Beranda All News Gubernur Kepri Beri Bantuan Rp1,2 Juta, Ketua RW: No Problem Tak Diberi...

Gubernur Kepri Beri Bantuan Rp1,2 Juta, Ketua RW: No Problem Tak Diberi Motor

0
Gubernur Kepri H Ansar Ahmad didampingi Ketua TP-PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari menyerahkan bantuan RT/RW sebesar Rp1,2 juta di Kabupaten Bintan, Senin (30/5/2022). F- yen/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menjelaskan lagi tentang janjinya yang tak bisa terkabul, yaitu bantuan sepeda motor kepada Ketua RT/RW. Namun, hal itu tak menjadi suatu masalah (no problem) bagi Ketua RT/RW di Kabupaten Bintan.

Setelah di Kota Tanjungpinang, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menyerahkan langsung bantuan untuk RT/RW Kabupaten Bintan di Aula Kantor Bupati Bintan, Senin (30/5/2022). Penyerahan bantuan RT/RW tersebut disejalankan dengan penyerahan bantuan operasional Posyandu dan bantuan transportasi laut siswa. Serta penyerahan apresiasi kepada sekolah berprestasi di Kabupaten Bintan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, bantuan kepada RT/RW yang menjadi unit tingkat terkecil di lingkungan masyarakat, harus menjadi perhatian dari pemerintah. Pembinaan kepada masyarakat melalui tingkatan RT dan RW dapat mempermudah langkah pemerintah menjalankan program kerja untuk masyarakat.

“Kita mengapresiasi itu, karena RT/RW juga sukses dalam membina masyarakat di Kepri selama pandemi. RT/RW secara langsung menggerakkan masyarakat untuk divaksin. Sehingga pandemi Covid-19 di Kepri bisa kita atasi dengan baik,” kata Ansar Ahmad mengawali sambutannya setelah penyerahan bantuan RT/RW, operasional Posyandu dan pendidikan di Bintan.

Baca Juga :  Konferkot PWI Tanjungpinang di CK Hotel, Bakal Calon Ketua Bertambah

Setiap RT dan RW di Kabupaten Bintan juga menerima bantuan dengan nilai yang sama di daerah lain se-Kepri. Masing-masing RT/RW menerima Rp1,2 juta. Pemberian bantuan sebesar Rp1,2 juta bagi setiap RT/RW di Kabupaten Bintan ini, sekaligus menjadi pengganti dari rencana pemberian bantuan kendaraan roda dua (sepeda motor) yang belum dapat direalisasikan.

Gubernur Kepri menjelaskan, dirinyanya telah berkonsultasi dengan Kemendagri terkait bantuan sepeda motor untuk setiap RT dan RW. Namun, janji di Pilkada 2020 tersebut terbentur dengan perihal mobilisasi aset.

“Karena RT dan RW itu kan terus mengalami pergantian. Sehingga terkait aset sepeda motor akan berpotensi bermasalah nantinya. Juga berisiko menyeret perangkat RT dan RW ke masalah hukum. Namun janji tetap kita realisasikan, meskipun dalam bentuk lain,” jelas Gubernur Kepri.

Selain bantuan RT dan RW, Gubernur Kepri menyerahkan bantuan operasional bagi Posyandu, masing-masing menerima Rp5 juta. Kemudian, Ansar Ahmad menyerahkan bantuan transportasi laut untuk siswa dan siswi di daerah pesisir. Sekolah yang mendapat bantuan transportasi laut itu antara lain SMA Negeri 1 Mantang, SMA Negeri 1 Bintan Pesisir, dan SMA Negeri 2 Bintan Pesisir. Gubernur Kepri Ansar Ahmad turut menyerahkan bantuan Set Top Box (STB) kepada masyarakat kurang mampu yang bisa mereka gunakan untuk mendapatkan siaran televisi digital.

Baca Juga :  Ngopi Bareng, Ini yang Dibahas Ketua KPU dengan PWI Tanjungpinang

Pada kesempatan lain, Maulana selaku Ketua RW01 Kelurahan Sungai Enam, Bintan Timur mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah provinsi melalui kebijakan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad tersebut. Mewakili perangkat RT dan RW di Bintan, Maulana menyatakan, memahami tentang janji sepeda motor yang tidak bisa terkabul itu.

“No problem lah tak diberi motor. Kami cukup mengerti bahwa bantuan untuk motor itu tak mudah. Banyak prosedur-prosedur yang dilalui, dan akan menjadi masalah hukum nantinya, jika penyediaan motor itu dipaksakan,” ujar Maulana.

Dengan bantuan operasional bagi RT dan RW sebesar Rp1,2 juta ini, Maulana mengatakan, RT dan RW sudah ‘terobati’. Ini merupakan bukti, seorang kepala daerah seperti Ansar Ahmad benar-benar memperhatikan RT dan RW, serta ingat dengan janjinya.

Gubernur Kepri dan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama ratusan Ketua RT/RW dan kader Posyandu serta Forkompimda dan OPD. F- yen/suaraserumpun.com

“Kita doakan semoga Pak Gubernur Kepri tetap sukses memimpin Kepri. Mudah-mudahan, ada bantuan lainnya yang diberikan kepada RT dan RW. Toh kita di Bintan ini, juga mendapat insentif bulanan dari pemerintah kabupaten. Dan, Pak Roby Kurniawan selaku Plt Bupati Bintan pun ingin menaikkan lagi nilai insentif RT dan RW, mulai tahun depan,” tambah Maulana.

Baca Juga :  Plt Bupati Bintan Menyerahkan Dana Rp100 Juta untuk Masjid Fastabiqul Khairot

“Saat ini, Ketua RT dan RW se-Kabupaten Bintan diberikan insentif sebesar Rp650 ribu per bulan. Kita terima sekitar Rp1,6 juta per tiga bulan. Nilai itu sudah dipotong pajak,” sambungnya.

Hadir dalam penyerahan bantuan Pemprov Kepri tersebut Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri Rizky Faisal, Anggota DPRD Kepri Kamarudin Ali, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buntan Agus Hartanto, Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb A Donie P, Kajari Bintan I Wayan Riana, Dandim 0315 Tanjungpinang Kol Inf Tommy Anderson, Plh Sekdakab Bintan drh Kartini, dan sejumlah Kepala OPD Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here