah pendidikan non formal bagi generasi muda yang bertujuan mengantarkan kaum muda ke masa depan yang lebih baik. Gerakan Pramuka mempunyai pola pendidikan yang sistematis, berjenjang dan berkelanjutan. Dari mulai usia Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, Pembina hingga ke tingkat Pelatih.

Baca Juga :  Provinsi Kepri Cuma Dapat Tambahan 24 Ton Solar dan 125 Ton Pertalite dari BPH Migas

“Hal ini membuktikan bahwa Gerakan Pramuka mempunyai sistem yang kokoh dan tangguh dalam membina generasi muda. Dengan pembagian golongan yang berjenjang tersebut, Gerakan Pramuka diharapkan mampu menciptakan penerus bangsa yang berkarakter dan berjiwa nasionalis. Sehingga Gerakan Pramuka memegang peranan penting dalam pembinaan generasi muda,” tambahnya.

Sebagai Gubernur Kepri, Ansar Ahmad berpesan kepada Roby Kurniawan sebagai Kamabicab Bintan dan Mohd Setioso selaku Kakwarcab serta pengurus Kwarcab Bintan yang baru dilantik, untuk dapat memberi bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, materil, finansial dan konsultasi kepada Gudep, satuan dan Kwartir yang bersangkutan.

Baca Juga :  Hari Jadi Ke-20 Provinsi Kepri, Bank Riau Kepri Syariah Gelar Fun Bike Bertabur Hadiah

Usai dilantik sebagai Kamabicab Gerakan Pramuka Bintan, Roby Kurniawan berharap, agar Gerakan Pramuka Bintan bisa kembali berinovasi usai dilanda pandemi.

“Praja Muda Karana, bukan sekedar sebutan. Eksistensi sesungguhnya harus sama-sama kita implementasikan,” kata Roby Kurniawan.

Ansar Ahmad Kamabida Gerakan Pramuka Provinsi Kepri menandatangani naskah pelantikan Roby Kurniawan sebagai Kamabicab Bintan dan Mohd Setioso sebagai Kakwarcab Bintan, di aula Kantor Bupati Bintan, Rabu (13/7/2022). F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Roby kemudian memaparkan folosofis tunas kelapa yang menjadi lambang Pramuka. Sejatinya, seluruh anggota Pramuka harus mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi dan dapat memberi ragam manfaat, layaknya pohon kelapa yang dikenal dengan pohon seribu guna.

“Tunas kelapa yang kita lihat di bendera Pramuka, bukan sekadar gambar apalagi pajangan. Makna filosofis dan hakikat dari lambang itu harus benar-benar kita wujudkan,” harap Roby Kurniawan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *