Beranda All News Permintaan Ansar ke Pusat Terkabul, Singapura Membuka Pelabuhan Harbour Front untuk Kepri

Permintaan Ansar ke Pusat Terkabul, Singapura Membuka Pelabuhan Harbour Front untuk Kepri

0
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menyampaikan secara lisan kepada BNPB agar pemerintah pusat (RI) melobi pemerintah Singapura untuk membuka pelabuhan Harbour Front ke Kepri, belum lama ini. F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Permintaan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad kepada pemerintah pusat untuk melobi pemerintah Singapura, agar membuka pelabuhan Harbour Front Singapura, dikabulkan. Pelabuhan Harbour Front Singapura akan dibuka lagi untuk keluar-masuk perjalanan ke Provinsi Kepri mulai, Rabu (15/6/2022) besok.

23 Mei 2022 lalu, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menyurati Kepala BNPB RI selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, mengenai penyampaian usulan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisman di Kepulauan Riau. Surat tersebut berisikan usulan upaya-upaya strategis guna meningkatkan kunjungan wisman, khususnya yang berasal dari negara Singapura dan Malaysia, ke wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Satu di antaranya, mendorong dibukanya pelabuhan Harbour Front Singapura guna menambahkan pintu keluar-masuk dari negara Singapura ke wilayah Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Konferkot PWI Tanjungpinang di CK Hotel, Bakal Calon Ketua Bertambah

“Sehingga dapat menggairahkan wisatawan dengan berbagai alternatif tujuan kunjungan,” tulis Gubernur Kepri dalam surat tersebut.

Pelabuhan Harbour Front Singapura ditutup untuk akses masuk dari luar Singapura, sejak masa pandemi Covid-19, dua tahun lalu. Sekarang, pemerintah Singapura memutuskan untuk membuka pelabuhan tersebut, selain pelabuhan Tanah Merah Ferry Terminal yang lebih dahulu dioperasikan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersyukur, karena usulannya ke pemerintah pusat terkabul. Menurutnya, dengan dibukanya pelabuhan Harbour Front Singapura akan semakin meningkatkan antusiasme wisman asal singapura untuk berlibur ke Kepri.

“Dibukanya kembali Harbour Front menjadikannya sebagai alternatif titik keberangkatan wisman ke Kepri. Sehingga wisman yang akan berangkat tidak hanya terfokus di Tanah Merah saja,” kata Ansar Ahmad, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga :  Dana Program Gerbang Kampung Cuma Rp1 Juta untuk Sekali Kegiatan

Gubernur Kepri optimis dengan dibukanya pelabuhan Harbour Front, akan membuat angka kunjungan wisman asal Singapura akan bertambah. Ansar Ahmad berharap, dalam waktu dekat, jumlah kunjungan wisman ke Kepri akan dapat mendekati angka sebelum pandemi.

Ansar Ahmad mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat, atas berbagai upaya dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri sebagai bagian upaya pemulihan ekonomi.

“Untuk itu saya kira upaya-upaya strategis guna meningkatkan kunjungan wisman, khususnya yang berasal dari negara Singapura dan Malaysia ke wilayah Kepulauan Riau, memang perlu kita maksimalkan,” tutupnya.

Baca Juga :  Pejabat Fungsional Pemprov Dilatih Soal Analis Kebijakan

Re-opening pelabuhan Harbour Front Singapura juga dikonfirmasi oleh operator kapal cepat Singapura, Majestic Fast Ferry dalam pengumuman di laman resminya majesticfastferry.com.sg

“Terminal Feri Harbour front International telah ditutup sejak Maret 2020, karena pandemi Covid. Dengan semua pelonggaran tindakan perbatasan dari Singapura dan Indonesia, Majestic Fast Ferry dengan bangga mengumumkan bahwa kami akan membuka kembali konter Harbourfront Centre kami, mulai 15 Juni 2022, dengan 9 perjalanan pulang pergi setiap hari antara pukul 08.10 pagi hingga 09.20 malam,” demikian ditulis operator Majestic Fast Ferry. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here