Beranda All News 20 ASN Dilantik Jadi Pj Kades, Ini Nilai Anggaran Pilkades Serentak 2022...

20 ASN Dilantik Jadi Pj Kades, Ini Nilai Anggaran Pilkades Serentak 2022 di Bintan

0
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan melantik 20 orang ASN menjadi Penjabat (Pj) kepala desa, Senin (6/6/2022), untuk melaksanakan Pilkades serentak 2022. F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – 20 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dilantik sebagai Pejabat (Pj) kepala desa, untuk persiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022 di Kabupaten Bintan. Anggaran penyelenggaraan Pilkades untuk setiap desa minimal Rp80 juta.

20 orang ASN di lingkungan Pemkab Bintan ini dilantik oleh Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan di Aula Kantor Bupati Bintan, Senin (6/6/2022) pagi. Dari 20 Pj Kades tersebut, 4 orang di antaranya dilantik melalui virtual, karena berada di Kecamatan Tambelan.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, pelantikan Pj Kades tersebut dilakukan guna mengisi kekosongan jabatan. Karena masa jabatan Kades sebelumnya, sudah berakhir per 31 Mei 2022 lalu. Pj Kades yang dilantik ini menjalankan tugas menyelenggarakan Pilkades serentak, pada tanggal 29 September 2022. Masa tugas Pj Kades tersebut sampai terpilih dan dilantiknya Kades definitif, sekitar Desember 2022 mendatang.

Baca Juga :  Gadis di Bawah Umur Masuk Sindikat Narkoba, Sepuluh Pengedar dan Kurir Ditangkap Polres Bintan

Roby Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada kepala desa masa bakti 2016-2022 atas loyalitas, dedikasi dan kerja keras selama menjalankan tugas. Penjabat kepala desa yang baru saja dilantik, Roby Kurniawan berpesan agar menjalankan amanah.

“Pahami tugas dan fungsi, layani masyarakat sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan. Dan sukseskan Pilkades serentak 2022, September mendatang,” tegas Roby.

Selain itu, Plt Bupati Bintan juga berpesan agar Pj Kades yang dilantik mampu menjalankan dan menjaga kondusivitas di daerahnya masing-masing. Terutama menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2022.

Baca Juga :  Artidjo Alkostar Si Anggota Dewas KPK Meninggal Dunia

“Kita ingin menghasilkan pelaksanaan Pilkades yang berkualitas. Serta menghasilkan kepala desa yang mampu membangun desa lebih baik lagi. Untuk itu dibutuhkan peran semua pihak, untuk menjaga koordinasi dan komunikasi. Sehingga pelaksanaan Pilkades ke depannya berjalan lancar,” tambah Roby Kurniawan.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika menyebutkan, ada 21 pemerintah desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak 2022, pada akhir September 2022 mendatang. Selain di daerah tugas 20 orang ASN yang baru dilantik sebagai Pj Kades ini, Desa Numbing juga akan melaksanakan Pilkades serentak. Untuk Pj Kades Numbing diemban tugasnya olek Sekdes setempat.

Baca Juga :  Tatkala Dinsos Kepri Peduli, Anak Non Muslim Pun Ikut Sunatan Massal

Dalam pelaksanaan Pilkades nanti, lanjut Ronny Kartika, masing-masing pemerintah desa disediakan anggarannya. Anggaran itu berasal dari Pemkab Bintan melalui Dinas PMD, dan dari APBDes di pemerintah desa masing-masing. Besarannya bervariatif, tergantung jumlah penduduk, pemilih dan luas wilayah desanya.

“Anggaran Pilkades itu ada yang Rp80 juta dan ada yang sampai Rp100 juta per desanya. Itu sudah termasuk APBDes dan bantuan dari Pemkab Bintan,” demikian disebutkan Ronny Kartika. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here