Beranda All News Bintan Resorts Bikin MoU dengan Resorts World Cruises, Kapal Pesiar Dunia Masuk...

Bintan Resorts Bikin MoU dengan Resorts World Cruises, Kapal Pesiar Dunia Masuk Lagoi

0
Frans Gunara Vice President Director PT BRC bersama Chief Operating Officer Resorts World Cruises Raymond Lim menandatangani MoU kunjungan wisatawan dari kapal pesiar di Hotel Doulus Phos Lagoi, Sabtu (2/7/2022). Disaksikan Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Buralimar, Luki Zaiman Prawira dan GGM PT BRC Abdul Wahab. F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Bintan Resorts pengelola kawasan pariwisata Lagoi Bintan, membikin kerja sama dengan Resorts World Cruises selaku pengelola kapal pesiar internasional Singapura, Sabtu (2/7/2022). Kini, ribuan turis mancanegara dari kapal pesiar dunia masuk lagi ke perairan dan kawasan Lagoi, Bintan, pascapandemi Covid-19.

PT BRC pengelola kawasan wisata kembali menjalin kerja sama dengan pengelola kapal pesiar (cruises) di Singapura, yaitu Resorts World Cruises. Kerja sama ini dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di Hotel Kapal Doulos Phos, Bintan Resorts. Kerja sama ini untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan mancanegara atau pengunjung internasional ke kawasan wisata Bintan Resorts di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Nota kesepahaman ditandatangani oleh pihak pengelola kawasan wisata Bintan Resorts yaitu Frans Gunara selaku Vice President Director PT Bintan Resort Cakrawala, dan Raymond Lim selaku Chief Operating Officer Resorts World Cruises, Singapura. Penandatanganan MoU disaksikan Kadispar Kepri Buralimar, Asisten II Setdaprov Kepri Luki Zaiman Prawira, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, serta Eugene Cho Park, CEO Gallant Venture Pte Ltd.

Sejalan dengan acara penandatanganan nota kesepahaman, perusahaan Resorts World Cruises yang menggunakan kapal pesiar bernama Genting Dream bertolak dari Marina Bay Cruise Centre Singapura, dan melakukan pelayaran perdana menuju Pulau Bintan, Jumat (1/7/2022) malam. Tiba di perairan Indonesia di Utara Pulau Bintan, Sabtu (2/7/2022) pagi di feri terminal domestik BBT Lagoi.

Baca Juga :  Mau Kemping dan Trekking di Alam Terbuka? Gunung Lengkuas Lokasi yang Pantas

Kapal pesiar ini kemudian menurunkan penumpang menggunakan kapal ferri kecil untuk berwisata ke kawasan wisata Bintan Resorts dalam beberapa kali rute perjalanan yang dimulai dari jam 10.00 WIB hingga jam 17.00 WIB.

Ini bukan kali pertama kerja sama mendatangkan kapal pesiar dari luar negeri, untuk singgah ke perairan yang dekat dengan kawasan wisata Bintan Resorts. Sejak tahun 2018, Bintan Resorts juga disinggahi setiap minggunya oleh kapal pesiar lainnya. Namun pelayaran kapal pesiar ini terpaksa terhenti akibat pandemi Covid-19 di awal tahun 2020.

Tidak hanya itu kapal pesiar Voyager of the Seas milik perusahaan Royal Caribbean International sempat dua kali melakukan pelayaran dengan membawa turun 4.000-an penumpang setiap berlayar ke wilayah perairan Indonesia di Bintan Utara untuk melancong ke Bintan Resorts melalui pelabuhan laut Bandar Bentan Telani yang terletak di dalam kawasan wisata ini.

Kondisi yang strategis menjadikan Bintan Resorts sebagai rute destinasi bagi kapal pesiar atau tempat persinggahan kapal pesiar Resorts World Cruises merupakan keputusan yang tepat karena wilayah yang berdekatan dengan Singapura. Berbagai kegiatan dan objek wisata yang ada di Bintan Resorts dengan alam pemandangan pantai yang indah, tertata rapi serta bersih berskala internasional adalah yang dicari pelancong kapal pesiar.

Baca Juga :  Bupati yang Satu Ini Khawatir dengan Kelangkaan Gas Elpiji Saat Ramadan

Pihak pengelola kawasan Bintan Resorts menyiapkan berbagai paket wisata lengkap dengan sarana transportasi darat untuk menuju ke berbagai lokasi atraksi wisata seperti olahraga air atau pantai, berkelilingi menunggangi gajah di sepanjang pantai Lagoi Bay, atau wisata kuliner yang diramaikan oleh bazaar tradisional milik UMKM setempat yang dipusatkan di Plaza Lagoi, Lagoi Bay. Selain itu ada juga paket menikmati atraksi wisata di Treasure Bay Bintan yang terkenal populer dengan kolam renang luasnya yaitu Crystal Lagoon, wisata margasatwa di Safari Lagoi untuk melihat berbagai konservasi binatang yang dilindungi seperti orang utan, harimau, buaya dan lain-lain.

Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab mengatakan, kapal pesiar Resorts World Cruises merupakan salah satu entry point yang dapat meningkatkan pengunjung internasional yang mayoritas berasal dari negara Singapura, India, Malaysia dan wilayah regional lainnya.

“Diproyeksikan perjalanan mingguan kapal pesiar ini akan menyumbangkan angka pelancong berkisar rata-rata 3.000 hingga 4.000-an orang per minggu. Hampir 20 ribu per bulannya. Dan kita sudah menandatangani nota kesepakatan untuk 52 minggu,” sebut Abdul Wahab.

Frans Gunara Vice President Director PT BRC bersama Chief Operating Officer Resorts World Cruises Raymond Lim memperlihatkan nota kerja sama yang ditandatangani di Hotel Doulus Phos, Lagoi, Sabtu (2/7/2022). Disaksikan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, GGM PT BRC Abdul Wahab, Buralimar, Luki Zaiman Prawira dan Kapolres Bintan. F- yen/suaraserumpun.com

Lebih lanjut dijelaskan Abdul Wahab, bahwa selain dari sumber pengunjung yang masuk dari pintu masuk jalur laut yaitu dari Singapura dengan Kapal Ferri Bintan Resorts, yacht atau kapal sewa lainnya dari Pulau Batam, pengunjung juga berasal dari pintu masuk jalur darat atau melalui Simpang Lagoi yang mayoritas adalah wisatawan lokal dan nusantara yang berasal dari berbagai kota terdekat seperti, Pekanbaru, Medan dan Jakarta melalui transportasi udara dari Bandara Raja Haji Fisabillilah Tanjung Pinang atau Hang Nadim di Batam.

Baca Juga :  Ansar Ahmad: Jalan Simpang Kara Menuju Underpas Terowongan Pelita Segera Diaspal

Chief Operating Officer Resorts World Cruises, Raymond Lim menyatakan, sangat antusias dan senang menjadi perusahaan kapal pesiar internasional pertama yang menjadikan Pulau Bintan sebagai tempat persinggahan membawa pelancong internasional. Menurutnya, Indonesia merupakan market dari Resorts World Cruises Ship.

“Kami menargetkan bisa melayari Surabaya dan Bali, serta Bintan. Pertama ini, Bintan yang kami layari, selain negara ASEAN. Kami berharap untuk dapat memperluas jangkauan tempat persinggahan kapal pesiar ke lebih banyak tempat tujuan di Indonesia seperti ke Surabaya dan Utara Pulau Bali untuk mendukung and mempercepat pertumbuhan industri pelayaran pariwisata regional,” sebut Raymond Lim. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here