banner 728x90
Mendagri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan kepada Ansar Ahmad Gubernur Kepri, Kamis (2/6/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Ini Jurus Jitu Ansar Ahmad Bisa Meraih Penghargaan dari Mendagri

Komentar
X
Bagikan

Ini Jurus Jitu Ansar Ahmad Meraih Penghargaan dari Mendagri

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, meraih penghargaan Kategori Realisasi Anggaran Belanja Terbaik tahun 2021 dari Mendagri. Ini jurus jitu Gubernur Kepri Ansar Ahmad bisa meraih penghargaan dari Mendagri.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad yang pernah menjabat sebagai Bupati Bintan selama dua periode dan mantan anggota DPR RI ini tak segan mengungkapkan strategi atau jurus jitunya, sehingga bisa meraih penghargaan bertingkat nasional. Khususnya dalam upaya percepatan penyerapan realisasi APBD.

Menurut Ansar Ahmad, kunci keberhasilan itu yakni dimulai dengan memperkuat aspek perencanaan, penganggaran. Serta pelaksanaan APBD dalam rangka mencapai target kinerja pembangunan yang berkesinambungan. Dan membawa manfaat bagi petumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga :  Gubernur Kepri: Jelang Lebaran, Jaga Daya Beli dan Stabilitas Harga

Kemudian, mempercepat penyelesaian administrasi kegiatan. Seperti penyerahan DPA lebih awal. Kemudian, penunjukan pejabat pengelola keuangan seperti PA, KPA, PPTK, bendahara penerimaan/bendahara penerimaan pembantu, bendahara pengeluaran/bendahara pengeluaran pembantu, PPK-SKPD dan lainnya.

“Saya selalu tekankan kepada jajaran OPD agar terus meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran dengan cara mempercepat proses pengadaan barang dan jasa. Atau lakukan lelang dini, terutama untuk pekerjaan fisik,” jelas Ansar Ansar Ahmad usai menerima penghargaan dari Mendagri, di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Strategi atau jurus jitu tersebut tentunya dilakukan setelah Ranperda APBD mendapat persetujuan dari DPRD. Tujuannya agar bisa selesai tepat waktu.

Baca Juga :  Atlet PB Gajah Emas Tanjungpinang Juara di Jambi Open Tournament Badminton 2022

Strategi lainnya yang disampaikan oleh Ansar Ahmad adalah dengan mempercepat penyaluran anggaran dengan cara melakukan pembayaran pekerjaan secara terjadwal, dan sesuai tahapan pembayaran (termin). Pembayaran berdasarkan progres pekerjaan. Kemudian percepatan penyelarasan SIPD, dengan menyesuaikan proses penganggaran dan penatausaahaan berbasis SIPD yang diasistensi oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Sebisa mungkin, kita meminta agar tidak ada OPD yang melaksanakan kegiatan-kegiatannya di penghujung tahun. Terutama OPD yang memiliki kegiatan-kegiatan pekerjaan fisik,” tegasnya.

Dan yang terpenting, tambah Gubernur Kepri, rapat evaluasi dilakukan secara rutin dan berkala terhadap pelaksanaan APBD yang dilaksanakan Oleh OPD. Sehingga, jika ada kendala dalam pelaksanaannya, bisa segera dicarikan solusi secara cepat. Demikian strategi atau jurus jitu Ansar Ahmad bisa meraih penghargaan dari Mendagri pada momen Hari Lahir Pancasila tahun 2022 ini. (yen)

Baca Juga :  FGD di Polres Bintan, Divisi Humas Polri Menghadirkan Mantan Napi Teroris

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *