banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Deputi III dan Deputi IV BNPB serta Forkompimda mengadakan rapat koordinasi pemulangan PMI menjelang Tahun Baru 2022 di Hotel Marriot Habour Bay, Batam, Kamis (30/12/2021). F- Istimewa/Humas Pemprov Kepri

Ansar Ahmad Mengusulkan Pemulangan PMI dengan Armada Kapal

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad membahas tentang pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) bersama deputi BNPB dan Forkompimda di Hotel Marriot Habour Bay, Batam, Kamis (30/12/2021). Ansar Ahmad mengusulkan, pemulangan para PMI itu menggunakan armada kapal, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Pembahasan pemulangan TKI atau PMI ini dilakukan Gubernur Kepri dengan Deputi III Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Fajar Setyawan, dan Deputi V BNPB Zaherman Muabe.

Dalam rapat koordinasi itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad memaparkan kondisi kesiapan Kepri dari segi sarana, prasarana dan kemampuan keuangan. Selain itu, juga disampaikan usulan agar penanganan PMI ke depan, secara hulu dan hilir.

Baca Juga :  Bastianini Juara, Aksi Marc Marquez Fenomenal di MotoGP Amerika Serikat

Menurut Ansar Ahmad, penanganan Covid-19 untuk seluruh Kepri sejauh ini sudah terlaksana dengan baik. Hal itu diperlihatkan tidak adanya masyarakat Kepri yang terkonfirmasi Covid-19.

“Tinggal lagi penanganan pemulangan PMI dengan kemungkinan terkonfirmasi Covid-19. Karena hasil test Swab PCR, masih 5 hari,” ujar Ansar Ahmad.

Untuk mengantisipasi tempat karantina terpadu bagi PMI, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyatakan, segera mengaktifkan Asrama Haji dan Bapelkes. Selain itu, juga diusulkan kemungkinan pemulangan PMI secara masif, dengan menyediakan kapal besar oleh pemerintah pusat. Dengan kapal tersebut, para TKI bisa dibawa ke suatu tempat atau langsung ke daerah masing-masing. Sehingga bisa menekan penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Mahasiswa Kepri Juara Nasional di Ajang Kreativesia 2023 Solo, Dua Kategori Sekaligus

“Kami berharap kepada Bapak Deputi III BNPB untuk menyampaikan beberapa usulan kami ini, kepada Kepala BNPB dan Menko Marves. Sehingga penanganan kepulangan PMI ini bisa kita laksanakan bersama tanpa muncul kasus-kasus Covid-19 yang baru,” harap Ansar Ahmad.

Deputi III Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB RI) Mayjen TNI Fajar Setyawan berjanji akan menyampaikan langsung hasil Rakor tersebut kepada Kepala BNPB agar bisa dengan cepat dilakukan antisipasi dan penanganan secara masif.

“Saya akan sampaikan hasil rakor kita ini agar apa yang diharapkan Pemprov Kepri dalam penanganan pemulangan PMI, bisa kita lakukan dengan baik,” kata Fajar. (nurul atia)

Baca Juga :  Dema Pospera: Soal Pengangguran, BP Batam Tak Perlu Berkelit

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *