Beranda All News Menuju Porprov Riau, Alex Aldha Yudi dan Tim FIK UNP Menguji Fisik...

Menuju Porprov Riau, Alex Aldha Yudi dan Tim FIK UNP Menguji Fisik Atlet Kuansing

0
Andi Cahyadi Ketua KONI Kuantan Singingi dan Alex Aldha Yudi serta dosen FIK UNP memberikan arahan kepada atlet Kuansing di sela tes fisik dan pengukuran atlet, Sabtu (18/6/2022). F- riswahyudi/suaraserumpun.com

Telukkuantan, suaraserumpun.com – DR Alex Aldha Yudi yang biasa disapa Coach Alex pelatih fisik timnas sepak bola putra U-19 Indonesia menguji fisik atlet Kuantan Singingi (Kuansing) untuk menuju Porprov 2022 Riau. Selain Alex Aldha Yudi, fisik atlet Kuansing juga diuji oleh sejumlah dosen dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negri Padang (UNP) Sumatera Barat, Sabtu (18/6/2022).

Tes fisik atlet yang dilakukan Alex Aldha Yudi bersama sejumlah dosen FIK UNP ini, merupakan satu program dari kerja sama KONI Kabupaten Kuantan Singingi. Tes fisik dan pengukuran terhadap kemampuan atlet-atlet KONI Kabupaten Kuantan Singingi ini digelar di Sport Center Kuansing. Tes fisik ini dihadiri Ketua KONI Kuansaing Andi Cahyadi dan Kepala Dinas Pendidikan dan Olaraga.

Baca Juga :  Info buat Pelajar SMA/SMK di Tanjungpinang, Ada Lomba Menulis dan Foto Budaya Berhadian Uang Pembinaan

Rangkaian tes dilakukan oleh sejumlah dosen FIK Universitas Negeri Padang serta Alex Aldha Yudi ini dipimpin oleh Dr Donie SPd MPd, Kaprodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Donie menyebutkan, ada 5 macam bentuk tes dan pengukuran fisik yang dijalani atlet dalam rangkaian tes fisik ini. Yaitu sprint 30 meter, sit-up, push-up, kelincahan atlet dan bleep tes.

Dalam melakukan tes dan pengukuran terhadap atlet Kabupaten Kuantan singingi ini, Donie mengatakan, hasilnya akan diberikan kepada seluruh pelatih cabang olahraga. Untuk menjadi acuan dalam perancangan pembuatan program latihan, demi meningkatkan fisik para atlet. Setelah itu, semua atlet yang telah menjalani program latihan ini, akan dilakukan tes fisik dan pengukuran ulang untuk mengetahui sejauh mana peningkatan fisiknya.

Baca Juga :  Hari Lahir Pancasila, Ansar Ahmad Pakai Tanjak Saat Mengikuti Upacara secara Virtual

Dr Donie juga berpesan kepada seluruh atlet agar melaksanakan tes dengan serius. Supaya para pelatih dapat mengevaluasi kemampuan fisik atletnya.

“Berharap semoga melalui tes fisik dan pengukuran ini dapat menjaring dan menciptakan atlet-atlet yang berprestasi. Baik di tingkat daerah, nasional, maupun di kancah internasional,” harap Donie.

Rangkaian tes fisik dan pengukuran ini diikuti 486 atlet Kabupaten Kuantan singingi dari berbagai cabang olahraga. Antara lain cabor dayung, angkat besi, binaraga, panahan, atletik, panjat tebing, tenis meja, sepak takraw, renang, pencak silat, catur, bola voli, taekwondo, kempo, muaythai, karate, tinju, ski air, IMI dan badminton.

Ratusan atlet dari Kuantan Singingi mengikuti tes fisik menuju Porprov 2022 Riau. F- riswahyudi/suaraserumpun.com

Andi Cahyadi selaku Ketua KONI Kuansing menyampaikan, hasil tes fisik ini akan menjadi bahan evaluasi KONI dan pengurus cabor. Guna membuat program latihan dalam pelaksanakan TC (training center) untuk menuju Porprov 2022 Riau.

Baca Juga :  Jelang Ramadan, Anggota Dewan yang Satu Ini Bikin Program Pangkas Rambut Gratis

H Masrul Hakim Plt Dikdispora mengucapkan terima kasih kepada tim penguji tes fisik, yang sudah bekerja secara maksimal dalam melakukan tes dan pengukuran terhadap atlet Kabupaten Kuantan Singingi.

“Semoga dengan tes ini akan menjadi acuan terhadap cabor yang akan ikut di Porprov nanti, dari segi fisik atau stamina,” ucapnya. (riswahyudi)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here