Beranda All News Miguel Oliveira Pebalap Pertama yang Menjuarai MotoGP di Mandalika

Miguel Oliveira Pebalap Pertama yang Menjuarai MotoGP di Mandalika

0
Miguel Oliveira, Fabio Quartararo dan Johann Zarco di podium setelah menjuarai MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022). F- Istimewa/instagram@motogp

Lombok, suaraserumpun.com – Seri kedua balapan MotoGP di Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung lancar meski diguyur hujan. Miguel Oliveira rider Red Bull KTM menjadi pebalap pertama yang menjuarai MotoGP di Mandalika, Indonesia. Sedangkan Marc Marquez gagal mengikuti race setelah mengalami crash pada sesi warming up, sebelum balapan Moto3 dimulai, Minggu (20/3/2022) pagi.

Indonesia kembali masuk kalender balap MotoGP di 2022. Bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia, balapan Marc Marquez dkk digeber di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Minggu (20/3/2022). Dalam balapan, yang berlangsung dalam kondisi basah akibat hujan deras, Miguel Oliveira bisa keluar menjadi pemenang.

Baca Juga :  Tiga Mobil Dinas Sudah Dikembalikan, Tinggal Satu Lagi, yang Berganti Pelat Hitam

Rider Portugal itu keluar menjadi pemenang usai mencatat waktu 33 menit 27,223 detik. Oliveira bisa mengasapi Fabio Quartararo dan Johann Zarco, di posisi dua dan tiga.

Bagi Oliveira, ini membuatnya bisa meraih kemenangan di tiap tahun kejuaraan MotoGP. Setelah debutnya pada 2019 tidak meraih podium pertama, ia bisa meraihnya di tahun 2020, 2021, dan 2022.

Total, Oliveira sudah meraih empat kemenangan di kelas MotoGP. Catatan terbaiknya ditorehkan pada 2020, saat bisa mengemas dua kemenangan dalam satu musim kejuaraan MotoGP

Baca Juga :  Pria Ini Menyimpan Sabu di Bawah Pohon Pisang

Kemenangan di Mandalika juga membuat Oliveira mencatat sejarah. Ia menjadi pemenang pertama di seri kejuaraan MotoGP Mandalika. Secara keseluruhan, ia menjadi pemenang ketiga di kelas tertinggi balap motor Indonesia sepanjang sejarah.

Sebelumnya, ada Mick Doohan (1996) dan Tadayuki Okada (1997), yang bisa menjadi pemenang di kelas 500cc balap motor di Grand Prix Indonesia, yang ketika itu masih digelar di Sirkuit Sentul.

Kemenangan di Mandalika membuat Oliveira bisa menebus kesalahannya di seri pertama. Di MotoGP Qatar, rider berusia 27 tahun itu gagal finis sehingga gagal mendulang poin.

Baca Juga :  Pemberdayaan Generasi Milenial dalam Germas Kepulauan Riau

Berikut hasil MotoGP Mandalika:

  • Miguel Oliveira (Red Bull KTM) – 33 menit 27,223 detik
  • Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
  • Johann Zarco (Pramac Ducati)
  • Jack Miller (Ducati)
  • Alex Rins (Suzuki)
  • Joan Mir (Suzuki)
  • Franco Morbidelli (Yamaha)
  • Brad Binder (Red Bull KTM)
  • Aleix Espargaro (Aprilia)
  • Darryn Binder (RNF Yamaha)

(nurul atia)

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here