banner 728x90
Evan Dimas kapten Timnas Indonesia menerima trofi sebagai runner-up Piala AFF Suzuki 2020 usai bermain imbang 2-2 melawan Thailand di leg kedua final AFF Suzuki Cup, Sabtu (1/1/2022). F- Istimewa/Instagram@pssi

Thailand Kampiun Piala AFF 2020, Timnas Indonesia 6 Kali Runner-up, Ini Kata Presiden Jokowi

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Timnas Thailand akhirnya menyandang titel kampiun (juara), setelah bermain imbang 2-2 melawan Timnas Indonesia, di leg kedua final Piala AFF Suzuki 2020, Sabtu (1/1/2022) malam. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia mencatat 6 kali sebagai runne-up di Piala AFF. Begini kata Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Bertanding pada leg kedua final Piala AFF Suzuki 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022) malam WIB, Timnas Thailand langsung mengancam di awal-awal laga. Bordin Phala melakukan penetrasi ke kotak penalti dan dijatuhkan oleh Asnawi Mangkualam, tapi wasit tak menganggap pelanggaran. Giliran Witan Sulaeman dijatuhkan oleh Kritsada di kotak penalti pada menit kelima. Wasit juga tak menganggap itu satu pelanggaran.

Timnas Indonesia unggul 1-0 di menit ketujuh. Bola tembakan Ricky Richardo Kambuaya dari luar kotak penalti gagal ditangkap dengan sempurna oleh Siwarak Tedsungnoen, yang membuat bola meluncur ke dalam gawang.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Menyosialisasikan 4 Pilar MPR Nyambi Bantu Mesin Pembuatan Roti di Ponpes Miftahul Huda

Supachok Sarachat nyaris berhasil menyamakan skor di menit ke-12. Memanfaatkan kemelut dari sepak pojok, Supachok melepaskan tembakan dengan punggung kaki, tapi bola masih membentur mistar.

Thailand kembali mengancam di menit ke-19. Thanawat Suengchitthawon melepaskan tembakan kencang dari luar kotak penalti, yang laju bolanya masih bisa ditepis Nadeo.

Terjadi kemelut di kotak penalti Thailand pada menit ke-32 lewat lemparan ke dalam dari Pratama Arhan. Situasi itu gagal dimanfaatkan oleh para pemain Indonesia untuk mencetak gol tambahan. Sampai babak pertama bubar, skor masih 1-0 keunggulan Timnas Indonesia.

Di awal babak kedua, sempat terjadi adu kisruh di lapangan. Hal itu dipicu pelanggaran keras Weerathep Pomphun terhadap Witan. Alhasil, Thailand menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-54. Adisak Kraisorn merobek gawang Nadeo setelah menyambar bola rebound tembakan Bordin.

Baru berselang dua menit, Indonesia kebobolan lagi di menit ke-56. Sarach berhasil menyambar bola liar di depan kotak penalti dan bola berbelok ke dalam gawang setelah gagal dipotong dengan sempurna oleh Asnawi.

Baca Juga :  Pasukan Elit Denhanud 477 Kopasgat Latihan Terjun Payung di Natuna

Shin Tae-yong menambah tenaga di lini depan setelah timnya tertinggal. Hanis Saghara dan Irfan Jaya dimainkan pada menit ke-59 untuk menggantikan Ramai Rumakiek dan Dedik Setiawan.

Pergantian itu cukup membuat serangan Indonesia kembali terlihat, namun sampai menit ke-70 belum ada yang berbuah gol. Indonesia berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 di menit ke-80. Egy Maulana Vikri yang mencatatkan namanya di papan skor, setelah melepaskan tendangan keras dari sayap kiri.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas, dengan skor 2-2. Hasil ini mengantarkan Thailand menjadi juara Piala AFF 2020, dengan agregat 6-2. Thailand pada leg pertama menang 4-0 atas Timnas Indonesia. Ini merupakan juara keenam kalinya bagi tim Gajah Perang. Thailand sebelumnya menjadi juara di tahun 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016.

Selebrasi Ricky Kambuaya usai mencetak gol ke gawang Thailand pada pertandingan leg kedua final Piala AFF Suzuki 2020, Sabtu (1/1/2022) malam WIB. F- Istimewa/Instagram@pssi

Bagi Indonesia, Piala AFF Suzuki 2020 harus rela menjadi runner-up untuk keenam kalinya. Sebelumnya Indonesia gagal di final Piala AFF pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Baca Juga :  Seremonial Laga Final Euro 2020 Meriah, Italia Vs Inggris Imbang 1-1, Berlanjut ke Extra Time

Hasil imbang Thailand vs Indonesia dengan skor 2-2 ini, membikin PSSI bangga dengan perjuangan para pemain muda Indonesia. Ini merupakan pertandingan penuh perjuangan.

“Terima kasih telah memberikan segalanya untuk tanah air. Pengorbananmu sangat luar biasa dan kami bangga! Garuda tetap di hati,” demikian ditulis PSSI melalui akun Instagram@pssi.

Presiden RI Jokowi mengucapkan selamat kepada Thailand yang tampil menjadi juara Piala AFF 2020, Sabtu (1/1/2022) malam ini.

“Bagi Timnas Indonesia, kalian sudah berjuang dengan gigih dan sportif. Meski belum juara, saya dan seluruh rakyat Indonesia tetap bangga atas perjuangan Anda semua,” demikian tulis Presiden RI Jokowi melalui akun Instagram@jokowi. (riswahyudi)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *