banner 728x90
Sekda Bintan Adi Prihantara menyerahkan lumbung pangan secara simbolis kepada Gapoktan, Rabu (12/1/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Pemkab Bintan Menghadiahkan Lumbung Pangan untuk Desa Toapaya Utara dan Desa Pangkil

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ‘menghadiahkan’ dua unit lumbung pangan untuk Desa Toapaya Utara, dan Desa Pangkil. Fasilitas lumbung pangan ini sebagai upaya stabilitas ketersediaan pangan di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Lumbung pangan ini diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Adi Prihantara, Rabu (12/1/2022). Lumbung pangan diserahkan kepada Gapoktan Agri Bangun Jaya dan Gapoktan Mitra Bahari. Lumbung pangan masyarakat merupakan fasilitas untuk cadangan pangan, sebagai perlindungan dan pemberdayaan masyarakat terhadap kerentanan atau kerawanan pangan.

Baca Juga :  Jelang Final Euro 2020, Inggris Didenda Rp516 Juta Akibat Ulah Supporter

“Lumbung pangan ini untuk keseriusan kita, jangan sampai ada kerawanan pangan di Bintan. Wilayah yang produktif pangan atau tidak harus sama-sama terbebas dari kerentanan pangan,” kata Adi Prihantara.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan Khairul menerangkan, sampai saat ini, sudah beberapa lokasi memiliki lumbung pangan. Seperti di Poyotomo sebagai contoh lumbung di wilayah produksi, dan Desa Dendun sebagai contoh lumbung pangan bagi daerah yang dikhawatirkan rentan ketersediaan pangan.

“Selain ketersediaan pangan yang stabil, kehadiran lumbung pangan diharapkan bisa menekan harga pangan itu sendiri. Bahkan kalau bisa, kumpulkan semua produksi pangan yang ada, di lumbung ini. Untuk dikelola oleh Gapoktan baru kemudian didistribusikan ke pasar,” terangnya. (nurul atia)

Baca Juga :  Bupati Bintan Menghadirkan Ustaz Derry Sulaiman Saat Isra Mikraj di Relief Antam

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *