banner 728x90
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama pengurus PWI Bintan mengecek bagian rumah Pak Karno alias Pak Kumis yang sudah selesai direhab pada puncak peringatan HPN 2022, Rabu (9/2/2022). F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Peringati HPN 2022 di Hutan, Roby Kurniawan: PWI Bintan Bantu Bedah Rumah, Saya Kasurnya

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Roby Kurniawan Plt Bupati Bintan bersama pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bintan, memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-76 tahun 2022 di hutan, Rabu (9/2/2022). Meski sudah andil dalam program bedah rumah Pak Karno alias Pak Kumis, Roby Kurniawan mengulurkan tangan lagi, segera memberikan bantuan kasur untuk tempat tidur.

Secara bertahap, niat Pak Karno alias Pak Kumis untuk memberikan tempat tinggal yang lebih layak kepada keluarganya, mulai terwujud. Hal ini berkat kepedulian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bintan, yang membuat program bedah rumah, pada peringatan HPN tahun 2022 ini.

Pak Karno dan keluarga tinggal di tengah hutan. Kediamannya berada di Jalan Pasiran Gang Kondang Kelurahan Tanjunguban Utara, Kecamatan Bintan Utara. Pada puncak peringatan HPN 2022, Pak Karno terharu. Rumahnya sudah berdindingkan tembok dan berlantai semen. Berbanding terbalik dibandingkan sebelumnya.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan berbincang dengan Pak Karno alias Pak Kumis penerima program bedah rumah PWI Bintan pada peringatan HPN 2022. F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Pak Karno bukan dari kalangan berada. Namun semangat dan tekadnya untuk menghidupi keluarga patut diapresiasi. Meskipun, kesehariannya hanya bekerja serabutan. Namun Pak Karno yang tak muda lagi itu, tak patah semangat.

Selama ini, dia tak berharap belas kasih. Dia menyadari, jika rezeki sudah ada yang mengatur. Keyakinannya itu kini telah terwujud. Gubuk reotnya yang berdinding seng bekas dan berlantai tanah, sebagian sudah direnovasi menjadi lebih layak.

Pada peringatan HPN 2022, PWI Kabupaten Bintan berinisiatif untuk membuat gebrakan baru dengan program yang dinamai aksi kemanusiaan. Sejak resmi berdiri akhir tahun 2021 lalu, PWI Bintan mulai menunjukkan eksistensinya di Kabupaten Bintan.

Pengurus PWI Bintan dan Plt Bupati Bintan serta undangan bersama keluarga Pak Karno. F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Berbekal kemitraan yang terjalin harmonis selama ini dengan pemerintah dan juga pihak swasta, PWI Bintan menginisiasi untuk mencetak ladang amal. Benar saja, upaya menggalang donasi untuk membedah rumah Pak Karno tak menemui kendala. Berbagai pihak berebut untuk berdonasi dalam program tersebut. Tak terkecuali Plt Bupati Bintan Kurniawan.

Baca Juga :  PAD Bintan Baru Tercapai 11,8 Persen dari Target Rp237 Miliar

Kini, program yang telah dikerjakan selama sepekan, sudah selesai. Bagian rumah Pak Karno sudah tampak lebih layak untuk didiami. Secara simbolis, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama pengurus PWI Bintan menyerahkan program tersebut, kepada Pak Karno, Rabu (9/2/2022) siang.

PWI Bintan tak sendirian, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Adit yang mewakili Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bintan I Wayan Riana turut hadir merayakan HPN, di kediaman keluarga Pak Karno. Bahkan, Camat Teluk Sebong Sriheny Utami bersama jajarannya hadir. Kades setempat hingga Ketua RT pun menyaksikan serah terima kegiatan bedah rumah tersebut. Bahkan, Wakil Ketua DPRD Bintan Fiven Sumanti bersama sejumlah anggota dewan juga berada di tengah hutan tersebut.

Sekretaris PWI Kabupaten Bintan Yusfreyendi menerangkan, profesi insan pers memiliki andil penting dalam mendukung pembangunan daerah. Pers kata dia, bukannya hanya sebatas penyebar berita informasi, namun lebih daripada itu. Secara moral, jurnalis juga memiliki tanggung jawab dan kepekaan terhadap kondisi sosial masyarakat.

Sekretaris PWI Kabupaten Bintan Yusfreyendi menyampaikan sambutan pada saat penyerahan program bedah rumah kepada Pak Karno dihadiri Plt Bupati Bintan dan Camat Teluk Sebong Sriheny Utami serta undangan lainnya, pada peringatan HPN 2022, Rabu (9/2/2022). F- Istimewa/Diskominfo Bintan

Jadi pada momentum HPN tahun 2022 ini, kami berinisiatif untuk buat program aksi kemanusiaan membantu warga Bintan. Sesuai tema kami di Bintan, menebar bahagia berbagi sesama,” tutur Yusfreyendi mewakili Ketua PWI Bintan Harjo Waluyo.

Baca Juga :  Chelsea Vs MU Tanpa Pemenang, Liverpool Curi 3 Angka

Yusfreyendi berterima kasih kepada semua pihak, pemerintah, Kejari Bintan, Polres Bintan beserta pihak swasta yang sudah membantu menyukseskan kegiatan PWI Bintan, dalam perayaan HPN 2022. Termasuk Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan yang turut membantu dalam program bedah rumah milik Pak Karno ini.

“Sebelum penyerahan program bedah rumah Pak Karno ini, kami pagi tadi juga menyerahkan fasilitas septic tank kepada keluarga Pak Poijan dan Bu Eni di Kecamatan Toapaya,” tambah pria yang biasa disapa Yendi ini.

Pak Karno tak banyak bicara pada kesempatan itu. Dirinya hanya mengucapkan terima kasih kepada PWI Bintan atas kepeduliannya terhadap keluarganya.

“Terima kasih kepada adek-adek wartawan (PWI Bintan) yang sudah peduli dengan keluarga kami,” ucapnya.

Peringatan HPN 2022

Di tempat yang sama, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengawali sambutannya dengan mengucapkan Hari Pers Nasional (HPN) ke-76 kepada seluruh insan pers. Khususnya yang ada di Kabupaten Bintan.

Roby Kurniawan memotong kue ulang tahun bersama pengurus PWI Bintan dan pimpinan DPRD Bintan pada peringatan HPN 2022. F- Istimewa/Diskominfo Bintan

“Selamat hari pers nasional untuk semua wartawan di Indonesia terkhusus di Kabupaten Bintan, semoga pers bisa menjaga integritas dan profesional dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai pilar bangsa,” ucapnya.

Roby Kurniawan berterima kasih dengan program PWI Bintan yang membantu warga kurang mampu di Kecamatan Bintan Utara. Roby berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan dimasa mendatang.

Baca Juga :  Formed: Tinjau Ulang Jadwal dan Tempat Konferprov PWI Riau

“Sekali lagi terima kasih kepada PWI Bintan yang sudah peduli dengan masyarakat. Semoga insan pers yang ada di Bintan bisa semakin profesional,” katanya.

Selain penyerahan secara simbolis pemanfaatan program bedah rumah yang dilakukan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, sang kepala daerah juga menyerahkan paket sembako kepada keluarga Pak Karno.

Selain itu, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan juga memotong cake sebagai perayaan HPN 2022 dan potongan cake diserahkan kepada Sekretaris PWI Bintan Yusfreyendi.

Roby Bantu Kasur

Usai kegiatan syukuran sekaligus penyerahan program bedah rumah tersebut, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Wakil Ketua DPRD Bintan Fiven, anggota dewan Siti Maryani dan Camat Teluk Sebong meninjau ke dalam rumah Pak Karno.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Adit mewakili Kajari Bintan menyerahkan bantuan sembako sekaligus penyerahan program bedah rumah yang dilaksanakan PWI Bintan kepada keluarga Pak Karno. Selain itu, Plt Bupati Bintan akan membantu kasur tempat tidur. F- Istimewa/Diskominfo Bintan

“Sudah belasan tahun saya tinggal di sini. Selama itu pula, saya belum bisa membahagiakan anak dan istri saya. Alhamdulillah, hari ini saya terharu, bisa dapat bantuan rehab rumah,” ujar Pak Karno.

Tak cuma ucapan Pak Karno itu yang menggerus hati Roby Kurniawan. Namun, Roby Kurniawan juga prihatin melihat tempat tidur dan isi ruangan rumah Pak Karno. Meski sudah membantu dalam kegiatan bedah rumah Pak Karno, Roby Kurniawan kembali mengulurkan tangan.

“Kawan-kawan PWI Bintan kan sudah bantu Pak Karno lewat bedah rumah. Nah, saya juga mau bantu menyediakan kasurnya, untuk tempat tidur Pak Karno,” demikian tutur Roby Kurniawan, Plt Bupati Bintan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *