banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Jokowi dan lintas kementerian tentang pengelolaan FIR, pada saat Raker dengan Menhub, Rabu (26/1/2022). F- Istimewa/Fraksi Golkar

FIR Diambil Alih Indonesia, Cen Sui Lan: Ini Kedaulatan dan Marwah Bangsa

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Presiden RI Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong sudah menyepakati, Flight Information Region (FIR) yang selama ini dikuasai Singapura sudah diambil alih oleh Indonesia. Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri sangat bangga, karena dinilai sebagai kedaulautan dan marwah bangsa.

Pengelolaan ruang kendali udara atau Flight Information Region (FIR) di wilayah perairan Kepulauan Riau serta Natuna, sejak 1946 pengelolaannya berada di bawah otoritas penerbangan sipil Singapura. Kini, sudah memasuki babak baru untuk integritas teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat Kepri, bangsa Indonesia. Termasuk Cen Sui Lan, wakil rakyat di tingkat pusat yang berasal dari Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Kiprah Cen Sui Lan, Jalan Tanjung Batu Menuju Kundur Barat Sepanjang 10 Kilometer Jadi Mulus

Selama ini, Cen Sui Lan selalu mengingatkan dan meminta kepada Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan agar FIR yang dikelola Singapura itu diambil alih oleh Indonesia. Bahkan, perjuangan Cen Sui Lan ini selalu mempertanyakannya setiap Raker dengan Menteri Perhubungan.

“Kapan Indonesia mengambil alih FIR itu,” kata Cen Sui Lan dalam satu kesempatan Raker, tahun 2021 lalu.

Selain itu, Cen Sui Lan, juga mempertanyakan setiap RDP dengan Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto. Cen Sui Lan ingin mempertegas tentang FIR ini. Alhasil, pihak pemerintah dan tim lintas kementerian berhasil negosisasi ini. Cen Sui Lan terus memantau perkembangan pengambilalihan FIR itu. Bahkan pertengahan Agustus 2021 lalu, pihak Kedubes Singapura di Jakarta menemui Cen Sui Lan, dan mengajak diskusi. Antara lain tentang FIR ini, dalam pertemuan tertutup dengan pihak Kedutaan Singapura, di Jakarta tersebut.

Baca Juga :  Foto: Lionel Messi Menangis, Selamat Tinggal Barca

“Sekarang, Pak Presiden dan Perdana Menteri Singapura sudah mengadakan pertemuan, dan menyepakati pengelolaan FIR itu diambil alih oleh Indonesia. Ini merupakan kedaulatan dan marwah bangsa. Terima kasih Pak Presiden,” ujar Cen Sui Lan, saat memberikan keterangan resmi, Jumat (28/1/2022).

Sebelumnya, Cen Sui Lan juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Perhubungan, Rabu (26/1/2022), tentang pengalihan pengelolaan FIR dari Singapura kepada Indonesia ini.

“Terima kasih kepada pemerintah, akhirnya pengalihan FIR ini disudah ditandatangani oleh Presiden RI Pak Jokowi dengan Perdana Menteri Singapura. Ini membuktikan marwah kedaulatan kita, untuk ruang udara kita,” ucap Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Basyaruddin Idris Ketua IKKAJA Tanjungpinang-Bintan, Kepengurusannya Dilantik Rahma

“FIR itu sudah ditunggu seluruh masyarakat Kepri dan bangsa Indonesia, termasuk saya,” sambung Cen Sui Lan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *