banner 728x90
Plh Sekda Bintan drh Kartini melepas jemaah calon haji (JCH) asal Bintan di aula Kantor Bupati Bintan, Rabu (8/6/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Hanya 34 JCH Asal Bintan, Tak Ada yang Berusia Melebihi 65 Tahun

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bintan yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 1443 hijriah ini, hanya sebanyak 34 orang yang berasal dari Kabupaten Bintan. Dari jumlah tersebut, tidak ada jemaah yang berusia melebihi 65 tahun.

34 orang JCH asal Bintan dilepas secara resmi di Aula Kantor Bupati Bintan, Rabu (8/6/2022). Pelepasan secara simbolis dilakukan oleh Plh Sekda Bintan drh Kartini, Kepala Kemenag Bintan Herman Zarudi. JCH asal Bintan ini, selanjutnya akan diberikan pembekalan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera Bintan kepada Ketua Rombongan M Taufiqurrahman.

Baca Juga :  Basyaruddin Idris Bakal Dilantik Jadi Ketua Biro Belia Indonesia

Jemaah Calon Haji asal Bintan pada tahun ini, terdiri dari 18 orang laki-laki, dan 16 perempuan. Ditambah dengan 1 orang Tim Pemandu Haji Daerah, dan 1 orang Tim Kesehatan Haji Daerah. Total 36 orang rombongan JCH asal Bintan ini berasal dari Kecamatan Bintan Timur sebanyak 16 orang. Dari Kecamatan Bintan Utara 12 orang, Kecamatan Teluk Sebong 2 orang, Kecamatan Tambelan 2 orang, Kecamatan Toapaya 1 orang, dan Kecamatan Mantang 3 orang.

JCH laki-laki tertua dari rombongan tersebut berasal dari Kecamatan Tambelan, berusia 64 tahun. Sedangkan JCH perempuan tertua berasal dari Kecamatan Bintan Timur, berusia 63 tahun. Untuk JCH termuda laki-laki berusia 37 tahun dari Kecamatan Bintan Utara. Dan perempuan berusia 49 tahun dari Kecamatan Bintan Timur. JCH asal Bintan tidak ada yang melebihi usia 65 tahun.

Baca Juga :  Hafizha Rahmadhani Memanen Sayur dan Pisang Ambon di Kebun Dasa Wisma Nila

Mulai tahun 2022 ini, pemerintah RI memutuskan hanya memberangkatkan jemaah calon haji dengan batas usia di bawah 65 tahun, dan sudah mendapat layanan vaksin sesuai ketentuan yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Hal ini disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melalui keterangan tertulis, belum lama ini.

Plh Sekda Bintan Kartini merasa bersyukur, pada tahun 2022 ini bisa kembali mengikuti rangkaian ibadah haji, setelah sempat tertunda selama dua tahun. Dirinya juga menyampaikan pesan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, bagi JCH yang akan berangkat.

Baca Juga :  Kapolres Bintan Memberikan Penghargaan pada HUT Bhayangkara 2023, Berikut Daftar Penerimanya

“Pesan dari Pak Roby, kepada Bapak dan Ibu semua, untuk terus menjaga kesehatan. Khusyuk dalam ibadah dan semoga bisa meraih predikat haji yang mabrur,” kata Kartini.

Kartini menambahkan, seluruh masyarakat senantiasa mendoakan agar jemaah calon haji bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji, dengan lancar. Kemudian bisa selamat kembali ke tanah air dan berkumpul bersama keluarga. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *