banner 728x90
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kepri Agusnawarman menerangkan tentang aturan program subsidi bunga pinjaman modal nol persen bagi pelaku UMKM kepada rombongan Pemkab Kepulauan Meranti, Riau, Jumat (11/3/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Pemkab Meranti Belajar Program Bantuan Subsidi Bunga Nol Persen bagi Pelaku UMKM ke Pemprov Kepri

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja untuk belajar tentang aturan bantuan subsidi bunga nol persen bagi pelaku UMKM ke Pemprov Kepri, Jumat (11/3/2022). Karena, program bantuan modal tanpa bunga bagi pelaku UMKM melalui Bank Riau Kepri, sudah dijalankan oleh Pemprov Kepri

Rombongan dari Pemkab Meranti ini dipimpin oleh Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Irmansyah. Rombongan Pemkab Meranti disambut oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kepri Agusnawarman, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepri Riki Rionaldi, dan perwakilan dari Biro Ekonomi Pembangunan, di ruang rapat kantor Dinas Koperasi dan UKM Kepri. Turut hadir Perwakilan Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Tanjungpinang.

Baca Juga :  Kadisdik: Sy Penjual Sabu Itu Bukan Guru, Tapi Staf TU SD yang Indisipliner

Dari Pemkab Meranti yang ikut studi banding ini antara lain Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Kepulauan Meranti dan beberapa orang staf.

Bagi Pemkab Meranti, studi banding ini dilaksanakan, karena Pemerintah Provinsi Kepri dinilai telah berhasil memberdayakan UMKM dengan skema pemberian pinjaman tanpa bunga (nol persen). Yaitu, Pemerintah Provinsi Kepri menanggung beban bunga pinjaman yang diajukan pelaku UMKM. Dalam hal ini Pemprov Kepri bekerja sama dengan Bank Riau Kepri.

Baca Juga :  Pulih dari Covid-19, Ansar Ahmad Gubkepri Melantik Lamidi Jadi Pj Sekdaprov Kepri

“Program ini didasari oleh keinginan Gubernur Kepri Pak Ansar Ahmad, setelah mendengar keluhan masyarakat yang terkena dampak dari Covid-19. Terutama pada Usaha Kecil dan Menengah,” kata Agusnawarman, Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kepri.

Agusnawarman menambahkan, Pemprov Kepri juga telah menyediakan dana subsidi bunga pinjaman modal bagi pelaku UMKM itu sebeaar Rp2 miliar pada tahun 2022 ini.

“Jika rata-rata pelaku UMKM mengajukan pinjaman ke Bank Riau sebesar maksimal Rp20 juta, maka sebanyak 1000 pelaku UMKM yang ada di seluruh Kepri akan bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman bungan nol persen ini di Bank Riau Kepri. (nurul atia)

Baca Juga :  Bupati Bintan Sebut RDTR Perkotaan Kijang Terdiri dari Empat SWP

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *