Beranda All News Jelang Idul Fitri, Polairud Optimalkan Pengawasan Penyelundupan Barang dan TKI Ilegal

Jelang Idul Fitri, Polairud Optimalkan Pengawasan Penyelundupan Barang dan TKI Ilegal

0
Tim patroli Satpolairud Polres Karimun serta tim gabungan melakukan pengawasan terhadap penyelundupan barang ilegal dan PMI atau tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal. F- istimewa/satpolairud polres karimun

Karimun, suaraserumpun.com – Sat Polairud Polres Karimun bersama Kor Polairud Baharkam Polri dan Direktorat Polairud Polda Kepri mengoptimalkan patroli di wilayah perbatasan. Patroli intens di perairan Karimun tersebut untuk mengantisipasi kegiatan penyeludupan barang ilegal dan PMI atau TKI yang akan masuk dan keluar negeri secara ilegal. Termasuk yang akan pulang kampung melalui jalur belakang atau ilegal.

Kegiatan penyekatan dilakukan di beberapa titik pintu masuk dan keluar di sepanjang perairan laut Kabupaten Karimun, khususnya jalur melalui pulau terluar. Antara lain pulau Karimun Anak Kabupaten Karimun yang langsung berbatasan dengan negara tetangga Malaysia, pada perairan selat Malaka. Jalur tersebut adalah jalur lintas perdagangan dunia yang sangat banyak dilewati oleh kapal-kapal yang berasal dari berbagai negara.

Baca Juga :  Masyarakat Pulau Terdepan NKRI Antusias Mengikuti Vaksinasi Lewat Program Nasi Kapau

Kapolres Karimun AKBP Tony Pantano melalui Kasat Polairud Polres Karimun AKP Binsar Samosir menjelaskan, bahwa pelaksanaan patroli gabungan yang terdiri dari unsur Polri yaitu Satpolairud Polres Karimun melibatkan juga kapal patroli dari Kor Polairud Baharkam Polri yaitu KP Tekukur dengan personel yang ada.

Selain melaksanakan imbauan juga dilakukan pemantauan jalur-jalur maupun pelabuhan-pelabuhan tikus yang dicurigai akan dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk merauf keuntungan dengan cara illegal seperti pemberangkatan PMI secara Ilegal dan masuknya barang-barang Ilegal melalui pelabuhan tikus tersebut.

Baca Juga :  Simak Pesan Airlangga Hartarto Saat Melantik Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam

Salah satu yang jadi fokus pantauan petugas yakni pelabuhan kecil atau tangkapan yang biasanya menjadi tempat berlabuh atau jalur berangkatnya kapal yang membawa PMI secara Ilegal ke dan dari luar negeri.

“Kita akan terus melakukan patroli, jangan sampai lengah, sehingga para penyelundup lolos melakukan aksinya,” ujar Kapolres Karimun.

Petugas juga tetap melakukan imbauan kepada para nelayan maupun kapal penumpang untuk tetap melihat cuaca saat akan bepergian dengan jalur laut menggunakan kapal penumpang maupun kapal reguler lainnya, dan selalu mengikuti aturan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Hasil Pertandingan Pekan Ke-12 Liga Inggris: Manc United Dibantai Watford, Solskjaer Langsung Dipecat

Kegiatan patroli di perairan wilayah hukum Polres Karimun ini akan terus dilaksanakan hingga selesai arus mudik Lebaran 1443 hijriah. (yen)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here