Beranda All News Pemkab Bintan Menghadiahkan Lumbung Pangan untuk Desa Toapaya Utara dan Desa Pangkil

Pemkab Bintan Menghadiahkan Lumbung Pangan untuk Desa Toapaya Utara dan Desa Pangkil

0
Sekda Bintan Adi Prihantara menyerahkan lumbung pangan secara simbolis kepada Gapoktan, Rabu (12/1/2022). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ‘menghadiahkan’ dua unit lumbung pangan untuk Desa Toapaya Utara, dan Desa Pangkil. Fasilitas lumbung pangan ini sebagai upaya stabilitas ketersediaan pangan di Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Lumbung pangan ini diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Adi Prihantara, Rabu (12/1/2022). Lumbung pangan diserahkan kepada Gapoktan Agri Bangun Jaya dan Gapoktan Mitra Bahari. Lumbung pangan masyarakat merupakan fasilitas untuk cadangan pangan, sebagai perlindungan dan pemberdayaan masyarakat terhadap kerentanan atau kerawanan pangan.

Baca Juga :  Mendagri Bakal Meninjau Lokasi Pembangunan Mercusuar dan Helipad di Karang Singa

“Lumbung pangan ini untuk keseriusan kita, jangan sampai ada kerawanan pangan di Bintan. Wilayah yang produktif pangan atau tidak harus sama-sama terbebas dari kerentanan pangan,” kata Adi Prihantara.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan Khairul menerangkan, sampai saat ini, sudah beberapa lokasi memiliki lumbung pangan. Seperti di Poyotomo sebagai contoh lumbung di wilayah produksi, dan Desa Dendun sebagai contoh lumbung pangan bagi daerah yang dikhawatirkan rentan ketersediaan pangan.

“Selain ketersediaan pangan yang stabil, kehadiran lumbung pangan diharapkan bisa menekan harga pangan itu sendiri. Bahkan kalau bisa, kumpulkan semua produksi pangan yang ada, di lumbung ini. Untuk dikelola oleh Gapoktan baru kemudian didistribusikan ke pasar,” terangnya. (nurul atia)

Baca Juga :  Mengenal Hairul Mazi Calon Terpilih di Pilkades Resun Kabupaten Lingga

Editor: Sigik RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here