Beranda All News Kepri Jadi Tuan Rumah Gernas BBI, Ini Daftar Menteri yang Hadir

Kepri Jadi Tuan Rumah Gernas BBI, Ini Daftar Menteri yang Hadir

0
Ketua Tim Penggerak PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari bersama Endang Budi Karya Sumadi mengamati motif tudung manto khas Kepri produk UKM di Tanjungpinang, Kepri, belum lama ini. F- dokumentasi/suaraserumpun.com

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi tuan rumah untuk pencanangan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2022. Berikut daftar menteri yang bakal menghadiri opening ceremony Gernas BBI sekaligus Gebyar Melayu Pesisir (GMP) yang dilaksanakan di Harbour Bay Kota Batam, Rabu (30/3/2022) sore ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kepri Agusnawarman mengatakan, pembukaan Gernas BBI ini dihadiri sejumlah menteri. Antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad.

“Pembukaan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) ini disejalankan dengan Gebyar Melayu Pesisir (GMP) tahun 2022 Provinsi Kepri. Acara kita gelar tanggal 30 Maret sampai dengan 3 April 2022, di Harbour Bay Batam,” kata Agusnawarman, Senin (28/3/2022).

Baca Juga :  Tinjau Lokasi yang Ambruk, Cen Sui Lan: Pasar Baru Tanjungpinang Segera Dibangun

Menjelang opening ceremony Gernas BBI tersebut, Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mengimbau, masyarakat Kepri untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Baik secara langsung maupun daring.

“Terpilihnya Kepri menjadi tuan rumah Gernas BBI harus kita manfaatkan dengan maksimal untuk mempromosikan produk-produk UMKM kita,” kata Ansar Ahmad.

Gernas BBI merupakan program yang diluncurkan Presiden RI Joko Widodo, pada 14 Mei 2020. Gernas BBI diluncurkan sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan pemasaran produk dalam negeri yang dihasilkan UMKM, dengan menggelorakan semangat bangga memakai produk Indonesia.

Baca Juga :  Sembilan Desa di Lingga Benderang dengan Listrik PLN, Terima Kasih Pak Gub

Dengan terpilihnya Kepri sebagai tuan rumah Gernas BBI, diharapkan dapat mendorong peningkatan nilai transaksi atau permintaan barang dan jasa yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri. Sehingga menciptakan efek berganda pada perekonomian Kepulauan Riau.

Dalam pelaksanaan Gernas BBI 2022, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkolaborasi dengan Kemenkop UKM sebagai campaign manager, Bank Indonesia, Kemenko Marves, Kemenparekraf, top brands, kurator, media dan humas K/L, Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), brand ambassador dan komunitas terkait. Dalam hal ini Gubernur Provinsi Kepri berperan sebagai Key Opinion Leader.

Gernas BBI dan Gebyar Melayu Pesisir (GMP). F- istimewa/sumber dinas koperasi dan ukm kepri

Tema yang diusung adalah “Expanding to the new market, Recover Together, Recover Stronger” yang dibungkus dengan tagline UKM Kepri Without Border.

Baca Juga :  Hari Anak Nasional, AHY: Mari Lindungi Generasi Penerus Bangsa dari Virus Corona

Gernas BBI di Kepri juga diselaraskan dengan Gernas Bangga Berwisata Indonesia (BWI) dan Gebyar Melayu Pesisir (GMP) tahun 2022 yang menjadi bagian dari event pendukung Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20.

Puncak dari rangkaian kegiatan GBBI tersebut akan dilaksanakan opening ceremony pada tanggal 30 Maret 2022 bersamaan dengan pembukaan Gebyar Melayu Pesisir tahun 2022 di Harbour Bay Batam. Kegiatan GMP dan GBBI akan dimeriahkan dengan pameran fisik UMKM dan webinar edukasi online selama 5 hari, hingga 3 April 2022. Terdapat gelaran dan atraksi produk UMKM Kepri seperti fashion, kerajinan, makanan minuman dan paket wisata. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here