Beranda All News Plt Bupati Bintan dan Dubes RI untuk Singapura Minta Pembebasan VoA ke...

Plt Bupati Bintan dan Dubes RI untuk Singapura Minta Pembebasan VoA ke Pusat

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo menerima cendera mata dari GGM PT BRC Lagoi Abdul Wahab-di sela penandatanganan MoU antara Bintan Resorts dengan Resorts World Cruises Singapura, di Hotel Doulus Phos, Sabtu (2/7/2022). F-yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo akan meminta pembebasan Visa on Arrival (VOA) bagi turis dari 198 negara, kepada pemerintah pusat. Sehingga, jumlah kunjungan turis asing ke Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri akan lebih banyak lagi.

Harapan tersebut disampaikan Roby Kurniawan dan Suryo Pratomo pada saat penandatanganan nota kerja sama (MoU) antara Bintan Resorts dengan Resorts World Cruises Singapura, di Hotel Doulus Phos, Lagoi, Bintan, Sabtu (2/7/2022).

Suryo Pratomo selaku Dubes Republik Indonesia untuk Singapura menjelaskan, akibat pandemi Covid-19, pada Juli 2020 lalu, tidak ada orang atau kunjungan ke kawasan wisata Lagoi. Padahal sebelumnya, kunjungan turis ke kawasan Bintan Resorts itu mencapai 1,3 juta per tahun.

“Sekarang pascapandemi Covid-19, bisa kita lihat sendiri. Sudah banyak turis yang masuk ke Lagoi. Dan hari ini, Bintan Resorts dan Resorts World Cruises Singapura membuat kerja sama, untuk mendatangkan turis dari kapal pesiar ke kawasan Lagoi ini,” jelasnya.

Untuk turis dari kapal pesiar ini, jelas Suryo Pratomo, hanya dibatasi sekitar 10 jam untuk berkunjung ke Lagoi, Bintan. Sebab, turis di kapal pesiar ini berasal dari negara di luar ASEAN. Sekarang, masih diberlakukan Visa on Arrival. Selain dari turis yang berasal dari ASEAN.

Baca Juga :  Singkirkan Manc City Si Calon Juara Liga Inggris, Chelsea ke Final Piala FA

“Nah, PR kita ke depan, bagaimana kunjungan semakin banyak datang ke Bintan ini. Dulu tahun 2016 menjelang 2017, pemerintah membebaskan visa bagi turis dari 198 negara di dunia. Ini yang perlu kita sampaikan ke pemerintah pusat, dan kita kaji bersama. Agar turis dari negara-negara di luar ASEAN, bisa bebas visa masuk ke Lagoi,” kata Suryo Pratomo menjawab suaraserumpun.com.

Per 2 Juli 2022, kapal pesiar di bawah naungan manajemen Resorts World Cruises Singapura akan mulai berkunjung memasuki perairan Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Hal tersebut ditandai dengan penyambutan kedatangan turis dari kapal pesiar serta penandatanganan MoU antara manajemen Bintan Resorts Cakrawala dan Resorts World Cruises, di Hotel Doulus Phos the Ship hotel, Lagoi, Bintan Kepulauan Riau, Sabtu (2/7/2022) pagi.

Usai penandatanganan MoU tersebut, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyatakan, akan segera melobi pemerintah pusat untuk kemudahan keimigrasian melalui pembukaan bebas visa kunjungan, dan visa kunjungan saat kedatangan (Visa on Arrival/VoA) khusus wisata di Kabupaten Bintan, Kepri. Karena menurutnya, dengan pemberlakuan bebas Visa on Arrival (VoA) bagi sejumlah negara wisatawan tersebut, maka kunjungan ke Kabupaten Bintan, Indonesia tentunya akan kembali meningkat.

Baca Juga :  Taman Gurindam 12 Tepilaut Ditutup, Pemko Tanjungpinang Memberlakukan Take Away, SE Wako Tak Mengatur THM

“Setelah masa dua tahun pandemi. Hari ini kita telah kedatangan kapal pesiar perdana ke Kabupaten Bintan. Tentu harapannya ini merupakan sebagai pintu masuk bagi pemulihan ekonomi di Bintan ke depannya,” ucap Roby Kurniawan menjawab suaraserumpun.com.

Roby Kurniawan menyatakan, kemarin, dirinya berdiskusi bersama manajemen Resorts World Cruises. Dari diskusi itu, Plt Bupati Bintan akan mencoba menginformasikan ke pemerintah pusat untuk mempermudah bagi Visa on Arrival (VoA), untuk negara-negara asal wisman tersebut.

“Dulu pernah pada tahun 2017, sekitar 198 negara bebas visa kunjungan masuk ke Bintan, Indonesia. Maka mudah-mudahan itu diharapkan bisa berlaku kembali, karena potensi kedatangan wisatawan asing ke Bintan tentu akan lebih tinggi lagi,” harap Roby Kurniawan.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Suryo Pratomo, Frans Gunara saat tiba bersama turis dari kapal pesiar Resorts World Cruises di pelabuhan domestik BBT Lagoi, Sabtu (2/7/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Apabila ada pemberlakuan bebas Visa on Arrival/VoA untuk negara-negara asal wisman tersebut, maka potensi kunjungan wisatawan asing yang akan ke Bintan tentu akan naik berkisar 3 atau 4 kali lipat. Ia juga menuturkan bahwa setelah kedatangan perdana papal pesiar Resort World Cruises ke Bintan, maka dirinya berharap langkah ini juga dapat di ikuti oleh kapal pesiar lainnya. Seperti kapal pesiar Royal Caribbean Cruises Singapore atau Dream Cruise, agar berkunjung wisata ke Bintan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Adi Prihantara: Sekarang, Penilaian Kinerja ASN Berbasis Outcome

Nota kesepahaman ditandatangani oleh pihak pengelola kawasan wisata Bintan Resorts yaitu Frans Gunara selaku Vice President Director PT Bintan Resort Cakrawala, dan Raymond Lim selaku Chief Operating Officer Resorts World Cruises, Singapura. Penandatanganan MoU disaksikan Kadispar Kepri Buralimar, Asisten II Setdaprov Kepri Luki Zaiman Prawira, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, serta Eugene Cho Park, CEO Gallant Venture Pte Ltd. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here