Beranda All News Perjuangan Cen Sui Lan untuk Jalan Trans Barelang, Awalnya Terkendala Aset, 2023...

Perjuangan Cen Sui Lan untuk Jalan Trans Barelang, Awalnya Terkendala Aset, 2023 Dianggarkan Rp36 Miliar

0
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri bersama Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga KeMenterian PUPR meninjau lokasi jalan nasional Trans Barelang di Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), tahun lalu. F- dok/suaraserumpun.com

Jakarta, suaraserumpun.com – Upaya perjuangan Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, benar-benar all out untuk menuntaskan pembangunan jalan nasional Trans Barelang. Awalnya terkendala penyerahan aset oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam. Berkat perjuangan Cen Sui Lan, kini pembangunan jalan tersebut dianggarkan Rp36 miliar, pada tahun anggaran 2023 mendatang.

Masih segar dalam ingatan, Cen Sui Lan sempat geram terhadap BP Batam, pada tahun 2021 lalu. Karena, BP Batam belum menyerahkan aset untuk pembangunan jalan dua jalur trans Barelang. Saat itu, Cen Sui Lan meminta BPK RI mengaudit BP Batam. Cen Sui Lan meninjau pembangunan jalan dua jalur trans Barelang, karena bagian dari fungsi pengawasan DPR RI kepada mitra kerja, yaitu Kementerian PUPR. Peninjauan proyek pembangunan jalan di Barelang itu didampingi Faizal selaku Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Baca Juga :  Bagnaia Crash, Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021, Marc Marquez Juara di Misano

Dalam peninjauan itu, persoalan serah terima lahan dari BP Batam belum clear. Justru itu, Cen Sui Lan meminta agar pihak BP Batam sebagai yang mengelola lahan di Batam, segera menyerahkan aset lahan jalan yang dibangun oleh pihak Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Perjuangan Cen Sui Lan tak sampai di situ, untuk penambahan lajur jalan Tembesi menuju Tanjung Berikat, hingga jembatan 1 Barelang. Pembangunan jalan dua lajur ini sepanjang 3 kilometer. Segala macam cara pun dilakukan Cen Sui Lan, agar pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR menuntaskan pembangunan jalan nasional Trans Barelang ini.

“Nah, untuk tahun anggaran 2023, sudah disetujui pembangunannya dan dianggarkan Rp36 miliar,” sebut Cen Sui Lan yang juga menjabat Dewan Kehormatan DPP Ikatan Tionghoa Muda (ITM) Provinsi Kepri ini kepada suaraserumpun.com, Senin (4/7/2022).

Baca Juga :  PSTK Tanjungpinang Belum Terima Berkas Perpindahan Pemain PS Kota

Cen Sui Lan mengatakan, upaya penuntasan jalan nasional Trans Barelang ini cukup alot. Karena tahun 2021 lalu, terjadi temuan BPK RI. Penyebabnya, pihak Badan Pengusahaan Kawasan (BP) Batam belum juga menyerahkan aset jalan nasional yang dibangun Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR tersebut.

Pada saat rapat kerja dengan Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono, Cen Sui Lan menegaskan, jangan karena masalah penyerahan aset tidak tuntas, jalan nasional Trans Barelang di Batam ini tidak mendapatkan dana APBN.

“Saya tidak mau masyarakat Batam, Provinsi Kepri, jadi korban dan menderita akibat hal tersebut,” tegas Cen Sui Lan yang juga menjabat Wakil Ketum DPP Gerakan Perempuan MKGR itu, kepada Menteri Basuki yang juga didampingi para Pejabat Eselon 1 Kementerian PUPR, baru-baru ini.

Kemudian, ketika Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Irjen Kementerian PUPR Pak Iskandar, Cen Sui Lan juga menegaskan agar menuntaskan masalah temuan BPK RI itu.

Baca Juga :  Gubkepri Lirik Proyek Strategis Kerja Sama Indonesia dengan Malaysia dan Thailand

“Itu tugas Bapak untuk menuntaskannya, jangan masyarakat Batam dan Kepri yang dikorbankan,” tegas Cen Sui Lan yang juga Penasehat IKA Lemhannas Provinsi Kepri.

Cen Sui Lan bersama Kepala Balai Pelaksana Jakan Nasional Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR meninjau proyek jalan jalur Trans Barelang, Batam, tahun lalu. F- dok/suaraserumpun.com

Berselang beberapa hari kemudian, ketika RDP Komisi V DPR RI, Hedy Rahardian selaku Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR langsung memberikan laporan kepada Cen Sui Lan tentang jalan nasional Trans Barelang, sudah masuk dalam kegiatan Program tahun anggaran 2023.

“Untuk Bu Cen, jalan nasional Trans Barelang, kita kerjakan di tahun anggaran 2023. Begitu pernyataan Pak Hedy Rahardian kepada saya, ketika RDP tersebut. Mudah-mudahan, tahun anggaran 2023 nanti, penuntasan pembangunan jalan Trans Barelang ini sudah dilaksanakan,” demikian harapan Cen Sui Lan dalam perjuangannya untuk jalan nasional Trans Barelang di Kota Batam, Provinsi Kepri tersebut. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here