banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyambut kedatangan wisman dalam skema travel bubble di Nongsa Point Marina, Batam, baru-baru ini. F- dokumen/suaraserumpun.com

Permohonan Ansar Ahmad Dikabulkan Jokowi, Seluruh Pintu Masuk bagi Turis Dibuka

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Permohonan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad agar dibuka seluruh pintu masuk bagi wisatawan mancanegara atau turis, telah dikabulkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Kini, seluruh entry point (pintu masuk) bagi wisman telah diizinkan untuk dibuka di wilayah Kepri.

Sebelumnya, Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad tertanggal 15 Maret 2022 mengajukan permohonan tentang usulan dibukanya pintu masuk ke Kepri, dalam rangka optimalisasi kunjungan wisman/PPLN khusus di Kepulauan Riau.

Presiden Jokowi melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara lisan telah mengizinkan untuk membuka pintu-pintu masuk wisman di seluruh wilayah Kepulauan Riau. Hal tersebut disampaikan Menteri Budi Karya Sumadi kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad melalui sambungan telepon, Senin (21/3/2022). Dan kebijakan lisan teraebut akan segera ditindaklanjuti melalui surat edaran.

Baca Juga :  Ada Lelang Megaproyek Senilai Rp8,8 Triliun di Kepri

“Secara lisan, Pak Menteri mengizinkan kita membuka seluruh pelabuhan internasional di seluruh Kepri untuk wisman. Dan ini tentu saja menjadi angin segar bagi dunia pariwisata kita. Memang sebelumnya kita sudah menyurati presiden terkait ini, agar kita bisa membuka seluruh pelabuhan internasional yang ada sebagai pintu masuk bagi wisman,” ujar Ansar Ahmad.

Satu dari beberapa poin di dalam surat Gubernur Kepri Ansar Ahmad kepada Presiden Jokowi tersebut adalah permohonan untuk memperluas wilayah pemberlakuan PPLN khusus, selain di Batam dan Bintan, dengan menimbang penerapan travel bubble di kedua wilayah tersebut karena realisasi kunjungan wismannya masih sangat kecil.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Mengusulkan Pemulangan PMI dengan Armada Kapal

“Persetujuan secara lisan ini akan segera ditindaklanjuti dengan surat edaran oleh Pemerintah pusat. Bagaimanapun juga, untuk mengoptimalkan kunjungan wisman di Kepri, kita akan terus melakukan upaya-upaya yang memang perlu kita lakukan,” sambung Ansar Ahmad.

Dalam suratnya, Gubernur Kepri melaporkan realisasi angka kunjungan wisman/PPLN Khusus di Batam dan Bintan, pada periode 23 Februari 2022 sampai 12 Maret 2022. Untuk kawasan Lagoi di Bintan hanya sebanyak 171 wisman dan untuk kawasan Nongsa di Batam sebanyak 127 wisman.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menyambut kedatangan turis di pintu masuk pelabuhan internasional Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, belum lama ini. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Menyangkut kebijakan lisan dari Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi terkait pembukaan entry poin bagi wisman di Kepri tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad memberi apresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat yang selalu mendukung penuh agar percepatan pemulihan ekonomi di Kepri melalui sektor pariwisata dapat digesa.

Baca Juga :  Bupati Menunggangi Singa di Malam Gebyar Budaya Hari Jadi Kabupaten Bintan

“Perlu kita syukuri tentunya, karena dengan kebijakan ini percepatan pemulihan sektor pariwisata kita akan dapat segera digesa. Jadi tidak hanya terpusat di Batam dan Bintan saja. Namun seluruh wilayah Kepri dapat merasakan pertumbuhan kembali ekonomi melalui sektor pariwisata yang memang menjadi andalan kita,” demikian dipaparkan Ansar Ahmad saat memberikan keterangan pers, Senin (21/3/2022). (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *