banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad beraudiensi dengan pengurus Himpunan Alumni IPB Kepri tentang program One Village One CEO, Rabu (2/2/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

IPB Menawarkan Program One Village One CEO ke Gubernur Kepri

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – IPB Menawarkan akan program One Village One CEO ke Gubernur Kepri. Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad pun mendukung program One Village One CEO (OVOC) yang digagas oleh Institut Pertanian Bogor tersebut. Program One Village One CEO tersebut menurutnya akan tepat guna bila diterapkan di daerah Kepulauan Riau.

One Village One CEO merupakan program yang akan mampu mengidentifikasi lebih detail kekhususan yang dimiliki satu desa dengan managerial skill yang lebih bagus. Tujuannya, mendorong desa tersebut menjadi desa maju mandiri.

Baca Juga :  Presiden Membebaskan Pakai Masker dan Tes Antigen/PCR, Ini Tanggapan Ansar Ahmad

“Bisa kita terapkan di desa-desa yang ada di pulau-pulau di Kepri, program ini kan sudah terbukti bermanfaat di banyak daerah lain,” ujar Ansar Ahamd saat beraudiensi dengan pengurus DPD Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor di ruang kerjanya, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (2/2/2022).

Dalam audiensi ini, Ketua DPD Himpunan Alumni IPB Kepri Dr Rika Azmi menyampaikan, akan dilakukan nota kesepahaman berupa MoU antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan IPB untuk melaksanakan program One Village One CEO di Kepri.

One Village One CEO (OVOC) merupakan salah satu program inovasi ekosistem bisnis perdesaan berbasis pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kegiatannya terdiri dari fasilitasi lahan, permodalan, pendampingan, teknologi dan kemitraan pasar dengan offtaker yang akan membentuk ekosistem terintegrasi dari hulu sampai hilir.

Baca Juga :  Kadis Kominfo Kepri Memaparkan Best Practice SP4N-LAPOR!

Sebelumnya OVOC sudah dikembangkan di 53 desa di Jawa Barat dan tahun ini akan ditambah lagi menjadi 100 desa di seluruh Indonesia. Kedepannya OVOC akan menjadi pusat pertumbuhan baru di Indonesia yang dapat menambah kesejahteraan masyarakat.

Tidak hanya membahas tentang OVOC, audiensi Himpunan Alumni IPB kali ini juga sekaligus membahas pengukuhan dan pelantikan DPD Himpunan Alumni IPB Provinsi Kepri pada tanggal 12 Februari 2022 di Tanjungpinang. Direncanakan pelantikan DPD Himpunan Alumni IPB Provinsi Kepri akan dilakukan oleh Ketua DPP Himpunan Alumni IPB, Walneg S. Jas.

Baca Juga :  Hafizha Rahmadhani Berbagi Sembako Baznas untuk Lansia dan Balita Terindikasi Stunting

Gubernur Kepri Ansar Ahmad akan bertindak sebagai keynote speaker dalam seminar One Village One CEO. Tidak hanya Gubernur Ansar, seminar tersebut juga menghadirkan Rektor IPB Dr. Arif Satria dan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *