banner 728x90
Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu SHub Int meninjau lokasi untuk pendirian Kodim di Kabupaten Lingga, belum lama ini. F- Istimewa/humas korem 033/WP Kepri

Tiga Kabupaten Ini Bakal Punya Kodim Sendiri

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Kepulauan Anambas akan mempunyai Komando Distrik Militer (Kodim) sendiri. Saat ini, Lingga dan Kabupaten Bintan masih di bawah Kodim 0315/Tanjungpinang.

Rencana tersebut ditegaskan Komandan Korem (Danrem) 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu SHub Int. Pertimbanguannya, wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang hampir 96 persen dikelilingi lautan dan terdiri dari Pulau-pulau yang tersebar. Guna memperkuat pertahanan dan keamanan perlu adanya satuan TNI AD setingkat Kodim di setiap wilayah kota/kabupaten. Selama ini, hanya ada 4 satuan Kodim yang membawahi wilayah 7 kota/kabupaten di seluruh Kepri.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Menghadiri Rakornas, Jokowi: Kita Bisa Mengendalikan Harga Barang dan Jasa

Rencana pembangunan 3 Kodim baru ini merupakan hasil dari proses koordinasi Danrem 033/WP bersama para FKPD setempat, dalam upaya menjaga keamanan wilayah. Selain untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Terutama yang berada di Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Dengan adanya rencana pembangunan Kodim baru ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat di Wilayah Kepri. Ini juga sudah menjadi program TNI AD demi mencapai keamanan di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Brigjen TNI Jimmy melalui keterangan resmi yang diterima redaksi suaraserumpun.com, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga :  Dua Kartu Merah, Nanzaby Family FC Juara Ketiga Liga 3 Zona Kepri Tahun 2023

Untuk rencana pembangunan Kodim Lingga, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu bersama mantan Dandim 0315/Tanjungpinang Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa telah berkoordinasi secara aktif dan intensif dengan Bupati Lingga Muhammad Nizar. Sehingga pemerintah Kabupaten Lingga bersedia secara suka rela memberikan dukungan anggaran dana hibah sebesar Rp1,5 miliar dari APBD tahun anggaran 2022. Anggaran itu akan digunakan untuk tujuan pematangan lahan (land clearing) dalam mempercepat proses terwujudnya pendirian Kodim Lingga.

Dengan rencana pembangunan Kodim ini, Brigjen TNI Jimmy berharap, akan dapat mempererat sinergitas dan soliditas di antara FKPD di setiap kota/kabupaten. Serta dapat terus saling menjaga silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik selama ini. (yen)

Baca Juga :  Satpolairud Polres Karimun Menggagalkan Lagi Pengiriman PMI Ilegal Ke Malaysia

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *