banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri berbagi daging kerbau pada saat mudik lebaran Idul Fitri di Desa Simandolak, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Senin (2/5/2022).

Cen Sui Lan All Out Pengabdian di Kepri, di Kampung Halaman Tetap Peduli

Komentar
X
Bagikan

Telukkuantan, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar tak cuma peduli kampung di Provinsi Kepulauan Riau. Cen Sui Lan juga memperjuangkan aspirasi masyarakat Desa Simandolak, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Tahun 2023, Cen Sui Lan mengalokasikan dana aspirasinya Rp1,6 miliar, untuk lima desa di kenegerian Simandolak, kampung kelahiran suaminya Raja Mustakim.

Cen Sui Lan mengalokasikan dana aspirasi tersebut untuk 2 program di kenegerian Simandolak, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuansing, Riau. Dua program tersebut berupa 5 paket kegiatan Program Percepatan Penggunaan Tata Guna Air Irigasi Tersier (P3TGAI), dan 30 unit kegiatan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang sering disebut program bedah rumah.

“1 paket program P3TGAI bernilai Rp200 juta. Kalau 5 paket menjadi Rp1 miliar. Dan 30 unit bedah rumah, 1 unit dengan nilai Rp20 juta, berarti Rp 600 juta,” sebut Cen Sui Lan melalui keterangan resminya, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga :  133 Penyair Malaysia Manggung di Festival Sastra Internasional Gunung Bintan 2022

Keputusan pengalokasian dana aspirasi itu ditetapkan Cen Sui Lan, setelah dirinya menerima aspirasi dari 5 Kades se-kenegerian Simandolak. Yaitu Andrisman Kades Tebing Tinggi Simandolak, Si Op Kades Pulau Lancang Simandolak, Dede Kurniawan Kades Pulau Ingu Simandolak, Kades Tanjung Baru Simandolak dan Kades Koto Simandolak. Serta tokoh masyarakat Kenegerian Simandolak Suryasman, Kepala MTs Simandolak, yang juga bertindak sebagai Koordinator Kegiatan Baksos yang digelar Cen Sui Lan.

Aspirasi itu dosampaikan pada saat Cen Sui Lan menggelar bakti sosial berbagi daging 3 ekor kerbau, sekaligis penyerahan bantuan untuk lomba semarak lebaran Idul Fitri 1443 hijriah di Simandolak, Senin (2/5/2022).

Baca Juga :  Presiden Jokowi Bertemu Pangeran MBZ hingga Pebisnis PEA di Abu Dhabi
Cen Sui Lan bersama keluarga dan warga Desa Simandolak. F- istimewa/ig@csl

Selain itu, aspirasi juga disampaikan oleh Yurnalis Kepala SMAN Benai. Arman Yulis Kepala SMKN Kuansing, Adnan M Djudin tokoh masyarakat Simandolak. Serta sejumlah tokoh masyarakat Simandolak yang berada di Pekanbaru.

“5 paket program P3TGAI dan 30 unit bedah rumah itu, bisa Saya putuskan sekarang untuk dialokasikan pada tahun anggaran 2023 nanti. Karena, itu memang kewenangan saya,” kata Cen Sui Lan.

“Sedangkan untuk revitalisasi irigasi primer Simandolak, saya perlu data-data berupa kondisi terakhir, berupa foto atau videonya. Untuk pembangunan turap di tepi Sungai Kuantan, di sekitar Masjid Jamik Simandolak di Koto, perlu juga kondisi lapangannya seperti apa? jangan sampai Masjid Jamik Simandolak yang berada di tepi Sungai Kuantan itu, runtuh dan roboh, kasih data-datanya dalam bentuk pdf saja,” sambungnya.

Baca Juga :  Ditetapkan Enam Tersangka dalam Kasus Tragedi Kanjuruhan, Tiga dari Polri

Untuk revitalisasi irigasi primer Simandolak dan pembangunan turap Masjid Jamik Simandolak, Cen Sui Lan akan membicarakan dengan Jarot Widyoko, Dirjen SDA Kementerian PUPR pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi V DPR RI dan Dirjen SDA Kementerian PUPR. Karena, setelah reses lebaran ini masuk ke Masa Persidangan DPR RI guna dibahas tentang aspirasi masyarakat.

Cen Sui Lan yang juga mendapat penugasan Fraksi sebagai Anggota Panja RUU Lalu Lintas Angkutan Jalan yang segera masuk Pembahasan di DPP RI.

Pikri Kades Simandoalak yang mewakili lima kepala desa se-Kenegerian Simandolak mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan serta Prof Aras Mulyadi yang telah membantu hadiah untuk para juara peserta MTQ tingkat Desa Simandolak tersebut. (riswahyudi)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *