banner 728x90
Drs Agusnawarman MSi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepri bersama pelaku UMKM dalam kegiatan pelatihan, sekaligus sosialisasi pinjaman modal dengan bunga nol persen, di Karimun. F- Istimewa/dokumentasi Diskop UKM Kepri

Ini Syarat Mendapatkan Pinjaman Modal dengan Bunga Nol Persen di Bank Riau Kepri

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah meluncurkan program subsidi bunga untuk pinjaman modal usaha bagi UMKM dengan bunga nol persen, di Bank Riau Kepri. Berikut ini syarat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga nol persen di Bank Riau Kepri tersebut.

Program subsidi bunga modal usaha bagi UMKM dari Pemprov Kepri ini, disalurkan melalui Bank Riau Kepri. Bagi pelaku usaha mikro kecil menengah, pinjaman tanpa bunga tersebut diajukan melalui Bank Riau Kepri. Untuk mendapatkan pinjaman maksimal Rp20 juta melalui Bank Riau Kepri, ada beberapa syarat yang harus disediakan oleh pelaku usaha kecil. Syarat itu sebagai bukti, seseorang atau kelompok pelaku usaha benar-benar memiliki usaha. Bukan untuk kepentingan pribadi.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Bahas Empat Proyek Strategis Nasional di Kepri dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kepri Drs Agusnawarman MSi menyampaikan, syarat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga nol persen dari program Pemprov Kepri, antara lain fotokopi KTP suami/istri. Selain itu, fotokopi Kartu Keluarga (KK). Fotokopi surat nikah.

“Dan yang lebih penting lagi yaitu legalitas usaha. Berupa SKU dari kelurahan atau NIB. Fotokopi agunan. Bisa berbentuk SHM, alashak atau BPKB,” sebut Agusnawarman kepada suaraserumpun.com, Kamis (9/12/2021).

Selain itu, lanjut Agusnawarman, syarat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga nol persen di Bank Riau Kepri itu adalah pas foto, rekening koran tabungan tidak bulan terakhir (jika ada).

Baca Juga :  Jadwal Pertandingan Perempat Final AFC Cup U23, Korea Selatan Vs Indonesia

“Kemudian, calon peminjam tidak sedang menikmati fasilitas kredit usaha di bank lain. Tidak masuk daftar hitam Bank Indonesia (BI). Serta beberapa syarat administrasi yang diperlukan Bank Riau Kepri,” terang Agusnawarman.

“Prosedur pengajuan pinjaman ini, langsung ke Bank Riau Kepri. Boleh di kantor cabang mana saja. Asalkan di wilayah Provinsi Kepri,” sambung Agusnawarman.

Saat ini, lanjut Agusnawarman, Pemprov Kepri melalui Dinas Koperasi dan UKM Kepri sedang melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM se-Provinsi Kepri. Sosialisasi syarat dan proses atau alur pengajuan pinjaman modal usaha dengan bunga nol persen tersebut, dilakukan oleh pihak kantor cabang Bank Riau Kepri.

Syarat dan besaran angsuran pinjaman modal usaha UMKM dengan bunga nol persen program dari Pemprov Kepri melalui Bank Riau Kepri. F- Istimewa/sumber data Bank Riau Kepri

“Semua daerah kabupatan/kota akan dilakukan sosialisasi syarat dan prosedur pengajuan pinjaman modal usaha tanpa bunga ini. Bahkan, beberapa kabupaten sudah dilakukan sosialisasi dengan cara bertemu langsung dengan pelaku atau kelompok usaha,” terangnya.

Baca Juga :  Heboh! Oknum Pengawal Pribadi Gubernur Kepri Ditangkap karena Bawa Sabu, Begini Penjelasan Kadiskominfo

“Tahun 2021 ini, Pak Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengalokasikan Rp2 miliar untuk subsidi bunga modal usaha ini. Tahun depan, ditambah lagi Rp1,5 miliar,” sebut Agusnawarman.

Untuk masa peminjaman modal usaha ini, Agusnawarman menyatakan, selama dua tahun (24 bulan). Besaran angsuran pinjaman pokok itu, tergantung lama masa pinjaman. Mulai dari Rp 41.667 per bulan, sampai dengan Rp 833.333 per bulannya. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *