banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri turut melakukan simulasi atau uji coba teropong canggih pemantau hilal di Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Kamis (17/2/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan ‘Mendatangkan’ Teropong Canggih Pemantau Hilal, Radar MS2 untuk Natuna Menyusul

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, telah menunaikan tugasnya untuk ‘mendatangkan’ teropong canggih sebagai pemantau hilal ke Kepri. Penyediaan sarana teropong canggih pemantau hilal ini lewat aspirasi Cen Sui Lan, melalui kegiatan BMKG pusat.

Sekitar Juli 2021 lalu, Cen Sui Lan terus mendesak BMKG pusat, agar segera membangun pos pemantau hilal dan sarana teropong hilal, di Kota Batam. Cen Sui Lan menginginkan, sarana pemantau hilal di Kota Batam tersebut bisa terealisasi secepatnya. Permintaan tersebut terus disampaikan dalam RDP dengan Kepala BMKG pusat, maupun dengan Kepala BNPP (Basarnas).

Cen Sui Lan mengusulkan, pembangunan pos pemantauan hilal dan teropong hilal ini di Kota Batam. Sedangkan untuk pembangunan sarana radar MS2 di Kabupaten Natuna. Kini, perjuangan pengadaan teropong canggih pemantau hilal itu sudah terealisasi.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, telah melakukan simulasi teropong hilal, sebagai uji coba saat baru sampai di Batam.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Mengingatkan Soal Kemiskinan dan Pengangguran di Musrenbang Kabupaten Bintan

“Teropong canggih ini untuk kepentingan penentuan hari hari besar keagamaan,” kata Cen Sui Lan di sela simulasi perangkat teropong canggih tersebut di Batam, Kamis (17/2022) kemarin.

Simulasi itu dilakukan di Tanjung Pinggir, Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepri. Simulasi ini disaksikan oleh Rahmat Trioyo selaku Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Pusat. Turut hadir Addi Setiadi Kepala BMKG Hang Nadim, Batam. Serta pejabat Kantor Kementerian Agama Kota Batam.

Di sela kegiatan simulasi teropong canggih pemantau hilal itu, Cen Sui Lan menerima penjelasan dari Rahmat Triono, Kepala Pusat Seismologi Tehnik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Pusat.

Cen Sui Lan mendengarkan penjelasan Rahmat Triono tentang fungsi teropong canggih pemantau hilal di Batam, Kepri, Kamis (17/2/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Menurut Rahmat Triono, teropong pemantau hilal ini diadakan sebagai jawaban dari permintaan Cen Sui Lan, sekitar 6 bulan lalu.

Baca Juga :  Vaksinasi Lansia di Empat Kabupaten Se-Kepri Masih di Bawah 60 Persen

Saat itu, lanjut Rahmat, Cen Sui Lan menerangkan tentang pentingnya kebutuhan terhadap teropong hilal di Provinsi Kepri. Teropong pemantau hilal ini ditempatkan di BMKG Stasiun Hang Hadim. Sedangkan penggunaannya, bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepri dan Kota Batam.

“Serta ormas-ormas keagamaan untuk dipergunakan penentuan hari hari besar keagamaan,” ujar Rahmat kepada Cen Sui Lan.

Rahmat mengucapkan terimaKasih kepada Cen Sui Lan yang terus melengkapi peralatan peralatan berbasis teknologi tinggi untuk kepentingan BMKG di Provinsi Kepri.

Selain itu, Addi Setiadi Kepala Stasiun BMKG Hang Nadim Batam juga memberikan penjelasan kepada Cen Sui Lan, tentang peralatan teropong canggih pemantau hilal ini. Menurut Addi Setiadi, pengadaan teropong pemantau hilal ini, akan ditindaklanjuti dengan pelatihan operatornya dari petugas Stasiun BMKG Hang Nadim. Pelatihan bakal dilaksanakan di Pusat Pelatihan BMKG Jakarta.

Radar MS2 Natuna

Pada kesempatan lain, Cen Sui Lan menerangkan, pengadaan teropong pemantauan hilal ini sangat penting. Karena, sarana dan prasarana pemantauan dan teropong hilal ini diperlukan, untuk menentukan hari-hari besar keagamaan. Khususnya di wilayah Provinsi Kepri.

Selain teropong canggih pemantau hilal, Cen Sui Lan bersama pejabat BMKG Pusat membahas pengadaan radar MS2 untuk Natuna. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Selain teropong pemantau hilal, Cen Sui Lan juga meminta ke pusat agar di Kepri disediakan radar BMKG. Radar ini sebagai sarana prasarana untuk kepentingan pendataaan iklim, cuaca, angin, dan klimatologi di Natuna, Provinsi Kepri. Bahkan berfungsi untuk sarana pendukung pertahanan NKRI di wilayah Natuna.

Baca Juga :  Waspadai Omicron, Komisi I DPRD Kepri Pantau Standar Pelayanan di KKP dan Imigrasi Batam

“Untuk radar MS2 di Natuna, harus segera juga diadakan. Alat radar MS2 di Natuna ini fungsinya lebih banyak dan canggih. Bisa sebagai navigasi,” jelas Cen Sui Lan.

“Saat RDP dengan BMKG, baru-baru ini, pengadaan radar MS2 itu sudah dipastikan direalisasikan. Radar MS2 untuk Natuna itu menyusul, setelah teropong pemantau hilal kita datangkan ke Batam,” kata Cen Sui Lan menambahkan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *