banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad melihat desain gambar penataan kawasan Gurindam Dua Belas dan Anjung Cahaya Tanjungpinanng, Rabu (12/1/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Kawasan Gurindam Dua Belas Ditata, Ansar: Pedagang Anjung Cahaya Direlokasi ke Tempat Representatif

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Kepulauan Riau (Kepri) akan menata kawasan taman Gurindam Dua Belas di Tepilaut, Kota Tanjungpinang. Penataan kawasan taman Gurindam Dua Belas ini disejalankan dengan pembangunan gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri. Gubernur Kepri H Ansar Ahmad menegaskan, pedagang atau pelaku UMKM dipindahkan ke tempat yang representatif.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad memastikan rencana tersebut dengan meninjau langsung lokasi pembangunan di pelataran Anjung Cahaya, di kawasan taman Gurindam Dua Belas, Tanjungpinang, Rabu (12/1/2022).

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan, pembangunan gedung LAM Kepri akan disejalankan dengan penataan kawasan Gurindam Dua Belas. Penataan tersebut meliputi relokasi UMKM yang berjualan di dalam Anjung Cahaya. Diperkirakan ada 50 pedagang UMKM di Anjung Cahaya yang akan direlokasi.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Minta Bantu ke Kemenhub untuk Mengoptimalisasi dan Revitalisasi Pelabuhan di Kepri

“Yang ada di Anjung Cahaya pasti jadi perhatian kita. Kita tidak akan membangun ini dengan mengorbankan yang lain. Maka kita akan sediakan space untuk mereka dengan tempat yang lebih representatif,” tegas Ansar Ahmad.

Pembangunan gedung LAM Kepri akan menggunakan dana APBD Provinsi Kepri. Diperkirakan pembangunan gedung LAM Kepri menelan biaya sekitar Rp30 miliar. Pembangunan direncanakan selesai dalam dua tahun. Untuk tahun 2022 ini, Pemprov Kepri mengalokasikan dana Rp8 miliar sampai Rp10 miliar.

“Sekarang sedang proses lelang. Tapi memang kemungkinan kalau anggarannya mencukupi akan kita selesaikan tahun depan. Karena anggarannya cukup besar,” sebut Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama OPD meninjau kawasan Gurindam Dua Belas untuk pembangunan gedung LAM Kepri, Rabu (12/1/2022). F- Istimewa/Diskominfo Kepri

Terkait dengan pembangunan gedung LAM Kepri dan relokasi pedagang UMKM, Gubernur Kepri menginstruksikan dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Koperasi dan UMKM untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Ansu Fati Pemain Berusia 18 Tahun yang Mewarisi Nomor Punggung Messi di Barcelona

Tidak hanya itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengungkapkan, tentang rencana pembangunan gedung etalase Dekranasda dan lahan untuk gerai-gerai makanan cepat saji di kawasan Gurindam Dua Belas. Gedung etalase Dekranasda akan menampilkan berbagai produk unggulan daerah lokal dari seluruh kabupaten dan kota di Kepri.

“Sehingga nanti jadi seperti showcase untuk daya tarik kawasan ini, tidak hanya kuliner saja. Masyarakat bisa menikmati suguhan hiburan macam-macam,” ungkap Gubernur Kepri.

Turut mendampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam peninjauan tersebut Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Ir Lamidi, Ketua LAM Kepri H Abdul Razak, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Hasan SSos, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Agusnawarman, Staf Khusus Gubernur Kepri Sarafuddin Aluan dan Suyono Saeran, serta beberapa tokoh masyarakat lainnya. (nurul atia)

Baca Juga :  Pelayanan Rumah Singgah Bintan Masuk di Top 45 Inovasi Nasional

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *